Sehari Langsung Cair Jika Penuhi Persyaratan KTA dengan Benar, Begini Caranya

0
2051
Penuhi Persyaratan KTA dengan Benar
Ilustrasi

Duniafintech.com – Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah sebuah fasilitas pinjaman yang disediakan oleh bank. Jenis KTA ini bisa digunakan untuk pinjaman namun tidak perlu menjaminkan aset apapun. Pengajuan KTA sebenarnya relatif mudah. KTA terkenal mematok syarat yang tidak rumit. Prosesnya pun tak berbelit-belit. Tapi tidak semua pengajuan KTA bakal disetujui. Ada beberapa langkah penuhi persyaratan KTA dengan benar agar pengajuan langsung disetujui.

Plafon pinjaman yang ditawarkan cukup bervariatif antara bank yang satu dengan bank yang lain, namun kisaran antara 5 juta sampai dengan 250 juta rupiah. Dengan kisaran bunga yang juga kompetitif yaitu antara 1 sampai dengan 1,5 % flat per tahun. Produk KTA atau PL biasanya dikeluarkan oleh bank asing seperti Bank Standard Charter, Bank DBS, Bank ANZ, Bank HSBC, Citibank, China Trust, dan bank asing lainnya. Untuk itu, begini cara penuhi persyaratan KTA dengan benar.

Berusia Dewasa

Pengajuan KTA akan segera diproses jika usia yang mengajukan sesuai dengan ketentuan. Dengan usia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun (saat pinjaman lunas)

Penuhi standar penghasilan

Setiap bank memiliki kebijakan sendiri-sendiri terkait standar pendapatan minimum yang harus dipenuhi. Jumlah ini biasanya bervariasi tergantung pada upah minimum provinsi yang berlaku di daerah tersebut. Pastikan jumlah pendapatan Anda penuhi persyaratan KTA dengan benar sesuai aturan bank.

Baca Juga:

Melengkapi Dokumen yang Diminta

Pengajuan KTA membutuhkan dokumen identitas diri, seperti KTP dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). KTP mutlah harus ada, namun dibeberapa lembaga, persyaratan NPWP tidak perlu atau bisa dinegosiasikan. Peluang pengajuan pinjaman KTA tembus lebih besar buat pemilik NPWP.

Sertakan nomor kartu kredit

Saat Anda akan mengajukan pinjaman KTA, sering kali proses pengajuan tersebut akan lebih mudah jika Anda telah memiliki dan menggunakan kartu kredit.  Sebab bank akan lebih mudah bisa melihat dan mempertimbangkan riwayat kredit dan aktivitas perbankan Anda melalui kartu kredit yang Anda miliki dengan sistem BI Checking.

Domisili sesuai

Lembaga pemberi KTA, khususnya bank, biasanya menerapkan syarat domisili untuk pengajuan KTA. Jadi jika di luar ketentuan domisili, sebaiknya tak usah repot-repot mengajukan KTA. Syarat ini diperlukan jika terjadi kredit macet dan bank harus mendatangi alamat penerima KTA. Jika domisili sesuai, bank akan lebih mudah menangani masalah tersebut.

Pada dasarnya semua jenis pinjaman memiliki persyaratan yang harus dipenuhi, tak terkecuali Kredit Tanpa Agunan. Yang terpenting adalah pastikan Anda sanggup membayar cicilan per bulannya. Jangan mengambil jumlah pinjaman yang terlalu besar dan di luar kemampuan bayar Anda.  Karena hal ini akan sangat berisiko membuat Anda mengalami kredit macet.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here