Perusahaan Austria Luncurkan Alat Verifikasi Dokumen Fisik Lewat Blockchain

0
174
Verifikasi Dokumen Fisik Lewat Blockchain
Ilustrasi

DuniaFintech.com – Pemalsuan dokumen bukanlah hal baru di dunia ini. Anda bahkan bisa menemukannya dengan mudah di sekitar kita. Ada banyak langkah yang dilakukan oleh pihak terkait untuk memerangi penyalahgunaan dokumen palsu ini. Salah satunya adalah dengan proses verifikasi dokumen fisik lewat blockchain.

COLOP, sebuah perusahaan produsen perangko dan perangkat penandaan yang berbasis di Austria mengembangkan solusi untuk memverifikasi dan mengautentikasi dokumen digital dan fisik dengan menggunakan teknologi Blockchain. Alat tersebut dinamakan e-mark Secure.

Memastikan Keaslian Dokumen

Saat Anda berkunjung ke klinik, Anda mungkin akan menemukan lembar sertifikat yang menunjukkan kualifikasi mereka ditempelkan di dinding. Gunanya adalah untuk meyakinkan pasien bahwa mereka memang kompeten. Tapi, bagaimana Anda tahu kalau sertifikat itu asli? Kekhawatiran ini bukan sekadar rasa paranoid semata. Tapi memang sudah banyak kasus di mana pasien tertipu dengan kualifikasi palsu sang dokter.

Dengan COLOP, verifikasi dokumen fisik lewat blockchain ini akan disertai dengane kode QR sehingga Anda dapat memeriksa apakah dikeluarkan oleh badan profesional seperti yang diklaim. Mirip seperti perangko kuno yang digunakan oleh notaris, Anda bisa mengecek keaslian dokumen dengan menggunakan perangkat seukuran tangan. Cukup scan dan Anda bisa memverifikasi kebenaran datanya.

Solusi yang ditawarkan oleh COLOP berbeda dengan perusahaan Blockchain lain karena tujuannya tidak hanya untuk memverifikasi dokumen digital tapi juga dokumen fisik. Selama ini, Anda memerlukan cara berbeda untuk memastikan keaslian dokumen. Dokumen fisik biasanya disertai dengan hologram sementara dokumen digital diberi watermark. Tapi belum ada cara verifikasi yang bisa digunakan untuk keduanya.

Baca Juga:

Dibuat untuk Otentikasi dan Verifikasi

Proses penggunaan COLOP e-mark memiliki dua aspek. Yang pertama adalah mengotentikasi dokumen dengan stempel digital. Dan yang lainnya adalah bagi pengguna untuk verifikasi dokumen fisik lewat blockchain apakah dokumen tersebut asli atau palsu.

Untuk memverifikasi dokumen, Anda cukup memindai kode QR dengan perangkat seluler dan aplikasi pembaca kode QR standar, yang akan mengarahkan mereka untuk menginstal aplikasi verifikasi COLOP. Dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat menemukan informasi seperti di mana dan kapan tanda elektronik dibuat, informasi kontak pengautentikasi, salinan pindaian dokumen asli, dan detail lainnya.

Informasi mengenai dokumen dan autentikasinya adalah data yang dienkripsi dalam kode QR dan hanya penerima catatan yang memiliki akses ke sana. Data terenkripsi dari setiap dokumen yang diautentikasi menjadi transaksi di Blockchain. Oleh karena itu, tidak akan pernah bisa dihapus atau diedit sehingga mencegah penyalahguaan seperti pemalsuan dan penipuan dengan menggunakan dokumen yang palsu.

(DuniaFintech/DitaSafitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here