32.4 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Kementerian ESDM Pasang Listrik Gratis 14.307 Rumah Tangga di Jawa Barat

JAKARTA, duniafintech.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan pasang listrik gratis sebanyak 14.307 rumah tangga di Jawa Barat menerima Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun anggaran 2022. Tahun ini program ini akan dilanjutkan kembali dengan mengevaluasi terlebih dahulu pelaksanaan tahun lalu.

“Realisasi penerima BPBL di provinsi Jawa barat tahun 2022 sebanyak 14.307 sambungan rumah tangga. Untuk Kabupaten Cianjur, telah tersambung sebanyak 2.110 sambungan rumah tangga yang tersebar di 23 kecamatan,” ungkap Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan M.P. Dwinugroho. 

Baca juga: Penggunaan Kendaraan Listrik Melambat, Pemerintah Sah Berikan Subsidi Kendaraan Listrik

Nugroho menjelaskan sesuai hasil Rapat Kerja Menteri ESDM dengan Komisi VII DPR RI pada tanggal 22 September 2022, telah disetujui alokasi APBN tahun 2023 untuk melanjutkan Program BPBL sebanyak 83.000 rumah tangga yang tersebar di 32 Provinsi.

“Untuk Provinsi Jawa Barat sendiri pada 2023 direncanakan mendapat alokasi sebesar 13.980 rumah tangga penerima BPBL,” jelas Nugroho.

Menurut Nugroho pihaknya terus berusaha untuk meningkatkan rasio elektrifikasi secara merata ke seluruh Indonesia. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan membantu masyarakat memperoleh akses listrik adalah melalui program BPBL. 

“Selain meningkatkan rasio elektrifikasi, program BPBL juga diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat,” kata Nugroho. 

Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) Edi Srimulyanti menyatakan bahwa PLN terus belajar dari program BPBL yang telah dilakukan di tahun sebelumnya agar pelaksanaan kedepan bisa menjadi lebih baik.

“Kami belajar dari realisasi (program BPBL) yang dilakukan di 2022, untuk 2023 mudah-mudahan lebih baik pelaksanaannya. Aplikasi dan sistem penunjang kami siapkan agar lebih mudah dan transparan dalam melistriki seluruh indonesia,” kata Edi.

Khoerudin (30), salah seorang penerima manfaat program BPBL di Kabupaten Cianjur mengucapkan terima kasihnya atas bantuan yang diterima. Ia mengaku setelah mendapatkan instalasi listrik sendiri, dirinya jadi lebih leluasa dalam mengatur penggunaan listriknya.

Baca juga: Kementerian ESDM Targetkan 1.180 Rumah Tangga Papua Tersambung Listrik

“Saya 3 tahun (menyambung listrik) pakai punya kakak saya. Sekarang punya sendiri jadi lebih enak, lebih leluasa ngaturnya,” ujar Khoerudin.

Seperti diketahui, Program BPBL yang merupakan kegiatan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM dan mendapat dukungan penuh dari Komisi VII DPR RI ini sangat dirasakan manfaatnya oleh warga.

Selain pemasangan listrik di wilayah Jawa Barat, Kementerian ESDM menargetkan sebanyak 1.180 rumah tangga di Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya akan menerima sambungan listrik gratis program pemerintah yang akan dieksekusi oleh PT PLN (Persero) di tahun 2023. 

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar mengatakan sepanjang tahun 2022 lalu, sebanyak 340 rumah tangga di Provinsi Papua Barat Daya menerima bantuan sambungan instalasi listrik gratis dari Pemerintah Tahun 2023 ini program bertajuk Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) yang diinisiasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini akan dilanjutkan lagi.

“Realisasi penerima BPBL di provinsi Papua Barat Daya tahun 2022 sebanyak 340 sambungan rumah tangga. Untuk Kabupaten Sorong Selatan telah tersambung sebanyak 39 sambungan rumah tangga yang tersebar di 3 kecamatan,” ujar Wanhar. 

Dia mengungkapkan bahwa pada tahun 2022, Kementerian ESDM dari target 80.000 rumah tangga, realisasi pada akhir tahun 2023 berhasil menyala melebihi target yaitu sebanyak 80.183 rumah tangga atau 100,2%.

“Kami berharap alokasi penerima manfaat BPBL di provinsi Papua Barat tahun ini dapat meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya.

Baca juga: Pemerintah Berlakukan Perdagangan Karbon Bekas Tenaga Listrik

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE