30.9 C
Jakarta
Rabu, 27 Oktober, 2021

Microsoft Imagine Cup 2020, Ajang Kompetisi untuk Mahasiswa Teknologi

DuniaFintech.com – Kabar kali ini datang untuk peminat teknologi, siapa sih peminat teknologi yang tidak tahu Microsoft Imagine Cup? Microsoft Imagine Cup merupakan ajang kompetisi tahunan para pelajar dalam membuat kode, berkolaborasi, dan bersaing dengan ide-ide baru untuk mengatasi beberapa tantangan terbesar dunia.

Pelajar dari seluruh dunia tentunya berbondong-bondong ikut serta dalam kompetisi bergengsi ini. Sebelas tim masuk ke babak Final Regional Asia tahun lalu dan menghasilkan beberapa solusi potensial yang luar biasa.

Diantaranya adalah runner-up tim Tulibot dari Indonesia dan tim Zest dari Singapura. Kami baru-baru ini bertanya kepada anggota dari kedua tim tentang pengalaman mereka dalam kompetisi dan motivasi mereka dalam mengembangkan solusi demi kebaikan.

Baca juga:

TIM TULIBOT: Menjembatani jurang komunikasi antara penyandang tunarungu dan masyarakat luas

Ketiga pelajar asal Indonesia ini mengembangkan sarung tangan pintar (smart gloves) dan kacamata pintar (smart glasses) yang mengubah gerakan tangan menjadi tulisan.

Sebagai mahasiswa teknologi, tim tulibot yakin dengan keterampilan yang mereka miliki. Di bidang teknologi sendiri mereka belajar bagaimana mendefinisikan pernyataan masalah dengan lebih akurat. Hal ini memberikan fokus yang lebih besar pada proses pengembangan, sehingga memungkinkan mereka untuk menciptakan solusi yang lebih ramah bagi pengguna untuk memenuhi kebutuhan para tunarungu. 

Salah satu anggota tim yaitu Muhammad Alan Nur mengatakan secara pribadi dirinya bersemangat menciptakan teknologi canggih, dan sekarang mengerjakan proyek untuk mengembangkan nanoteknologi yang dapat membantu meningkatkan kehidupan petani di Indonesia.

Alan sedang mengerjakan generator nanobubble untuk ditambahkan ke tangki air di kolam mereka untuk membantu meningkatkan kadar oksigen sehingga tanaman mereka dapat tumbuh dan berkembang lebih baik.

TIM ZEST: Membantu pasien menjalani fisioterapi

Fisioterapi membutuhkan konsistensi dan tekad. Untuk pulih sepenuhnya, pasien harus melakukan latihan sederhana namun berulang selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Tim Zest dari Singapura ingin membantu pasien tetap mengikuti program rehabilitasi mereka. Aplikasi seluler mereka, Dr. Rehab, menyediakan pengawasan fisioterapi secara realtime melalui penglihatan komputer, memungkinkan pasien menjalani sesi konsultasi virtual.

Daftarkan ide Anda menjadi solusi teknologi di Microsoft Imagine Cup 2021

Imagine Cup 2021 akan menjadi kompetisi serba digital dengan empat kategori kompetisi baru yaitu Bumi, Pendidikan, Kesehatan, dan Gaya Hidup. 

Temukan anggota tim Anda dan bangun solusi teknologi yang selaras untuk masalah sosial yang paling sesuai dengan minat Anda. Pendaftaran dibuka hingga akhir Januari dan semifinal online akan diadakan pada bulan Februari 2021. 40 tim teratas akan maju ke World Finals pada Maret 2021 dan memiliki kesempatan untuk membawa pulang hadiah sebesar USD 75.000 dan menerima sesi bimbingan dari CEO Microsoft, Satya Nadella.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

5 Langkah Mudah Melakukan Investasi bagi Anak Muda

Investasi menjadi salah satu bagian yang terpenting bagi anak muda yang melek dalam kondisi masa depan nanti. Sehingga banyak yang memulai untuk mempelajari apa...

5 Sektor Saham Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang

Sektor saham adalah hal penting untuk dipahami ketika memutuskan saham apa saja yang ingin dikoleksi untuk jangka panjang saat dihadapkan dengan ratusan saham untuk...

Apa Itu Premi, dan Tujuan Membayar Premi Asuransi

Mengapa premi tertera pada perjanjian asuransi? Dan apa yang dimaksud dengan premi asuransi? Berikut penjelasan pengertian premi asuransi. Setelah Anda mengetahui pengertian asuransi dan risiko,...

Ketahui Syarat dan Cara Mendapatkan Pinjaman UMKM agar Cepat Cair

Pinjaman UMKM cepat cair adalah solusi dalam berwirausaha yang seringkali terkendala pada modal awal untuk memulai usaha. Padahal, usaha tanpa modal sebenarnya sudah bisa...

Aplikasi GoTrade, Solusi Mudah Beli Saham Listing di Luar Negeri

GoTrade adalah sebuah merek dagang yang bernama TR8 Securities Inc., sebuah perusahaan berlisensi untuk menjalankan bisnis oleh lembaga pengatur dan pengawas dari Pemerintah Malaysia....
LANGUAGE