26.5 C
Jakarta
Kamis, 18 Juli, 2024

Berniat Ajukan Pinjaman Online Tanpa Jaminan? Pahami Dulu Untung Ruginya

DuniaFintech.com – Saat sedang butuh dana mendesak, pinjaman online tanpa jaminan hadir sebagai penolong bagi masyarakat yang ada di kota-kota besar hingga kota kecil. Sesuai dengan namanya, pinjaman uang online merupakan jenis pinjaman yang dilakukan secara online, baik itu melalui situs website maupun aplikasi yang bisa di-download di PlayStore.

Tentunya, dengan pinjaman online ini Anda bisa meminjam uang dimana saja dan kapan saja serta tidak perlu mengunjungi kantor atau lembaga peminjaman.  Namun, setiap produk idealnya memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan pinjaman online ini.

Sekarang ini sudah banyak situs peer to peer lending yang menyediakan layanan pinjaman online tanpa jaminan. Cukup dengan memberikan foto KTP dan NPWP maka Anda bisa mengajukan dana pinjaman. Oleh sebab itu, Anda harus hati-hati bila hendak meminjam uang secara online.  Sebaiknya, Anda ketahui dulu untung dan rugi jika meminjam uang lewat online.

Keuntungan Pinjaman Online

  1. Proses lebih gampang dan cepat, asalkan semua syarat sudah lengkap, setidaknya dalam waktu tiga hari pinjaman sudah bisa berada dalam genggaman. Di situs penyedia pinjaman online, umumnya ada panduan cara mendapat pinjaman. Tinggal ikuti saja langkah-langkah itu agar proses lebih cepat.
  2. Banyak pilihan pinjaman online tanpa agunan. Tinggal dicari mana yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa bandingkan penawaran kredit satu pihak dengan yang lain. Jadi, dari pilihan yang banyak itu kita bisa ambil satu yang terbaik, yang bunganya paling kecil dan syaratnya paling gampang.
  3. Layanan pinjaman online terhitung lebih murah. Tidak keluar ongkos berlebih untuk pinjam dana online. Yang penting ada Internet, bisa langsung apply pinjaman online. Bahkan ketika lagi fakir data atau pulsa pun masih bisa mendapat dana pinjaman tersebut. Numpang Wi-Fi gratisan saja di taman kota, kampus, mal, atau kafe dekat rumah.
  4. Tidak akan persyaratan, bila datang langsung ke kantor pemberi pinjaman, mesti pulang dulu jika ada dokumen yang lupa disertakan. Jika pinjam dana online, tinggal cari barang yang dibutuhkan itu, lalu upload.

Baca Juga:

Kerugian Pinjaman Online

  1. Tekadang penentuan bunga bisa sangat tinggi. Platform pinjaman online tanpa jaminan bisa kena bunga setinggi langit. Maka dari itu hati-hati memilih platform pinjaman online. Pastikan perusahaan pinjaman online terdaftar di OJK. Masing-masing pihak punya pertimbangan sendiri dalam menetapkan bunga. Kita sebagai konsumen hanya perlu bijak dalam menentukan pilihan agar pinjaman gak terlalu membebani keuangan.
  2. Adanya potensi untuk data dicuri. Bila keliru pilih pihak penyedia pinjaman online, bisa-bisa data pribadi kita dicuri. Risiko ini terutama muncul jika pemberi pinjaman itu bukan dari bank, meski data nasabah bank juga rentan dicuri. Bukan hanya oleh individu internal, data juga bisa dicuri setelah situs si pemberi pinjaman diretas. Karena itu, mesti berhati-hati memilih pemberi pinjaman.
  3. Satu hal yang pasti, penyedia pinjaman dana online itu harus terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Itulah salah satu bukti kredibilitas pemberi pinjaman. Bila kita mencari lembaga jasa keuangan lain yang punya nama besar, jelas sudah pasti terdaftar. Yang berisiko adalah mencari pinjaman di lembaga yang belum begitu punya nama.

Berkat majunya teknologi, pinjam uang pun kini bisa dilakukan secara online. Tinggal kita selaku konsumen yang mesti menyesuaikan diri dengan zaman. Mau seberapa gampang dan menggiurkannya pinjaman online tanpa jaminan, tetap harus waspada. Jangan sampai terjebak tawaran-tawaran yang diajukan penyedia pinjaman abal-abal. Untuk melihat daftar perusahaan pinjaman online yang resmi terdaftar dan berizin di OJK bisa klik disini.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU