34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Makin Dilirik, Sandiaga Uno Ajak Jelajahi Keindahan Indonesia Lewat Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com – Teknologi Metaverse kini semakin dilirik, Sandiaga Uno mengajak untuk menjelajahi keindahan Indonesia melalui Metaverse. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf ini mengajak masyarakat untuk bisa menjelajahi keindahan alam lewat Metaverse, seperti Wonderverse Indonesia yang merupakan Metaverse buatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

“Wonderverse Indonesia memungkinkan kita menjelajah keindahan Indonesia melalui hasil kolaborasi teknologi, budaya, keindahan alam, dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga, dikutip Selasa (16/8/2022). 

Kemajuan teknologi digital mendorong semakin populer pemanfaatan metaverse di Indonesia dan perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara hingga pemerintah telah memanfaatkan metaverse untuk berbagai keperluan secara signifikan.

Baca juga: Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

Sandiaga Uno mengatakan sejumlah bank telah membuat metaverse untuk menjalankan bisnis, termasuk pembuatan kantor bank virtual. 

Selain itu, PT Telkom Indonesia (Telkom) tertarik masuk dalam dunia metaverse dengan membuat mal virtual yang diberi nama Metanesia.

Baca jugaTrader Pemula Wajib Catat! 10 Istilah dalam Dunia Kripto Ini Penting

Pemerintah juga mengikuti perkembangan teknologi virtual ini dengan membuat desain ibu kota negara baru versi metaverse, sehingga masyarakat bisa merasakan terlebih dahulu situasi ibu kota negara baru lewat metaverse.

Ia menuturkan ekonomi digital menjadi kekuatan baru bagi perekonomian Indonesia. Saat ini, Indonesia telah menempati peringkat pertama dalam pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara.

Nilai perekonomian berbasis internet di Indonesia telah mencapai 70 miliar dolar Amerika Serikat dan diestimasikan nilai tersebut akan terus meningkat hingga 146 miliar dolar AS pada 2025.

“Sementara itu, nilai investasi digital di Indonesia mencapai 38,7 persen dari total investasi digital di Asia Tenggara,” ujar Sandiaga.

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah mengatakan kehidupan manusia saat ini semakin banyak menggunakan teknologi digital sedangkan ITB terus belajar untuk menerapkan metaverse di dunia pendidikan.   

“Teknologi berkembang, teknologi digital dibangun sehingga kehadiran metaverse tidak mengagetkan,” kata dia.

Baca jugaAsyik dan Seru! Inilah Aplikasi Untuk Main Metaverse

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Isi Saldo DANA via ATM BCA hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi saldo DANA via ATM BCA ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna layanan keuangan tersebut. Seperti diketahui bersama, dompet digital...

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...
LANGUAGE