Ini 5 Sosok yang Pernah Diduga Sebagai Penemu Bitcoin

0
312
penemu bitcoin

DuniaFintech.com – Siapa sebenarnya penemu Bitcoin ? Dua belas tahun yang lalu, tepatnya tanggal 31 Oktober tahun 2008, seseorang yang menyebut dirinya sebagai Satoshi Nakamoto mengeluarkan white paper yang berisi tentang pengembangan Bitcoin.

Dikenal sebagai pencipta Bitcoin, Nakamoto juga menjadi orang pertama yang mengembangkan sistem buku besar terdistribusi yang kita kenal dengan Blockchain. Lewat teknologi ini, Nakamoto berhasil memecahkan salah satu masalah dalam komputasi yang disebut Byzantine Fault.

Satu-satunya hal menarik tentang Bitcoin bukan hanya bagaimana mata uang virtual ini berhasil mendunia, tapi juga tentang siapa sosok Satoshi Nakamoto yang sebenarnya.

Selama bertahun-tahun, ada banyak nama yang muncul ke permukaan. Ada yang dicurigai dan ada pula yang secara terbuka mengakui bahwa dirinya adalah Satoshi Nakamoto. Siapa saja mereka yang diduga sebagai penemu Bitcoin ?

  1. Hal Finney

Ada banyak artikel terkait Bitcoin yang mencoba mengungkap kemungkinan bahwa Hal Finney adalah Nakamoto. Finney bisa dibilang sebagai ‘tersangka’ Nakamoto yang paling terkenal. Ada banyak alasan kenapa orang menduga Finney sebagai penemu Bitcoin.

Pertama, dia adalah seorang pengembang berpengalaman dan merupakan orang pertama yang menjalankan codebase Bitcoin. Dengan berbagai kemampuannya dalam ilmu komputer, Finney dianggap memenuhi kualifikasi untuk membuat sesuatu seperti Bitcoin.

Sayangnya, pada tahun 2014 lalu Hal Finney meninggal dunia dan tidak ada yang bisa memastikan apakah dia benar Satoshi Nakamoto.

Baca Juga:

  1. Nick Szabo

Alasan terbesar kenapa banyak orang menduga Szabo sebagai Nakamoto adalah karena proyeknya yang bernama Bit Gold yang dirilis terlebih dahulu sebelum Bitcoin. Szabo juga menjadi orang pertama yang menggunakan konsep dan istilah kontrak pintar. Dia juga secara rutin menulis mengenai kriptografi. Meski begitu, tidak sedikit yang meragukan hal ini. Terlebih dalam beberapa pandangannya, Szabo dianggap punya pemikiran yang berbeda visi dengan Bitcoin.

  1. Shinichi Mochizuki

Satoshi Nakamoto menggunakan nama Jepang dan satu-satunya orang Jepang yang diduga sebagai Satoshi adalah Shinchi Mochizuki. Meski tidak begitu populer, namun keahliannya di bidang matematika serta gaya menulisnya yang mirip dengan Satoshi Nakamoto membuat banyak orang menduga bahwa dirinyalah sosok di balik penciptaan Bitcoin.

  1. Ian Grigg

Sosok keempat yang diduga sebagai Nakamoto adalah kriptografer keuangan dan penemu Kontrak Ricardian, Ian Grigg. Tiga tahun sebelum white paper tentang Bitcoin dirilis, Grigg pernah menulis paper yang merupakan konsep awal Blockchain. Selain itu, banyak orang melihat bahwa gaya menulis Grigg sangat mirip dengan Nakamoto dalam email-email yang dikirimnya kepada pakar teknologi dunia.

  1. Dorian Nakamoto

Berdarah Jepang-Amerika, Dorian Nakamoto memiliki nama asli yang sama persis dengan Satoshi Nakamoto. Selain itu, Dorian juga diduga memiliki kemampuan untuk membuat codebase Blockchain. Inilah yang kemudian memperkuat dugaan banyak orang bahwa dia sebenarnya memang Satoshi Nakamoto.

Terlepas dari banyaknya orang yang mengaku dan diduga sebagai Satoshi Nakamoto, sampai sekarang tidak ada satupun yang tahu pasti siapa dia. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda penasaran dengan sosok sebenarnya dari sang penemu Bitcoin?

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here