30.9 C
Jakarta
Rabu, 27 Oktober, 2021

Pekerjaan Ini Justru Banyak Dicari Saat Pandemi, Apa Saja? Simak di Sini

Duniafintech.com – Ada banyak pekerjaan yang mendapatkan efek buruk selama pandemi virus corona baru. Namun, ada beberapa pekerjaan justru banyak dicari saat pandemi.  Sudah menjadi rahasia umum jika pandemi virus corona banyak berpengaruh di berbagai sektor. Tidak sedikit industri yang terpaksa merumahkan hingga mem-PHK karyawannya.

Kementerian PPN/Bappenas sendiri mencatat adanya potensi meningkatnya jumlah pengangguran hingga 12,7 juta orang di tahun 2021. Sejalan dengan itu, salah satu situs pencarian kerja, Jobstreet mencatat adanya peningkatan jumlah pencari kerja selama pandemi. Bahkan, dari data Jobstreet menunjukkan, rata-rata 1 posisi lowongan pekerjaan kini dilamar oleh 800 orang, dari rata-rata sebelumnya hanya 400 orang.

Namun, Jobstreet juga mencatat ada 10 jenis pekerjaan justru banyak dicari saat pandemi. Sehingga, jobseekers masih punya peluang untuk melamar kerja. Jenis pekerjaan tersebut adalah, Sales/customer service 27%, Admin & HR 27%, Accounting 23%, Engineering 21%, IT 20%, Marketing/PR 18%, Manufacturing 15%, Management 15%, Transportation & Logistics 12%, dan Banking & Finance 10%.

Dari perusahaan-perusahaan yang mencari 10 jenis perusahaan tersebut, Jobstreet mencatat 32% di antaranya memprioritaskan korban PHK, sementara sisanya tetap mengutamakan pemenuhan kriteria.

Baca Juga:

Badan Pusat Statistik (BPS) juga melaporkan terjadi jumlah penurunan iklan di situs populer pencarian kerja Jobs.id hingga 75%. Akibatnya, lulusan jalur pandemi memiliki waktu menganggur lebih lama dan harus bersaing lebih ketat demi mendapatkan pekerjaan.

Menurut Head of People and Office Operation Niagahoster, Rheinjani Dora menyampaikan bahwa penggunaan mesin pencari dan media sosial yang makin umum menuntut kita memahami cara kerja mesin tersebut. Kemampuan mengerti algoritma dan data dari produk-produk digital ini menjadi sangat “mahal” dan dicari oleh banyak perusahaan dan instansi.

Pekerjaan seperti social media specialist, data analyst, data engineer, UI specialist, digital marketing, dan lainnya sangat membutuhkan keahlian membaca data. Jenis pekerjaan justru banyak dicari saat pandemi dan juga diprediksi akan sangat banyak diperlukan di masa depan.

Dragon Search Marketing mengatakan, 61% konsumen dipengaruhi oleh konten yang diproduksi oleh perusahaan atau brand. Menulis konten merupakan salah satu jenis keterampilan menulis yang diperlukan dalam marketing digital saat ini. Selain menulis konten untuk keperluan blog dan media sosial, sekarang dikenal istilah UX writer, yaitu penulis untuk produk digital aplikasi maupun website.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

5 Langkah Mudah Melakukan Investasi bagi Anak Muda

Investasi menjadi salah satu bagian yang terpenting bagi anak muda yang melek dalam kondisi masa depan nanti. Sehingga banyak yang memulai untuk mempelajari apa...

5 Sektor Saham Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang

Sektor saham adalah hal penting untuk dipahami ketika memutuskan saham apa saja yang ingin dikoleksi untuk jangka panjang saat dihadapkan dengan ratusan saham untuk...

Apa Itu Premi, dan Tujuan Membayar Premi Asuransi

Mengapa premi tertera pada perjanjian asuransi? Dan apa yang dimaksud dengan premi asuransi? Berikut penjelasan pengertian premi asuransi. Setelah Anda mengetahui pengertian asuransi dan risiko,...

Ketahui Syarat dan Cara Mendapatkan Pinjaman UMKM agar Cepat Cair

Pinjaman UMKM cepat cair adalah solusi dalam berwirausaha yang seringkali terkendala pada modal awal untuk memulai usaha. Padahal, usaha tanpa modal sebenarnya sudah bisa...

Aplikasi GoTrade, Solusi Mudah Beli Saham Listing di Luar Negeri

GoTrade adalah sebuah merek dagang yang bernama TR8 Securities Inc., sebuah perusahaan berlisensi untuk menjalankan bisnis oleh lembaga pengatur dan pengawas dari Pemerintah Malaysia....
LANGUAGE