25.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Penyedia Layanan Pinjam Uang Tanpa Bunga Memangnya Ada? Simak Jawabanya

DuniaFintech.com – Banyak orang yang tahu pinjam uang itu harus mengembalikan pokok berikut bunganya. Padahal, tak selalu begitu, ada beberapa pilihan yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi pilihan ajukan pinjaman. Untuk yang tak mau berurusan dengan utang karena takut dikejar-kejar debt collector atau hingga bunuh diri, pinjam uang tanpa bunga merupakan pilihan yang tepat.

Tempat meminjam uangnya pun tidak hanya di bank atau lembaga keuangan, melainkan di lembaga atau pihak lain yang bisa memberikan pinjaman. Selain itu, hal yang perlu Anda perhatikan juga yaitu bagaimana caranya memperoleh pinjaman tanpa bunga dari berbagai pihak tanpa harus pinjam ke Bank. Apa saja pilihan pinjam uang tanpa bunga yang dijamin tak akan membuat kita terbebani? Berikut ulasannya.

Pinjam Uang di Pegadaian

Pegadaian memang dikenal sebagai solusi memperoleh uang dengan menggadaikan barang. Sayangnya, orang-orang belum tahu kalau pinjam uang di Pegadaian bisa didapatkan tanpa bunga. Sebenarnya, Pegadaian memang punya fasilitas pinjaman uang tanpa bunga, yaitu KCA Prima. Bunga yang dipatok benaran 0 persen. Namun, tenor yang diberikan terbilang singkat, yaitu dari 1 – 60 hari.

Anda juga akan dikenakan biaya administrasi. Namun, gak usah khawatir. Pegadaian menetapkan biaya administrasi yang kecil kok, yaitu dari Rp2.000 – Rp5.000. Sementara besaran pinjaman yang diajukan dari Rp50 ribu – Rp500 ribu.

Baca Juga:

Pinjam Uang Pakai Sistem Syariah

Saat ini, layanan pinjam uang tanpa bunga bisa melalui sistem syariah. Misalnya, ketika melakukan pinjaman syariah, Anda tidak akan dibebankan biaya bunga dalam setiap prosesnya. Sistem syariah menggunakan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil. Sistem ini disebut juga dengan model akad seperti mudharabah dan musyarakah, murabahah, salam, dan istishna.

Sistem syariah kini banyak digunakan karena bunga yang dibebankan tidak memberatkan debitur. Perhitungannya bagi peminjam maupun yang memberi pinjaman juga dianggap lebih adil. Meski begitu, Anda tetap harus teliti menghitung nilai dana yang akan didapat dengan uang yang dikembalikan. Terdapat beberapa perusahaan fintech yang menggunakan sistem syariah, seperti:

1. Duha Syariah

Duha Syariah merupakan platform P2P yang mempertemukan antara pemberi pinjaman dengan pemohon dengan prinsip bebas Riba atau Syariah. Untuk bisa menggunakannya, pengguna harus mengunduh aplikasinya di Playstore secara gratis.

Dua jenis produk pinjaman yang diberikan oleh Duha Syariah yakni pembiayaan konsumtif (barang atau jasa dan pembiayaan perjalanan religi).

2. Alami Sharia

Alami Sharia juga bergerak di industri pinjaman online berbasis Syariah tanpa Riba. Fokus pembiayaan yang dilakukan oleh platform ini adalah di sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM), anjak piutang, pertanian dan peternakan, serta industri kesehatan.

3. Dana Syariah

Pinjaman tanpa bunga selanjutnya adalah PT Dana Syariah Indonesia. Fasilitas yang diberikan oleh Dana Syariah adalah layanan pendanaan Syariah dan pembiayaan Syariah bagi pemilik usaha serta perorangan. Tujuannya adalah mendapatkan manfaat dan bagi hasill yang Halal serta terhindar dari Riba.

Itulah beberapa solusi pinjam uang tanpa bunga yang bisa dicoba. Satu hal yang perlu diketahui, pinjaman uang itu wajib untuk dikembalikan. Jika tidak, Anda akan membuat orang-orang tidak percaya lagi. Untuk melihat daftar perusahaan pinjaman online lainnya bisa klik disini.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan rawat jalan adalah salah satu manfaat yang diberikan oleh asuransi asuransi kesehatan secara umum. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan...

Minimum Pembayaran Akulaku per Transaksi, Segini Besarannya

JAKARTA, duniafintech.com – Minimum pembayaran Akulaku atau minimum payment di Akulaku ini tentunya sangat penting diketahui oleh para penggunanya. Seperti diketahui, meski terbilang baru, tetapi...

Cara Top Up OVO lewat Maybank, dari ATM sampai SMS Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Maybank berikut ini menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin isi ulang saldo OVO dengan cepat. OVO sendiri...

Memahami Apa Itu DeFi dan Keuntungannya Dalam Dunia Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Penting sekali bagi seorang trader kripto untuk memahami apa itu DeFi. Saat ini, hampir semua layanan keuangan menggunakan sistem teknologi terpusat.  Artinya,...

Cara Bayar Tiket Kereta Api Via Bank Mandiri, Cepat & Mudah!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tiket kereta api via Bank Mandiri berikut ini menjadi salah satu kemudahan yang harus ketahui sekarang juga. Bagi kamu yang...
LANGUAGE