26.1 C
Jakarta
Senin, 26 Juli, 2021

Perhatikan Hal ini Sebelum Memutuskan Ambil Pinjaman Tanpa Agunan

DuniaFintech.com – Pinjaman Tanpa Agunan menjadi primadona masyarakat untuk mendapatkan dana segar dalam waktu cepat. Fasilitas pinjaman ini tidak perlu menyertakan jaminan seperti layaknya Anda meminjam di Kredit Multiguna (KMG). Meski pengajuannya tidak membutuhkan jaminan atau agunan berupa aset, tapi Anda tetap harus membayar cicilan kredit hingga lunas. Apabila menunggak, Anda harus siap kehilangan harta benda atau aset berharga untuk melunasi hutang.

Jika dilihat lebih jeli, pinjaman tanpa agunan ini sifatnya menjebak. Jadi ada baiknya Anda betul-betul membaca dan memahami isi kontrak perjanjian ketika mengajukan pinjaman. Penting juga diketahui, untuk menghindari utang bila tidak butuh dana mendesak, seperti biaya pendidikan anak, berobat ke rumah sakit, atau kebutuhan krusial lainnya. Namun jika Anda sedang membutuhkan pinjaman dan ingin mengajukannya, sebaiknya Anda perhatikan dahulu hal berikut ini sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan.

1. Suku Bunga Lebih Tinggi

Pinjaman tanpa menjaminkan aset memilki resiko untuk bank atau lembaga pembiayaan yang memberikan pinjaman kepada Anda. Hal inilah yang membuat pihak pemberi pinjaman biasanya memberikan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan pinjaman dengan agunan.

2. Skor Kredit Menjadi Pertimbangan penting

Pihak pemberi pinjaman biasanya akan menilai kelayakan kredit dengan mempertimbangkan skor kredit yang Anda miliki. Itulah mengapa biasanya pihak perbankan mewajibkan Anda melampirkan kartu kredit saat akan mengajukan pinjaman pribadi. Hal ini berguna untuk menilai kemampuan Anda dalam membayar kewajiban yang dibebankan.

Baca Juga:

3. Jangan Hanya Mencari Pinjaman Perbankan Saja

Layanan pinjaman tanpa agunan tidak hanya disediakan oleh perbankan saja, sebab ada berbagai pilihan yang bisa menjadi alternatif. Terlebih lagi jika Anda ingin mencari pinjaman untuk modal usaha atau pinjaman pendidikan. Fintech P2P Lending adalah salah satu platform pinjaman tanpa jaminan yang bisa dimanfaatkan. Suku bunga pinjaman juga sangat ringan yaitu mulai dari 0,75% per bulan saja.

4. Bisa Jadi Penyelamat saat Membutuhkan Uang Tunai

Keadaan darurat dan mendesak seperti tagihan medis atau yang lainnya bisa terpenuhi dengan adanya pinjaman tanpa agunan.

5. Menemukan Jenis Pinjaman yang Berbeda

Anda bisa mencari opsi pinjaman alternatif yang jauh lebih menguntungkan. Jangan hanya berfokus pada satu jenis pinjaman saja, teruslah mencari berbagai alternatif pilihan yang lebih menguntungkan.

6. Waspada dengan Biaya Tambahan

Pihak pemberi pinjaman biasanya tidak hanya membebankan biaya bunga saja kepada Anda. Oleh karena itu, Anda harus lebih waspada dan mencari tahu apa saja biaya tambahan yang ada di dalam pinjaman tersebut.

7. Jangan Ambil Pinjaman untuk Menutupi Hutang Anda

Kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang adalah mereka sering mengambil pinjaman pribadi hanya untuk menutupi hutang yang lain. Anda tidak akan pernah bisa keluar dari jeratan hutang, jika menggunakan metode sepeti ini. Jika memungkinkan sebaiknya Anda menghindari hutang, terlebih lagi jika Anda berhutang untuk tujuan konsumtif.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Qoala Insurtech Ungkap Strategi Digital Marketing Tahun 2021

DuniaFintech.com - Pandemi Covid-19 memberikan banyak perubahan di berbagai aspek bisnis, termasuk gaya pemasaran di setiap industri. Namun, pandemi justru memberi peluang bagi perusahaan...

Fintech Santara, Investasi di Bisnis UMKM dengan Sistem Equity Crowdfunding

DuniaFintech.com - Fintech Santara merupakan platform equity crowdfunding yang berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Equity crowdfunding itu sendiri adalah istilah untuk layanan urun...

Jenis-jenis Produk Pinjaman Bank Syariah Indonesia

Sebagaimana bank-bank lainnya, Bank Syariah Indonesia atau BSI juga memiliki produk pinjaman bagi nasabahnya. Apa saja jenis pinjaman bank syariah? Perlu diketahui, Bank Syariah...

PasarPolis, Perusahaan Asuransi dengan User Experience Terbaik

PasarPolis merupakan perusahaan asuransi yang telah hadir sejak tahun 2015 untuk merevolusi industri asuransi yang selama ini cenderung sulit. Dengan memanfaatkan teknologi terbaru, PasarPolis...

Bareksa, Marketplace Investasi Digital Pertama di Indonesia

Bareksa merupakan marketplace investasi reksadana digital terintegrasi pertama di Indonesia. Startup financial technology (fintech) ini milik PT Bareksa Portal Investasi yang berdiri pada 17...
LANGUAGE