30.9 C
Jakarta
Jumat, 9 Desember, 2022

Perhatikan Hal Ini Ketika Hendak Mengajukan Pinjaman Online untuk Pelajar

Duniafintech.com – Lembaga atau institusi pendidikan merupakan motor penggerak ekosistem dalam menyiapkan generasi masa depan. Namun, tidak hanya itu, dukungan masif dan efektif dari segi pembiayaan juga merupakan investasi penting. Sebelum ada pinjaman online, opsi meminjam uang hanya bisa dilakukan melalui bank, kerabat atau rentenir. Kini, berkat pesatnya perkembangan teknologi dan hadirnya fintech, mengajukan pinjaman online untuk pelajar tak pakai ribet lagi karena cukup dari smartphone.

Kebutuhan dana tak cuma milik seorang karyawan atau orang tua. Para pelajarpun terkadang membutuhkan dana untuk berbagai kebutuhan. Di momen tertentu, pelajar dan mahasiswa membutuhkan dana tak terduga untuk suatu kebutuhan mendesak. Seperti biaya kuliah, biaya penelitian, hingga biaya skripsi. Kebutuhan dana ini tak hanya menguras tabungan tapi juga menguras pikiran. Namun ada beberapa hal yang harus dicermati ketika kita hendak mengajukan pinjaman online untuk pelajar.

1. Pastikan Perusahaan Pinjaman Online Terdaftar di OJK

Ketika memilih pinjaman online untuk pelajar yang pertama harus selalu dipastikan adalah lembaga yang menyediakan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Biasanya pinjaman online legal dan sudah terdaftar di OJK akan mencantumkan keterangan sudah terdaftar di OJK di situs pemberi pinjaman online tersebut. Namun, jika berbentuk aplikasi keterangan tersebut akan dicantumkan di informasinya sebelum download aplikasinya. Hal ini karena, status terdaftar menjadi jaminan bahwa pinjaman uang online mereka aman dan terpercaya.

2. Pelajari Rincian Biayanya

Jangan karena alasan membutuhkan dana cepat sampai tergiur janji pinjaman online langsung cair semata. Lihat dan pelajari dulu biaya-biaya yang ada di pinjol tersebut. Jumlah biaya ini dan untuk apa harus jelas diberitahukan sejak awal. Berikut biaya yang sering muncul dalam proses pinjaman:

  • Provisi, yaitu biasa sebagai tanda jasa karena pinjaman di-approve (disetujui).
  • Administrasi, yaitu biaya untuk mengurus administrasi pinjaman, kadang disatukan dengan provisi.
  • Denda, biaya yang dikenakan bila cicilan terlambat.
  • Penalti, yaitu biaya yang dikenakan bila pelunasan dipercepat.

Namun, ada juga pinjol yang tak mengenakan biaya provisi ataupun administrasi. Ini cocok Anda dipilih, tetapi lihat juga biaya lainnya, seperti denda seharusnya dihitung per bulan, bukan per hari. Selain itu, tanyakan juga soal biaya penalti, apakah ada atau tidak dan jika ada, bagaimana penghitungannya.

Baca Juga:

3. Persyaratan Mudah dan Bunga Transparan

Syarat pinjaman online untuk pelajar biasanya lebih mudah daripada kredit biasa dari bank. Kartu identitas sudah pasti jadi syaratnya. Jika ada syarat pinjol yang ganjil, misalnya harus memberikan foto kartu kredit bolak-balik, lebih baik tidak memilih pinjol tersebut. Hal ini karena nomor kartu kredit harus dijaga kerahasiaannya, terutama tiga digit nomor di belakang kartu.

Selain itu, penyedia pinjaman online harus terbuka mengenai proses pengajuan pinjaman yang jelas, dan besaran bunga transparan. Artinya, mereka akan menjelaskan kapan tempo pembayaran, sampai hal-hal yang mengakibatkan pengambilan aset maupun cara penagihan pada debiturnya. Dengan begitu Anda akan mengetahui besaran tagihan setelah bunga, dan tak ada bunga yang secara tiba-tiba naik dalam waktu tertentu.

4. Pastikan Situs Pinjaman Online Digembok

Pastikan situs penyedia pinjaman online mempunyai tanda gembok terkunci di sisi kiri atas alamatnya yang bisa dilihat di komputer atau ponsel Anda. Jika ada tanda gembok terbuka atau dicoret berarti keamanannya tidak terjamin. Situs pinjaman online terpercaya harus memastikan ada gembok terkunci di situsnya.

Hal yang perlu di ingat ketika akan mengajukan pinjaman online adalah sadari bahwa Anda membayar utang tepat waktu akan membuat hati lebih tenang, terhindari dari bayar denda dan track record data kredit skor pinjaman kamu juga jadi bagus. Untuk melihat rekomendasi perusahaan pinjaman online bisa klik link di sini.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Hijau Lagi, Cek Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Jumat (9/12/2022). Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau mengalami...

Tips Hadapi Resesi Ekonomi Global Bagi Para Pelaku Usaha ala Rey Insurtech

JAKARTA, duniafintech.com - Resesi ekonomi global diperkirakan akan memengaruhi banyak sektor dan kinerja bisnis sehingga pelaku usaha perlu tips hadapi. Salah satu tips hadapi resesi...

Tips Cek Kesehatan Kendaraan Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

JAKARTA, duniafintech.com - Tips cek kesehatan kendaraan menjadi salah satu hal penting dipelajari mengingat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sudah di depan...

Perusahaan PHK Karyawan Kembali Terjadi, Kali Ini PepsiCo

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan PHK karyawan hingga saat ini masih saja terjadi di dunia ketenagakerjaan, termasuk perusahaan startup. Hal itu berlangsung di tengah ketidakpastian ekonomi...

Tips Investasi Untuk Persiapan Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com - Saham merupakan instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup tinggi jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, sebagai investor, kita harus cukup cerdas...
LANGUAGE