28.9 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Peluang dan Keuntungan Bisnis Properti, Dijamin Menggiurkan

JAKARTA, duniafintech.com – Peluang dan keuntungan bisnis properti di era sekarang terbilang sangat menggiurkan. Hal ini karena harga properti setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Tentunya hal ini terjadi akibat pengaruh teknologi yang canggih dan kebutuhan yang semakin tinggi.

Tidak heran jika banyak orang yang mulai mencoba untuk bisnis properti. Namun, masih banyak juga yang belum tahu lebih lengkap mengenai bisnis tersebut. Apakah Anda salah satunya?

Apa Itu Bisnis Properti?

Bisnis properti adalah bisnis atau kegiatan jual beli tanah, bangunan, atau kegiatan sewa properti. Hal yang masuk ke dalam properti dan bisa Anda jadikan sebagai bisnis adalah vila, apartemen, perumahan, ruko, rumah susun, dan lainnya. Bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal atau pun dengan modal yang minim.

Baca jugaPerlu Dicoba, Ini 5 Keuntungan Bisnis Properti yang Jarang Diketahui

 

Peluang dan keuntungan bisnis properti

Peluang dan Keuntungan Bisnis Properti yang Dinilai Sangat Menggiurkan

Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis properti, tidak ada salahnya untuk mengetahui peluang dari bisnis ini, bukan? Ada beberapa peran atau profesi yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat. Berikut beberapa peluang bisnisnya.

1. Agen Properti

Salah satu contoh usaha properti yang bisa Anda coba adalah menjadi seorang agen properti. Agen properti sering kali dikenal dengan sebutan broker atau marketing. Profesi ini menjadi perantara antara pihak penjual dengan pihak pembeli.

Secara umum, agen properti terbagi menjadi dua jenis, yakni agen properti perusahaan dan agen properti independen. Agen properti perusahaan biasanya mempunyai hukum yang jelas dan lebih dipercaya oleh pembeli. Namun, agen properti perusahaan biasanya akan dikenakan target penjualan. Belum lagi jika keuntungannya dibagi dengan perusahaan.

Baca jugaBegini Cara Menjalankan Bisnis Properti Tanpa Modal

Sementara agen properti independen bisa mendapatkan keseluruhan keuntungan penjualan. Selain itu, menjadi agen ini, waktu kerja Anda akan lebih fleksibel. Namun, kekurangannya Anda tidak mempunyai jaminan dan sering kurang dipercaya.

2. Developer

Apakah Anda sudah tahu istilah developer ini? Developer juga bisa ditemukan dalam bisnis properti. Salah satu contoh yang membuktikan Anda seorang developer adalah ketika Anda mempunyai lahan dan ingin membangun rumah, kemudian dijual.

Salah satu peluang bisnis properti ini memang membutuhkan biaya besar. Terlebih jika Anda belum mempunyai lahan sama sekali. Namun, keuntungan yang didapatkan sangat besar, lho. Tidak jarang orang berusaha untuk membuat cluster skala kecil agar pengeluarannya tidak terlalu besar.

Selain itu, ada hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin menjadi seorang developer. Pastikan lahan yang Anda bangun rumahnya berada di lokasi yang strategis. Selain itu, Anda juga harus memahami tentang legalitas dan mengecek sertifikat.

3. Homestay

Peluang bisnis properti yang bisa Anda coba dengan modal minim adalah homestay atau penyewaan kamar. Jika rumah Anda mempunyai kamar kosong dan tidak dipakai, ada baiknya untuk menjadikannya sebagai bisnis. Apalagi jika rumah dan wilayah Anda berada dekat dengan destinasi wisata.

Memulai bisnis ini tentunya ada hal yang harus diperhitungkan dan diperhatikan. Salah satunya adalah jika terjadi kerusakan fasilitas, kehilangan furnitur dalam rumah, sampai membengkaknya tagihan listrik. Meski begitu, bisnis ini bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Menjadi Perantara Penjualan

Apakah Anda sedang mencari usaha properti dengan modal yang sangat minim? Jika iya, profesi ini bisa Anda coba lakoni. Anda hanya membutuhkan pulsa dan kuota internet saja. Profesi ini adalah usaha perorangan yang tugasnya menjadi penghubung atau perantara penjual dengan pembeli.

Biasanya, seorang perantara konvensional akan mencarikan target yang minat dengan bisnis properti. Anda bisa mendapatkan keuntungan bagi hasil sekitar 2,5% dari harga properti. Wah, cukup menggiurkan, bukan?

5. Investor Properti

Seseorang yang menjadi investor properti biasanya akan membeli sejumlah properti yang kemudian dijual atau disewakan untuk mendapat keuntungan. Mengingat harga properti yang terus mengalami kenaikan, tentu saja peluang bisnis ini wajib Anda pertimbangkan.

Kesimpulan

Apa pun profesi yang Anda pilih untuk bisnis properti, ada baiknya untuk memperhatikan kelebihan serta kekurangannya bagi Anda. Dengan begitu, Anda juga bisa tahu profesi mana yang sekiranya cocok dan mudah untuk dilakukan.

Setelah melihat dan memilih keuntungan bisnis properti di atas, ada baiknya untuk mempromosikan diri di media sosial. Alhasil, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan mudah dari bisnis tersebut.

Baca jugaPenjualan Properti Digital di Dunia Metaverse Sentuh Rp7,19 Triliun

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE