32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Memilih Tenor Pada Pinjaman Online Langsung Cair

DuniaFintech.com – Bagi Anda yang pernah mengajukan pinjaman online langsung cair, pasti pernah mendengar istilah tenor. Tenor biasanya diasosiasikan dengan satuan bulan. Ketika akan meminjam pinjaman di lembaga keuangan, tentunya akan ditanya ingin mengajukan pinjaman dengan tenor berapa lama, 6 bulan, 12 bulan, atau bahkan lebih.

Ketika dalam kondisi terdesak harus mengambil pinjaman, idealnya mengambil tenor pinjaman yang paling singkat. Beban bunga kredit lebih rendah, beban mental karena menanggung utang pun lebih cepat berakhir. Namun, sayangnya tidak sesederhana itu. Tenor pinjaman yang pendek memang dapat meringankan total utang yang ditanggung akan tetapi nekat mengambil tenor singkat tanpa melihat kemampuan sama saja bunuh diri.

Jika terkendala bayar tagihan karena uang pas-pasan, risiko gagal bayar alias kredit macet bakal menghantui. Kalau sudah begini, total utang makin membengkak karena ada tambahan biaya, mulai dari bunga kredit, denda keterlambatan bayar, dan sebagainya. Sudah susah bayar utang, makin susah melunasinya. Lalu, bagaimana cara memilih tenor pinjaman online langsung cair yang terbaik? Simak ulasan berikut ini untuk tahu jawabannya.

Baca Juga:

Tenor Pinjaman Online Pendek vs Panjang

Lamanya masa tenor biasanya bisa disesuaikan dengan jumlah uang yang Anda pinjam. Sebagai peminjam yang cerdas, Anda harus bisa memilih tenor yang sesuai dengan kebutuhan. Memperhatikan tenor saat melakukan pinjaman sangatlah penting untuk dilakukan. Apalagi penentuan tenor pinjaman berkaitan erat dengan jumlah bunga yang harus Anda bayarkan.

Semakin singkat tenor pinjaman Anda, semakin kecil nilai bunga yang dibayarkan. Begitu juga sebaliknya, semakin lama tenor yang Anda ambil, maka bunga yang harus dibayarkan pun semakin besar.

Jika nasabah memiliki kemampuan membayar yang tinggi, maka masa tenor pendek pada pinjaman online langsung cair sangat cocok diambil. Selain itu, kelebihan dari tenor pendek adalah nasabah akan merasa lebih bahagia dan tidak menambah beban mental, tenor yang pendek tidak membuat rasa khawatir larut dalam utang berkepanjangan bertahun-tahun. Sedangkan kekurangan dari tenor pendek, jumlah angsuran perbulannya akan menjadi lebih besar karena harus dibagi dalam jangka waktu yang singkat.

Selain itu, pinjaman online langsung cair dengan tenor panjang mempunyai kelebihan yakni angsuran bulanan tentunya lebih ringan, DP (Down Payment) yang dibayarkanpun akan lebih kecil. Waktu pelunasannya pun panjang dan relatif tidak membebani penghasilan nasabah. Serta angsuran yang lebih kecilpun tidak terlalu berpengaruh pada kondidi keuangan nasabah. Cukup dengan mengandalkan penghasilan tetap perbulan, cicilanpun bisa lancer dibayarkan tanpa perlu mencari penghasilan tambahan.

Pada dasarnya, tenor pinjaman ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara debitur dan kreditur. Pihak lembaga keuangan akan tetap melakukan analisa terhadap kemampuan finansial calon debitur.  Meski begitu, sebagai peminjam yang akan menanggung utang dan bertanggung jawab terhadap kondisi keuangan sendiri. Oleh sebab itu, pertimbangkan dengan cermat, mulai dari besar pinjaman hingga kesanggupan finansial.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU