29.9 C
Jakarta
Selasa, 29 November, 2022

Saran dari Fintech Pendidikan untuk Anak Belajar di Rumah

duniafintech.com – Belajar di rumah merupakan instruksi yang diperintahkan oleh otoritas selama masa pandemi COVID-19 di Indonesia. Namun tidak sedikit tantangan yang dihadapi orang tua dalam mengoptimalkan proses pembelajaran di rumah.

Najeela Shihab selaku individu yang memiliki fokus pada pendidikan mengatakan, mendidik anak di rumah merupakan tantangan dan juga kesempatan untuk memahami perbedaan perilaku belajar anak di sekolah dan di rumah. Hal ini ia sampaikan pada seminar daring layanan keuangan elektronik (fintech) yang berfokus di pendidikan, Pintek pada Kamis (16/04/20).

“Belajar di rumah menumbuhkan interaksi orang tua dan anak. Bukan berarti memindahkan seratus persen kegiatan sekolah ke rumah. Bukan hanya mendengar ceramah panjang dari orang tua,”

Situasi berubah karena pandemi. Beberapa perubahan menghampiri orang tua yang terbiasa menyerahkan anaknya ke sekolah. Beberapa hal yang berubah di situasi saat ini juga mencakup emosi dan tantangan orang tua yang harus mengadaptasi kemajuan teknologi.

“Orang tua yang terbiasa membatasi penggunaan gawai oleh anak, harus mulai memahami seluruh aktivitas belajar kini telah menggunakan gawai. Manajemen emosi menjadi hal yang perlu diperhatikan,”

Baca juga:

Kiat-kiat Belajar di Rumah

Belajar di rumah menjadi refleksi untuk orang tua dalam memahami kebutuhan emosional dan sosial anak. Situasi saat ini harus dijadikan kesempatan untuk orang tua dalam memenuhi kebutuhan kedua hal tersebut. Najeela mengingatkan pentingnya dukungan lingkungan sebagai faktor utama efektivitas anak dalam belajar.

“Ada yang butuh ruang sepi untuk belajar. Ada yang ingin belajar sama kakak dan adiknya. Ada yang perlu musik untuk belajar. Variasinya bermacam-macam, sesuai dengan kebutuhan suasana hati anak. Orang tua harus menemukan metode yang tepat,”

Pemahaman tentang tujuan dari belajar jarang ditemukan meski dalam sekolah. Hal ini membuat anak tidak menemukan relevansi antara pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Najeela melihat hal ini sebagai kesempatan untuk orang tua bersikap pro-aktif.

Kemandirian anak juga menjadi tantangan untuk memenuhi faktor belajar dari rumah. Hal ini meliputi pengerjaan tugas anak dan bagaimana sang anak bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya. Bagi Najeela, komunikasi dua arah menjadi kunci utama efektivitas pembelajaran anak di rumah.

“Situasi saat ini menjadi kesempatan orang tua untuk menumbuhkan kemandirian. Timbal balik menjadi hal yang berharga untuk proses Pendidikan di rumah. Jangan hanya terpaku pada instruksi dan mekanisme satu arah. Perlu ada refleksi, revisi dan komunikasi dua arah, sehingga menjadi pengalaman yang menyiapkan anak untuk Kembali ke sekolah usai pandemi,”

DuniaFintech/FauzanPerdana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

BI Fast Tambah 29 Bank Peserta, Biaya Transaksi Hanya Rp2.500

JAKARTA, duniafintech.com – BI Fast akan kian meluas. Hal itu sejalan dengan kian bertambahnya jumlah peserta pada layanan keuangan ini. Adapun pada Senin (28/11), Bank...

Asuransi Mobil Terbaik 2022, Simak Rekomendasinya Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi mobil terbaik menjadi salah satu bentuk perlindungan penting bagi kendaraan roda empat milik kamu. Hal itu karena aset ini punya nilai...

Investasi Kripto Terpercaya di Aplikasi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Investasi kripto terpercaya dan aplikasinya tentu penting untuk diketahui jika ingin terjun ke investasi ini. Aset crypto sendiri dalam beberapa waktu terakhir...

Berita Fintech Indonesia: 6 Pinjol Legal Bunga Rendah Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru kali ini akan mengulas tentang pinjaman online bunga rendah terbaik saat ini. Pinjol dengan bunga rendah memang masih...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Simak Kurs Selengkapnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.673 di perdagangan pasar spot Jumat (25/11). Rupiah melemah 0,05% dibanding...
LANGUAGE