25.1 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Pemprov DKI Jakarta Gandeng Fintech Salurkan Dana ke UMKM

DuniaFintech.com – Pandemi COVID-19 menghantam berbagai sektor perekonomian, terutama di sektor mikro. Laporan yang dihimpun oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dinyatakan bahwa hampir 50% UMKM di Indonesia terancam gulung tikar akibat pandemi ini.

Menanggapi hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta melihat cara alternatif dengan menggandeng fintech sebagai upaya dalam menanggulanginya. PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) resmi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar. Hal tersebut menjadi upaya dari kedua belah pihak melalui pembukaan akses pendanaan ke pelaku usaha mikro.

KoinWorks menjadi salah satu penyelenggara fintech yang dipercaya Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan pendanaan kepada 13.000 unit UMKM yang tersebar di Ibu Kota. Benedicto Haryono selaku CEO & Co-Founder KoinWorks menyampaikan apresiasi atas program ini.

“Kami merasa bangga menjadi satu dari dua pelaku fintech awal untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui program Kolaborasi Sosial Berskala Besar,”

“Kerjasama ini menjadi salah satu bentuk perwujudan dari komitmen Kami dalam mendampingi UKM Indonesia untuk bertransformasi menjadi UKM Digital guna menjawab perubahan perilaku masyarakat akibat pandemi melalui penyediaan alternatif pembiayaan,”

Baca juga:

Kolaborasi Sosial Pemprov DKI Jakarta dan Fintech

Dalam kesepakatan ini, hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai penanda tangan kerja sama yang mewakili Pemprov DKI Jakarta. KoinWorks bertindak sebagai penyelenggara fintech dan penyalur dana yang mempertemukan kolaborator dengan para pelaku UKM penerima pinjaman modal usaha yang berada dalam naungan binaan Dinas Pemprov DKI Jakarta.

Ada pun yang dimaksud kolaborator merujuk pada individu, kelompok, badan hukum dan/atau badan usaha yang menyalurkan pembiayaan produktif melalui program KSBB ini. Seluruh ketentuan penyaluran pembiayaan yang dilakukan untuk program KSBB ini telah disesuaikan dengan ketentuan dari pihak Pemprov DKI Jakarta dan sistem penyaluran pinjaman yang sudah KoinWorks terapkan sebelumnya.

“Lewat kerjasama ini, kami berharap dapat berkontribusi lebih dalam membangkitkan kembali perekonomian Indonesia melalui para pelaku UKM dan menjadikan akses finansial di Indonesia semakin inklusif. Selain itu, lewat pemanfaatan teknologi finansial diharapkan penyaluran pembiayaan UKM dapat lebih cepat, efisien dan tepat sasaran,”

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

5 Fungsi Manajemen Keuangan dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Salah satu fungsi manajemen keuangan adalah bagaimana mengelola keuangan dari satu perusahaan dengan baik dan benar tentunya. Dari fungsi tersebut, usaha yang sedang dijalankan...

Gandeng Fintech Batumbu, CIMB Niaga Salurkan Rp50 Miliar Bagi UMKM

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan perusahaan financial technology (fintech) pembiayaan berbasis aplikasi atau fintech lending PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu). Head...

Ini Alasan Maudy Ayunda Jadi Salah Satu Investor Startup Segari

Satu tahun beroperasi di Indonesia, Segari, startup grocery commerce terus catat pertumbuhan bisnis yang signifikan. Segari baru saja menyelesaikan pendanaan Seri A dari para...

Anuitas: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Kerja

Anuitas adalah metode penghitungan bunga pinjaman dalam rangka memudahkan nasabah membayar angsuran setiap periodenya. Biasanya, sistem yang diterapkan adalah bunga mengambang atau efektif (floating...

Belum Punya Asuransi Kartu Kredit? Simak Pertimbangannya di Sini

Asuransi kartu kredit adalah produk perlindungan finansial yang diberikan oleh penerbit kartu kredit (CC atau credit card) kepada nasabah mereka. Proteksinya meliputi pembebasan tagihan...
LANGUAGE