25.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Neviim Gelar Bootcamp Planet Pintar

duniafintech.com – Neviim yang dinaungi oleh PT Neviim Magen Teknologi ini menggelar Bootcamp Planet Pintar. yang diselenggarakan di Auditorium Gedung Prabu Siliwangi, Universitas Pakuan, Bogor pada hari Sabtu (12/5).

Neviim yang merupakan perusahaan konsultan IT berfokus pada konsultasi database dan middleware. Perusahaan yang memiliki slogan We Aim Impact ini percaya jika solusi terbaik tidak hanya dengan menyelesaikan masalah, tapi juga memberikan dampak pada banyak aspek. Hal ini merupakan salah bentuk dari visi Neviim yang ingin menjadi Deep Analytic Provider terbesar di Indonesia pada masa mendatang.

Untuk keterangan lebih lengkap mengenai PT Neviim Magen Teknologi, dapat langsung kunjungi website berikut : www.neviim.asia

Baca juga : FISHACKATHON; INSPIRASI PENEMUAN SOLUSI DIGITAL DUNIA PERIKANAN

Seperti yang sering dibicarakan belakangan ini, Indonesia memiliki rekam jejak digital yang terus bertambah secara eksponensial. Tidak hanya di bidang bisnis saja, tapi data science mulai menjadi kebutuhan utama untuk industri lain, seperti pemerintahan, kesehatan, industri keuangan, jasa dan lainnya.

Saat ini teknologi informasi dengan variasi bentuk data sudah menyasar semua kalangan termasuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Mereka dapat mengakses beragam data dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Hal ini memicu talenta data scientist untuk terus bermunculan.

Menurut data dari IBM dan Forbes, tahun 2020 diprediksi terdapat 2,72 juta lowongan pekerjaan di bidang data science and analytics, naik hampir empat kali lipat dari tahun 2017, yaitu sekitar 700,000 lowongan pekerjaan. Dan kondisinya di Indonesia saat ini, permintaan terhadap data scientist sangat tinggi, namun angkanya masih belum mencukupi.

Salah satu penyebanya adalah kurikulum yang digunakan perguruan tinggi di Indonesia sebagai pengantar ilmu data science dan data engineering pada umumnya masih bersifat textbook-oriented, belum mengarah ke best practice dari implementasinya di bidang industri, terutama terkait penggunaan tools. Dibutuhkan gebrakan yang dapat memberikan ruang kepada talenta data scientist untuk siap terjun ke dunia profesional.

Baca juga : Block Hedge – Mega Blockchain Mena Bahrain

Berangkat dari hal tersebut, PT Neviim Magen Teknologi sebagai perusaan konsultan IT melihat banyak peluang yang dapat diciptakan melalui data science dengan mendukung sebuah gerakan kolaboratif bernama Planet Pintar.

Gerakan ini bertujuan menyelesaikan permasalahan edukasi terkait data science di Indonesia guna menghasilkan para data scientist dan data engineer yang siap bersaing dan memberikan dampak signifikan pada taraf kualitas hidup masyarakat Indonesia. Planet Pintar sendiri berawal dari sebuah kanal edukasi digital berbasis kolaborasi sebagai salah satu katalis dalam perkembangan ekosistem data science di Indonesia yang digagas oleh Irfan Wahyudin, dosen Universitas Pakuan & Data Scientist di Neviim.

Sebagai sebuah gerakan, Planet Pintar menginisiasi bootcamp untuk data science, data engineering, application development, dan system engineering yang disertai dengan kurikulum bisnis yang kesemuanya didasari dengan pemikiran kritis dan penguatan karakter manusia.

Bootcamp ini diselenggarakan dengan tujuan mempersiapkan manusia pada industri IT di market 4.0 yang condong ke data analysis dan Artificial Intelligence (AI), dengan karakter, sifat, dan kompetensi yang relevan dan unggul. Dan hasil akhirnya diharapkan mereka akan bekerja sebagai data scientist, data engineer hingga membuat startup sendiri.

“PLANET PINTAR DIHARAPKAN MENJADI TEMPAT PERTAMA YANG DIINGAT OLEH ORANG-ORANG DI INDONESIA KETIKA MEREKA INGIN BELAJAR TIDAK HANYA TENTANG DATA SCIENCE, TETAPI JUGA CABANG-CABANG ARTIFICIAL INTELLIGENCE YANG LAIN SEPERTI COMPUTER VISION, NATURAL LANGUAGE PROCESSING, ROBOTICS DAN YANG LAIN. KONTEN YANG AKAN DIKEMBANGKAN DI SINI ANTARA LAIN BLOG, BERITA, DAN KURSUS DARING TERKAIT CABANG-CABANG AI. ACARA OFF-AIR JUGA KAMI HARAPKAN AKAN SECARA REGULAR DILAKUKAN DI PERGURUAN TINGGI DI SELURUH INDONESIA SEBAGAI SARANA UNTUK BERBAGI ILMU DARI PARA PAKAR. KAMI MENCOBA MENGAJAK ORANG-ORANG HEBAT DI BIDANG AI DI INDONESIA UNTUK BISA MEMBAGI ILMUNYA DI SINI, TUJUANNYA TIDAK LAIN ADALAH SEBAGAI KATALIS UNTUK PERCEPATAN MASYARAKAT DI INDONESIA BELAJAR TENTANG AI,” UJAR IRFAN WAHYUDIN, PENGGAGAS DARI PLANET PINTAR.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk membangun pola pikir dan fondasi awal sebagai seorang data scientist. Kemudian akan dipilih 20 peserta yang berkesempatan melaju ke tahap workshop untuk diberikan pembekalan khusus untuk menjadi data scientist yang kompeten.

Tidak hanya itu, para peserta yang telah menyelesaikan tahap workshop akan diberikan kesempatan terjun langsung ke industri data science dengan mengikuti program internship selama 3 bulan yang telah disediakan oleh Neviim dan Docotel demi memperdalam ilmu serta pengalaman menjadi seorang data scientist.

Sejumlah pembicara yang  terlibat dalam kegiatan Planet Pintar antara lain Muhamad Sahputra (CEO PT Mahapatih Sibernusa Teknologi), Yuniza Nur Aulia (HR Recruitment Docotel Teknologi) dan Irfan Wahyudin (Founder & CEO Planet Pintar).

“DATA SCIENCE MEMEGANG PERANAN KRUSIAL DALAM MEMBAWA BERBAGAI MACAM PROSES DI INDONESIA MENJADI LEBIH OBYEKTIF, EFEKTIF, TERUKUR, SAINTIFIK, DAN BAHKAN DAPAT MELAKUKAN GEBRAKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEBUAH PROSES, BAIK ITU UNTUK PROSES PADA BISNIS SEBUAH PERUSAHAAN HINGGA KEGIATAN YAYASAN NIRLABA. TUJUANNYA TIDAK LAIN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP MANUSIA YANG ADA DI INDONESIA,” TUTUR ANGKIN WINARTA, CTO PT NEVIIM MAGEN TEKNOLOGI.

Press Release

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan rawat jalan adalah salah satu manfaat yang diberikan oleh asuransi asuransi kesehatan secara umum. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan...

Minimum Pembayaran Akulaku per Transaksi, Segini Besarannya

JAKARTA, duniafintech.com – Minimum pembayaran Akulaku atau minimum payment di Akulaku ini tentunya sangat penting diketahui oleh para penggunanya. Seperti diketahui, meski terbilang baru, tetapi...

Cara Top Up OVO lewat Maybank, dari ATM sampai SMS Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Maybank berikut ini menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin isi ulang saldo OVO dengan cepat. OVO sendiri...

Memahami Apa Itu DeFi dan Keuntungannya Dalam Dunia Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Penting sekali bagi seorang trader kripto untuk memahami apa itu DeFi. Saat ini, hampir semua layanan keuangan menggunakan sistem teknologi terpusat.  Artinya,...

Cara Bayar Tiket Kereta Api Via Bank Mandiri, Cepat & Mudah!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tiket kereta api via Bank Mandiri berikut ini menjadi salah satu kemudahan yang harus ketahui sekarang juga. Bagi kamu yang...
LANGUAGE