33 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli, 2024

OJK Dukung Industri Fintech Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

DuniaFintech.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung industri jasa keuangan berbasis teknologi (fintech) untuk berinovasi dalam memajukan industri layanan finansial, salah satunya dengan berperan melakukan pemulihan ekonomi nasional.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida menyampaikan hal tersebut di sela-sela kegiatan Seminar Virtual Innovation Day 2020 bertemakan “Accelerating Economic Recovery Through Financial Technology Innovation” pada Senin (24/8) lalu.

Nurhaida mengatakan, salah satu cara dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional adalah mendukung peningkatan indeks literasi keuangan digital masyarakat Indonesia. Ada pun medium yang akan digunakan sebagai pendukung peningkatan literasi keuangan digital pun beragam, seperti ebook, video animasi hingga permainan interaktif.

“Seperti yang dialami seluruh dunia, terdapat ketergantungan yang besar pada financial technology dan inovasi untuk bertahan dari krisis saat ini dan mempercepat proses pemulihan ekonomi. Mengingat pentingnya inovasi keuangan digital, OJK merasa perlu memanfaatkan momentum tersebut,”

Baca juga:

Pemulihan Ekonomi Nasional Lewat Edukasi Keuangan Digital

Industri fintech dinilai Nurhaida berperan penting serta memiliki peluang di masa pandemi untuk mendorong inklusi keuangan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara. Menurutnya, teknologi yang terdapat pada fintech mampu mewujudkan hal tersebut.

Selain itu, OJK juga mempercepat adaptasi dan transformasi digital di sektor keuangan guna menjawab kebutuhan masyarakat akan produk dan jasa keuangan berbasis teknologi yang semakin tinggi.

Kebutuhan program pemerintah dalam membantu sektor UMKM dan sektor informal yang membutuhkan teknologi informasi serta membuka akses pembiayaan dan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat prasejahtera juga dapat terjawab melalui percepatan transformasi digital.

“Dengan tersedianya akses keuangan dan bantuan sosial yang tersalurkan dari pemerintah melalui teknologi, kami berharap dapat membantu para ultra mikro, UMKM dan sektor informal untuk dapat bertahan dari krisis dan bangkit kembali,” 

DuniaFintech/Fauzan

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU