30.8 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Pengajuan KUR BCA Ditolak: Ini Penyebab & Tips Mengatasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pengajuan KUR BCA ditolak? Tetap tenang ya dan tidak perlu khawatir sebab ada kok tips untuk mengatasi hal tersebut.

Sebagaimana jamak diketahui, BCA adalah salah satu bank terbaik di Indonesia yang tidak hanya memberikan pelayanan maksimal bagi nasabahnya, tetapi juga menawarkan berbagai macam pilihan produk pinjaman, salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat atau KUR.

Nah, dalam menyelenggarakan program Pinjaman KUR ini, tentunya pihak BCA punya target pengguna dari kalangan pengusaha, baik dalam skala kecil maupun berskala besar. Sejalan dengan namanya, produk KUR BCA ini memang kerap diperlukan sebagai modal membangun usaha baru maupun mengembangkan usaha yang telah berjalan/dirintis.

Baca juga: UMKM Wajib Tahu! Inilah 7 Jenis Pinjaman BCA untuk Modal

Terkait KUR BCA ini, setiap nasabah BCA yang ingin mendapatkan dana pinjaman tersebut pastinya wajib melakukan pengajuan. Akan tetapi, memang tidak semua berkas pengajuan KUR BCA akan disetujui sebab ada sejumlah calon debitur yang mengaku pengajuan Kredit Usaha Rakyat ke Bank BCA ditolak.

Nah, kalau kamu juga mengalami hal yang sama, berikut ini informasi lengkap yang kamu ketahui supaya pengajuan berikutnya tidak ditolak lagi.

KUR BCA Ditolak

Bank BCA menyediakan produk KUR untuk para nasabah yang memiliki bisnis UMKM atau sejenisnya. Dengan mengajukan pinjaman ini, nasabah nantinya dapat memanfaatkan limit pinjaman yang diperoleh untuk mengembangkan bisnis yang dijalani.

Namun, sebagaimana proses pengajuan KUR dari bank lainnya, Bank BCA pun akan menerapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh debitur. Jika ada persyaratan yang tidak dipenuhi maka pengajuan KUR BCA bakal ditolak alias tidak cair.

Oleh sebab itu, alasan utama pengajuan pinjaman KUR BCA ditolak, yakni lantaran syarat yang tidak lengkap. Namun, dari sekian data persyaratan, terdapat beberapa di antaranya yang menjadi kunci pengajuan KUR BCA bisa cair. Apa saja sih persyaratan kunci dari pengajuan KUR BCA supaya disetujui? Simak terus ulasan ini.

kur bca ditolak

Kenapa Pengajuan KUR BCA Ditolak dan Gagal Cair?

Ketika mengajukan Pinjaman KUR BCA, pastinya kamu akan diminta untuk melengkapi beberapa formulir pengajuan yang berisi data diri, informasi penghasilan, jenis agunan, dan lainnya. Dari sekian data persyaratan yang diterapkan, Bank BCA tentu saja akan lebih memperhatikan data debitur terkait nominal penghasilan, jenis agunan atau jaminan yang dimiliki, skor kredit dari hasil BI Checking, hingga data verifikasi Biometrik.

Maka dari itu, saat pengajuan KUR kamu ditolak, kemungkinan besar hal itu terjadi karena beberapa faktor berikut ini.

1. Bisnis/Usaha Kurang dari 6 Bulan

Pengajuan KUR kamu bisa saja ditolak jika bisnis UMKM atau Usaha lain yang sedang kamu lakoni baru berjalan kurang dari 6 bulan. Oleh sebab itu, pihak BCA sendiri barangkali masih meragukan apakah bisnis itu prospek atau tidak.

2. Penghasilan per Bulan tidak Memenuhi Kriteria

Kedua, hal ini juga bisa disebabkan oleh nominal penghasilan per bulan kamu yang faktanya tidak masuk dalam kriteria sebagai penerima dana KUR. Pasalnya, indikator itu barangkali akan menyesuaikan dengan jumlah limit yang diajukan.

Misalkan data penghasilan per bulan kanu hanya Rp3.000.000, kemudian kamu mengajukan dana KUR sebesar Rp100.000.000. Kalau begitu kondisinya maka jelas saja pihak Bank BCA tidak ingin mengambil risiko.

Pasalnya, pendapatan kamu tidak akan mencukupi untuk membayar angsuran per bulannya sehingga Bank BCA akan menolak pengajuan Pinjaman KUR yang sudah kamu kirim.

Baca juga: Pinjaman KUR BCA: Tips Pengajuan dan Syarat-syaratnya

3. Riwayat Kredit Buruk sehingga Pengajuan KUR BCA Ditolak

KUR BCA juga bisa ditolak karena ditinjau dari hasil BI Checking. Saat dicek, ternyata data kamu masuk ke dalam blacklist (daftar hitam) BI lantaran kamu sering terlambat bayar angsuran pinjaman maupun produk cicilan lainnya, misalnya kredit sepeda motor dan kredit barang elektronik. Dengan demikian, BCA jelas akan menolak pengajuan kamu.

4. Berkas Jaminan tidak Sesuai dengan Nominal Pengajuan

Dalam setiap pengajuan KUR BCA, debitur wajib punya berkas jaminan berupa BPKB, sertifikat tanah, dan bangunan serta beberapa berkas jaminan lain yang sudah ditentukan. Selain itu, nominal agunan yang akan dipakai sebagai jaminan pun mesti sesuai dengan nominal pengajuan.

Misalkan kamu menggunakan BPKB Sepeda Motor seharga Rp25.000.000 sebagai jaminan pengajuan KUR BCA nominal Rp500.000.000. Dengan demikian, antara berkas jaminan dan nominal pengajuan kamu tentunya sangat tidak sebanding. Oleh sebab itu, Bank BCA tidak bisa menerima pengajuan kamu dan pinjaman KUR tadi jelas akan ditolak.

5. Memiliki Pinjaman Aktif di Bank Lain

Pengajuan KUR ini pun dijamin 100% bakal ditolak kalau ternyata kamu masih punya tanggungan pinjaman di bank lain yang bukan merupakan produk pinjaman KUR. Ketentuan tersebut telah dijelaskan pada proses pengajuan, baik via online maupun offline.

Bahkan, saat kamu tidak jujur dengan mengatakan bahwa tidak punya pinjaman aktif di bank lain, nantinya data itu akan tertera di kala pengecekan BI Checking dilakukan. Kalau sudah seperti itu maka kemungkinan kamu akan di-blacklist sebagai debitur KUR BCA maupun pengajuan jenis pinjaman Bank BCA lainnya.

Cara Mengatasi Gagal Mengajukan KUR Bank BCA

Setelah mengetahui beberapa penyebab pengajuan KUR ini ditolak, kamu harus tahu juga cara mengatasinya agar pengajuan dapat tetap cair. Adapun satu-satunya cara mengatasi masalah itu adalah dengan melakukan pengajuan ulang. Akan tetapi, sebelum melakukan proses itu, sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu beberapa informasi berikut ini.

1. Perbaiki Riwayat Kredit

Jika pengajuan sebelumnya ditolak lantaran riwayat kredit buruk maka kamu perlu memperbaiki riwayat kredit. Dengan demikian, buat kamu yang punya cicilan sepeda motor, cicilan pinjaman online maupun offline dan tagihan angsuran lain, pastikan kamu selalu membayarnya tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo yang sudah ditetapkan. Kalau selama 3 bulan kamu tidak pernah mengalami keterlambatan bayar angsuran maka riwayat kredit kamu akan membaik sehingga pengajuan KUR nantinya bisa diterima.

2. Melunasi Pinjaman di Bank Lain

Berikutnya, kalau kamu masih punya tanggungan pinjaman di bank lain maka sebaiknya kamu lunasi pinjaman itu terlebih dahulu. Jika sudah benar-benar bebas dari angsuran tersebut maka selanjutnya kamu bisa melakukan pengajuan KUR ini untuk mendapatkan limit pinjaman.

3. Siapkan Berkas Agunan yang Sesuai dengan Jumlah Pengajuan

Sebelum mengajukan ulang dana pinjaman KUR, sebaiknya kamu menyiapkan berkas agunan yang sebanding dengan nominal kredit yang diinginkan. Kalau sudah maka proses pengajuan KUR ini akan diterima dan cair.

4. Tunggu hingga Bisnis/Usaha sudah Berusia 6 Bulan

Saat KUR BCA kamu ditolak lantaran usia bisnis yang dijalani kurang dari 6 bulan, sebaiknya untuk melakukan pengajuan ulang kamu perlu menunggu hingga memenuhi batas waktu tersebut.

Selanjutnya, cobalah lakukan pengajuan ulang KUR. Sebagai tambahan, pada informasi penghasilan, sebaiknya kamu mencantumkan nominal antara Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan sehingga kemungkinan pengajuan KUR kamu senilai Rp50.000.000—Rp100.000.000 bisa di-acc.

Sekian ulasan tentang pengajuan KUR BCA ditolak yang perlu kamu ketahui. Terapkan tips di atas ya supaya pengajuan kamu tidak ditolak lagi. Selamat mencoba!

Baca juga: BCA Sekuritas: Cara Daftar, Syarat hingga Biaya Jual Beli Sahamnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Subsidi BBM Bengkak, Akankah Harga Pertalite dan Solar Naik? 

JAKARTA, duniafintech.com - Subsidi BBM atau bahan bakar minyak bengkak hingga Rp 502 triliun. Lantas, akankah harga Pertalite dan Solar naik?  Presiden Joko Widodo atau...

Cara Menghubungkan Akulaku ke Tokopedia, Banyak Manfaatnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menghubungkan Akulaku ke Tokopedia berikut ini penting untuk diketahui oleh para pengguna kedua layanan ini. Tentunya, sebagai pengguna Akulaku, kamu memang...

Cara Bayar Indihome Pakai Shopee PayLater, Gampang Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Indihome pakai Shopee PayLater dalam ulasan di bawah ini penting untuk diketahui. Caranya pun gampang loh! Tentunya, sebagai pelanggan Shopee,...

Berita Kripto Hari Ini: Harga Kripto Ngegas, Pasar Kembali Pulih? 

JAKARTA, duniafintech.com - Berita kripto hari ini mengulas kondisi pasar kripto yang merangkak naik. Harga kripto jajaran teratas tampak terus menguat. Bitcoin, Ethereum hingga Dogecoin...

Berita Fintech Indonesia: Pinjaman Uang Bisa Dicicil Bulanan

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru akan membahas tentang pinjaman uang secara online yang bisa kamu cicil secara bulanan. Seperti diketahui, keperluan yang mendesak...
LANGUAGE