23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

TEKNOLOGI 5G AKAN SEGERA RILIS DI INDONESIA

duniafintech.com – Teknologi 5G diprediksi akan segera hadir di RI, teknologi ini akan hadir secara global mulai tahun 2020 di sejumlah negara maju. Dengan jaringan ini pun akan membawa kapasitas yang lebih tinggi dari jaringan 4G ada sebelumnya.

Baca juga : duniafintech.com BERSAMA BVOICE RADIO

Tak sekadar itu, kabarnya teknologi 5G ini memungkinan akan menawarkan terkait  hal-hal seperti kecepatan data. Serta peningkatan mobile broadband hingga solusi industri dan aplikasi serta pendukung teknologi utama.

Baca juga : FUTURETECH EXPO 2018 DALLAS, TEXAS

Diperkirakan tingkat kecepatan unduh puncak adalah 20/Gbits dan tingkat upload akan menjadi 10G/bit. Akan ada latensi dan konsumsi ba­terai rendah saat menggunakannya yang berarti akan mening­katkan masa pakai baterai hingga 10 tahun dan mengurangi penggunaan energi jaringan 90%.

Baca juga : NAKULA, ROBOT IKONIK UNIKOM BERI UCAPAN SELAMAT PADA SBY

Pertama industri ini ketika datang 5G kita akan running dan itu banyak  sekali fungsi yang dijalankan manusia akan digantikan mesin. Kedua ketika kita akan jalankan critical, mission application, misalnya mobil tanpa sopir dan itu bisa dijalankan oleh 5G. Ketiga broadband experience (pengalaman), ungkap Ismail TM Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), dalam acara Peluncuran Perangkat Lunak (software) 5G dari Ericcson yang dilansir dari cnbcindonesia.com, Selasa, 17 April 2018.

Peningkatan mobile broadband 5G akan meningkatkan pengalaman virtual reality (VR), ditambah dengan augmented reality (AR) dan extended reality (XR) yang memiliki kapasitas lebih besar dan biaya lebih rendah serta latensi ultra rendah hingga di bawah 1 milidetik.

Dengan teknologi 5G, para pengguna nampaknya tidak perlu lagi masuk ke Wi-Fi publik serta dapat menikmati menjelajah internet dan mengunduh yang lebih cepat, panggilan video berkualitas lebih baik, streaming video UHD dan 3600, dan akses instan ke layanan cloud yang telah tersedia saat ini. Kehadiran 5G ini pun juga akan berdampak pada meningkatnya produktivitas karena fleksibilitas untuk bekerja di mana saja.

Written by : Dinda Luvita
Picture by : Pixabay.com

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU