27.6 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

LooksRare: Cara Menggunakan, Kelebihan, & 3 Fiturnya

LooksRare adalah sebuah platform NFT baru yang diluncurkan pada tahun 2022 lalu. Seperti diketahui, pada puncak popularitas Non Fungible Token (NFT) selama tahun 2021 dan 2022, berbagai platform NFT seperti OpenSea, NiftyGateway, Rarible, dan sejenisnya telah meraih ketenaran yang besar.

LooksRare sendiri merupakan platform NFT berbasis komunitas yang beroperasi di atas blockchain Ethereum. Platform ini didirikan pada bulan Januari 2022 oleh dua co-founder yang memilih untuk tetap anonim dan menggunakan nama panggilan Zodd dan Guts.

Setelah diluncurkan, platform NFT ini mencatatkan volume perdagangan mingguan yang signifikan, hampir tiga kali lipat dari yang dicapai oleh OpenSea. Keberhasilan ini sebagian besar dikaitkan dengan distribusi token LOOKS melalui program airdrop.

Apa Itu LooksRare dan Siapa Pendirinya?

LooksRare merupakan suatu marketplace NFT berbasis komunitas yang beroperasi di blockchain Ethereum. Awalnya, platform ini memberikan trading reward secara aktif kepada trader, kolektor, dan kreator untuk mendorong partisipasi. Namun, pada bulan September 2023, pendekatan reward tersebut dihentikan dan digantikan dengan strategi baru.

Baca juga: Wajib Paham! Inilah 5 Cara Menjadi Blockchain Developer yang Sukses

LooksRare

Dengan moto “by NFT people, for NFT people,” platform NFT ini mengalokasikan seluruh biaya perdagangan sebagai imbalan kepada para kreator dan stakers token LOOKS. Sejak diluncurkan pada Januari 2022, volume perdagangan mingguan di platform ini terus meningkat, mencapai sekitar $2.9 miliar atau hampir tiga kali lipat volume OpenSea untuk periode yang sama.

Faktor peningkatan volume perdagangan termasuk airdrop token LOOKS, yang dapat diklaim secara gratis oleh pengguna yang melakukan transaksi NFT di OpenSea senilai 3 ETH selama enam bulan sebelumnya dan me-listing NFT di LooksRare.

Didirikan pada bulan Januari 2022 oleh dua co-founder anonim, Zodd dan Guts, platform NFT ini memiliki rencana untuk bersaing dengan OpenSea dengan memberikan kegunaan tambahan melalui token LOOKS sebagai insentif pengguna.

Untuk menarik pengguna dan mencapai volume perdagangan tinggi, platform NFT ini mengadopsi pendekatan serupa dengan SushiSwap dengan meluncurkan “vampire attack” pada Uniswap. Perbedaannya, platform NFT ini membagikan token secara gratis untuk menguras likuiditas dari pesaingnya, yakni OpenSea.

Bagaimanakah Cara Menggunakan LooksRare?

Harap dicatat bahwa platform NFT ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli NFT. Untuk memulai, kunjungi situs web platform NFT ini di https://looksrare.org/ dan pastikan untuk terhubung dengan crypto wallet kamu. Salah satu crypto wallet yang umum digunakan adalah MetaMask, namun, kamu juga dapat menggunakan berbagai crypto wallet lainnya melalui WalletConnect.

Tampilan keseluruhan platform NFT ini mirip dengan marketplace NFT lainnya dan sangat ramah pengguna. Untuk membeli NFT, gunakan kolom pencarian, temukan koleksi yang diinginkan, dan klik “buy” atau ajukan penawaran.

Proses penjualan NFT di platform NFT juga cukup sederhana. Pilih “Sell” di beranda, pilih NFT yang ingin dijual, tentukan harga dan durasi penawaran.

Perlu diingat bahwa proses minting NFT di platform ini sedikit berbeda dengan sebagian besar marketplace NFT lainnya. Platform NFT ini menggunakan Manifold sebagai alat untuk proses minting NFT. Manifold merupakan platform yang digunakan untuk membuat dan me-minting NFT.

Untuk memulai proses minting NFT, klik opsi “Create Collection” di profil kamu, dan kamu akan diarahkan ke situs Manifold. Selanjutnya, ikuti panduan yang telah disediakan untuk menyelesaikan proses minting NFT.

Mengenal Fitur-fitur LooksRare

Platform NFT ini menyajikan sejumlah fitur menarik yang memberikan nilai tambah dan pengalaman berbeda di dalam ekosistemnya. Berikut adalah beberapa fitur utama yang dapat ditemui di platform LooksRare:

  1. Perdagangan NFT

Platform NFT ini memudahkan proses jual beli koleksi NFT yang terhubung dengan blockchain Ethereum, mencakup sebagian besar koleksi yang tersedia di OpenSea. Dalam setiap transaksi, LooksRare mengenakan biaya standar sebesar 2% dari total nilai transaksi, menawarkan tarif yang lebih kompetitif dibandingkan dengan pesaing di segmen yang sama. Hal yang penting, semua pendapatan dari biaya transaksi ini diberikan sebagai penghargaan kepada para pemegang token LOOKS.

Dalam mempermudah pembelian NFT, platform ini menyediakan dua opsi yang fleksibel bagi pengguna:

  • Pembelian NFT dengan harga tetap: Investor dapat langsung membeli NFT yang diminati di platform ini melalui opsi “Beli Sekarang”.
  • Pembelian NFT dengan harga yang ditentukan oleh pengguna: Pengguna memiliki kebebasan menetapkan harga di mana mereka ingin membeli NFT menggunakan WETH.

Di samping itu, pengguna dapat membuat penawaran harga untuk seluruh koleksi NFT dengan memilih “Buat Penawaran Koleksi” dan menginput jumlah WETH yang diinginkan. Dengan cara ini, semua produk NFT dalam koleksi tersebut akan memiliki harga yang sama yang telah ditetapkan oleh pengguna.

  1. Staking

Platform NFT ini menyajikan dua metode staking, yaitu Standard Method (imbalan dalam bentuk LOOKS dan WETH) dan LOOKS Compounder (imbalan WETH secara otomatis dikonversi menjadi LOOKS). Jika Anda berminat untuk memulai staking di platform ini, silakan kunjungi situs resminya di sini.

  1. YOLO

YOLO merupakan permainan yang melibatkan penggabungan NFT, ETH, dan LOOKS yang ditambahkan oleh para pemain pada setiap putaran. Pada akhir putaran, pemenang tunggal ditentukan secara acak. Semakin besar kontribusi yang diberikan, semakin besar peluang untuk menjadi pemenang.

Kelebihan dan Kekurangan LooksRare

Seperti platform NFT lainnya, LooksRare memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan oleh pengguna. Berikut adalah beberapa hal tersebut:

  1. Kelebihan
  • Biaya Rendah: LooksRare menerapkan biaya platform sebesar 0.5%, yang lebih terjangkau dibandingkan dengan OpenSea yang membebankan biaya platform sebesar 2,5%.
  • Imbalan Platform: Pengguna dapat memperoleh token LOOKS melalui staking, perdagangan, dan pendaftaran (listing) NFT.
  • Pilihan Penawaran pada Seluruh Koleksi: Pendekatan ini memberikan keuntungan bagi investor besar yang ingin melakukan penawaran pada seluruh koleksi.
  • Fitur Imbalan Tambahan: LooksRare menawarkan beberapa fitur yang memberikan imbalan tambahan kepada pengguna, seperti YOLO, Community Raffles, dan Gems.

Baca juga: Apa Itu Observer Coin? Intip Perannya dalam Blockchain

LooksRare

  1. Kekurangan
  • Satu Blockchain: LooksRare hanya beroperasi di blockchain Ethereum, yang dapat mengakibatkan biaya gas yang lebih tinggi dibandingkan dengan platform yang mendukung beberapa blockchain. Meskipun, dengan kehadiran LooksRare V2, biaya gas dapat berkurang hingga 30% dibandingkan dengan V1.
  • Anonimitas Pendiri: Identitas pendiri LooksRare tidak diungkapkan, yang dapat menjadi kekurangan dalam hal transparansi dan akuntabilitas.
  • Tidak Mendukung Minting NFT: LooksRare tidak menyediakan fitur minting NFT secara langsung, memerlukan pihak ketiga seperti Manifold. Kurangnya dukungan untuk minting NFT dapat menjadi hambatan bagi seniman dan pencipta NFT.
  • Masalah “Wash Trading”: Terdapat risiko terkait manipulasi harga aset di LooksRare yang dapat memicu tindakan penipuan. Praktik “wash trading” dapat mengakibatkan peningkatan nilai dan popularitas NFT di platform secara tidak proporsional.

LooksRare telah Melakukan Update Menjadi LooksRare V2

Penting untuk dicatat bahwa pada bulan April 2023, LooksRare berhasil mengimplementasikan pembaruan signifikan menjadi LooksRare V2. Berikut adalah beberapa perubahan kunci yang dilakukan:

  • LooksRare V2 menitikberatkan perhatiannya pada pengembangan on-chain game di masa mendatang, menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan pengalaman bermain dalam ekosistemnya.
  • Terjadi penurunan drastis pada biaya platform LooksRare, yang kini menjadi 0.5%, dibandingkan dengan tingkat sebelumnya yang mencapai 2%. Hal ini memberikan insentif lebih lanjut bagi pengguna untuk terlibat dalam transaksi di platform.
  • LooksRare V2 menghilangkan Trading Reward, dan sebagai gantinya, imbalan tersebut akan ditambahkan ke dalam Treasury LooksRare. Langkah ini bertujuan untuk mencapai distribusi yang lebih adil dari nilai yang dihasilkan oleh platform.
  • Terdapat penyesuaian pada tokenomics secara keseluruhan, menunjukkan upaya untuk meningkatkan keberlanjutan dan nilai ekosistem LooksRare.
  • Sebagai langkah menarik, 50% dari biaya platform akan dialokasikan untuk melakukan pembelian kembali (buyback) token LOOKS di pasar kripto. Sisanya, 10% akan diperuntukkan untuk LooksRare Protocol Rewards, dan 40% akan disimpan dalam treasury. Mekanisme ini bertujuan untuk mendukung likuiditas dan nilai token LOOKS.

Apakah Perbedaan LooksRare dan OpenSea?

Menjadi pesaing terdekat OpenSea, LooksRare menonjol dengan sejumlah kelebihan yang menarik perhatian pengguna. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara LooksRare dan OpenSea:

  1. Biaya Perdagangan

OpenSea menerapkan biaya perdagangan sebesar 2,5% untuk semua transaksi, termasuk penjualan pribadi. Di sisi lain, LooksRare menawarkan biaya perdagangan sebesar 2% untuk penjualan dasar dan tidak mengenakan biaya untuk penjualan pribadi. Pada April 2023, dengan peluncuran LooksRare V2, biaya perdagangan NFT bahkan lebih terjangkau, dipangkas menjadi hanya 0,5%.

  1. Distribusi Biaya Perdagangan

OpenSea dikenal menyimpan 100% dari pendapatan yang dihasilkan dari biaya perdagangan. Sebaliknya, LooksRare menerapkan pendekatan yang berbeda dengan mendistribusikan seluruh pendapatan dari biaya perdagangan kepada komunitas, terutama kepada pemegang token $LOOK. Keputusan ini menciptakan model distribusi yang lebih merata, di mana pendapatan dari biaya perdagangan secara penuh kembali kepada pemegang token, menghasilkan ekosistem yang lebih inklusif.

  1. Koleksi Royalti

LooksRare mempermudah kreator dan kolektor NFT dengan klaim royalti yang instan. Sebaliknya, di OpenSea, proses klaim royalti memerlukan waktu yang lebih lama, hampir seminggu. Perbedaan ini memberikan pengalaman pengguna yang signifikan dalam hal kenyamanan dan efisiensi.

Bagamanakah Cara Membeli Token LOOKS di INDODAX?

Bagi Anda yang ingin membeli aset kripto LooksRare (LOOKS), Anda bisa melakukan pembelian di INDODAX. Namun, sebelum membeli aset kripto Token LOOKS di INDODAX, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu harga  Token LOOKS (LOOKS to IDR) di INDODAX Market.

Jika Anda ingin membeli aset kripto LooksRare (LOOKS) di INDODAX, berikut adalah panduan untuk membeli Token LOOKS di INDODAX:

  • Jika Anda belum menjadi member, lakukan registrasi di INDODAX.
  • Setelah berhasil mendaftar, login ke akun INDODAX dan lakukan deposit.
  • Setelah deposit masuk, kembali ke halaman market INDODAX.
  • Cari LooksRare (LOOKS) token (LOOKS to IDR) di market IDR, kemudian klik.
  • Setelah masuk, Anda dapat membeli token LOOKS dengan mengisi saldo dan menentukan harga pembelian. Anda dapat membelinya secara instan atau pada harga pasar saat itu.
  • Tunggu beberapa waktu untuk melihat perubahan harga.
  • Setelah harga meningkat, Anda dapat menjualnya dengan metode instan atau limit.
  • Jika menggunakan metode limit, pastikan untuk memasukkan harga jual yang lebih tinggi.

LooksRare

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, LooksRare adalah sebuah pasar NFT berbasis komunitas yang beroperasi di blockchain Ethereum. Platform ini menonjolkan beberapa fitur menarik dalam ekosistemnya, termasuk perdagangan NFT yang memfasilitasi pembelian dan penjualan koleksi NFT berbasis blockchain Ethereum. Selain itu, LooksRare juga menyediakan layanan staking dengan dua jenis, yaitu Standard Method dan LOOKS Compounder. Selain itu, terdapat permainan YOLO yang melibatkan penggabungan NFT, ETH, dan LOOKS pada setiap putaran.

Dalam hal kelebihan, LooksRare menawarkan biaya perdagangan yang rendah, hanya sebesar 0,5%. Imbalan platform juga diberikan kepada pengguna melalui staking, perdagangan, dan listing NFT. Kemudahan pilihan penawaran pada seluruh koleksi menjadi keuntungan bagi investor besar, sementara fitur tambahan seperti YOLO, Community Raffles, dan Gems memberikan imbalan tambahan kepada pengguna.

Penting untuk diingat bahwa investasi dalam aset kripto, termasuk token LOOKS, memiliki risiko dan volatilitas tinggi. Perubahan harga yang cepat dapat terjadi, sehingga keputusan investasi harus didasarkan pada riset yang cermat. Kesadaran terhadap potensi kerugian adalah suatu hal yang penting dalam mengambil keputusan investasi.

Baca juga: Penting di Jaringan Blockchain, Inilah Cara Kerja hingga Keunggulan Chainlist

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE