Micree Zhan, Co-Founder Bitmain Sandang Gelar Orang Terkaya di Bidang Kripto Aset

0
223
Micree Zhan

DuniaFintech.com – Terlepas dari nama besar Satoshi Nakamoto yang entah memang orang Asia atau bukan, insinyur dan pakar Blockchain asal benua kita ini jumlahnya juga tidak sedikit. Beberapa di antara mereka bahkan berhasil menorehkan prestasi skala global. Salah satu di antara sekian banyak nama itu ada Micree Zhan yang dikenal sebagai rekan Wu Jihan dalam mendirikan Bitmain.

Memiliki nama asli Zhan Ketuan, Zhan merupakan seorang insinyur di bidang elektronik sekaligus seorang pengusaha. Peran terbesarnya adalah mendirikan Bitmain, perusahaan yang merupakan produsen chip komputer untuk mining Bitcoin terbesar di dunia.

Pada tahun 2008, Hurun Report memberinya gelar sebagai orang terkaya di dunia yang berbisnis di bidang aset kripto. Setahun setelahnya, Bloomberg menaruh nama Zhan di peringkat ke 9 sebagai milioner yang berhasil mencapai kekayaan 5,2 juta dolar di usia kurang dari 40 tahun.

Baca juga:

Pendidikan dan Perjalanan Karier Micree Zhan

Micree Zhan lahir pada tanggal 29 Januari 1979 di Kabupaten Minhou, Fujian, Cina. Setelah lulus dari Minhou No 1 High School, ia masuk Universitas Shandong, di mana ia memperoleh gelar sarjana di bidang teknik elektronik pada tahun 2001.

Zhan kemudian memperoleh gelar masternya di bidang teknik mikroelektronika dari Institute of Microelectronics, Chinese Academy of Sciences pada tahun 2004.

Setelah mendapatkan gelar masternya, Zhan bekerja sebagai insinyur di Institut Riset Teknologi Informasi di Universitas Tsinghua. Micree Zhan kemudian memulai bisnisnya sendiri membuat dekoder untuk televisi.

Pada 2013, Zhan bertemu dengan Wu Jihan, seorang penggemar aset kripto. Setelah berjam-jam diskusi dan penelitian, Zhan setuju untuk memulai Bitmain dengan Wu. 

Perusahaan dengan cepat tumbuh menjadi perusahaan chip komputer terbesar di dunia untuk penambangan Bitcoin, melaporkan pendapatan US $ 2,5 miliar pada tahun 2017.

Pada 2018, Zhan memiliki 36% dari saham Bitmain sedangkan rekannya, Jihan Wu memiliki 20% dari total keseluruhan aset Bitmain.

(DuniaFintech/ Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here