25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Tips Investasi Modal Kecil dengan 6 Instrumen Investasi Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi modal kecil berikut ini penting diketahui sebelum kamu akhirnya masuk ke dunia penanaman modal.

Di samping itu, tips ini pun sangat bermanfaat buat kamu dalam upaya mengelola keuangan (finansial) saat ini. Seperti diketahui bersama, investasi memang dapat membawa profit yang menjanjikan sekaligus memberikan pasif income untuk memperbaiki finansial. 

Hingga saat ini, ada banyak jenis investasi terbaik yang bisa dilakukan dengan praktis dan mudah, seiring berkembang pesatnya teknologi.

Nah, sebagai pemula, kamu tidak perlu risau untuk memulai investasi sebab ada banyak lho jenis investasi pemula modal kecil yang dapat dicoba. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil Buat Mahasiswa, Simak Poin Penting Ini

Tips investasi modal kecil — Apa itu investasi?

Pada dasarnya, investasi adalah sebuah faktor strategis dalam kegiatan perekonomian yang juga lazim disebut sebagai penanaman modal. Investasi merupakan aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) dengan tujuan memperoleh profit (keuntungan).

Adapun pihak/orang yang melakukan investasi disebut sebagai investor. Nah, investor juga digolongkan menjadi dua, yakni investor individual dan investor institusional—biasanya terdiri dari badan, perusahaan, atau juga lembaga.

Tips Investasi Modal Kecil dengan 6 Instrumen Investasi

1. Aset Kripto

Aset digital kripto adalah sebuah komoditas digital yang dijamin dan diawasi oleh cryptography: suatu sistem yang melindungi data dari ancaman keamanan, misalnya hacker. 

Dengan perlindungan yang sulit ditembus, aset yang satu ini sangat sulit untuk dimanipulasi.  Lain dari mata uang konvensional, kripto merupakan mata uang yang tidak mempunyai bentuk fisik sama sekali.

Di samping itu, tempat transaksinya hanya di pasar online. Buka cuma sebagai alat transaksi, kripto pun kini telah menjadi opsi investasi yang banyak digemari oleh masyarakat di seluruh dunia.

Kemudahan dalam bertransaksi dan menjanjikan return yang tinggi telah membuat para investor, utamanya milenial dan gen Z, banyak kepincut untuk investasi di aset digital populer ini.

tips investasi modal kecil

2. Crowdfunding

Disebut sebagai urun dana, investasi berikut ini bisa menjadi pilihan investasi yang menguntungkan. Crowdfunding saat ini dikumpulkan via platform daring, mulai dari media sosial hingga situs khusus crowdfunding.

Adapun dalam pengumpulan dana melalui crowdfunding untuk investasi, setiap individu yang menanamkan dana akan memperoleh kepemilikan sesuai dengan jumlah yang diberikan. Di samping itu, crowdfunding pun menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan pendanaan bagi UMKM yang memerlukan pinjaman.

3. Reksa Dana

Reksadana adalah investasi berupa wadah serta pola pengelolaan dana atau modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal, yakni dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi (MI).

Investasi yang satu ini pun menjadi bentuk penanaman modal yang tengah ramai dilirik oleh masyarakat. Penyebabnya adalah kesempatan yang disediakan oleh reksadana sangat terbuka lebar.

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil yang Dijamin Akan Menguntungkan

4. Deposito Berjangka

Jenis investasi lainnya adalah deposito bank atau deposito berjangka. Untuk risiko yang dihasilkan dari investasi modal kecil ini pun terbilang kecil sebab deposito adalah jenis simpanan di bank yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS asalkan nilainya yang kurang dari Rp2 miliar.

Prinsip deposito berjangka ini sama dengan menabung, yakni menyimpan uang dengan sejumlah aturan ketat dan tidak dapat diambil sembarangan. Nantinya, pengambilan ini hanya bisa dilakukan pada rentang waktu yang sudah disepakati. Nah, kalau tidak dicairkan dalam waktu yang sudah disepakati atau terlewat maka kamu akan mendapatkan denda.

5. Saham sebagai Tips Investasi Modal Kecil

Selanjutnya, ada instrumen investasi yang sangat populer juga di masyarakat, yakni saham. Dari investasi saham modal kecil, kamu bisa meraup keuntungan yang besar. Menggunakan saham sebagai instrumen investasi memang berisiko besar, tetapi bukan berarti tidak bisa dicoba oleh pemula ya!

Bagi kamu para pemula, kamu bisa mulai investasi ini dengan modal sedikit terlebih dahulu—jangan langsung tergiur dengan ekspektasi keuntungan yang tinggi. Perlahan-lahan, kamu tetap bisa menggunakan investasi modal kecil ini untuk mencapai untung besar secara jangka panjang.

6. Peer-to-Peer (P2P) Lending sebagai Tips Investasi Modal Kecil

Terakhir di daftar ini ada peer-to-peer (P2P) Lending, yang mampu memberikan pengembalian yang besar. P2P adalah sebuah skema pembiayaan yang mempertemukan pihak investor yang memiliki modal dengan pihak yang peminjam yang membutuhkan modal.

Adapun praktiknya juga difasilitasi oleh lembaga yang mendapatkan persetujuan oleh OJK sehingga sangat aman dan terjamin.

Sekian ulasan tentang tips investasi modal kecil yang bisa kamu coba sekarang juga dari rekomendasi instrumen investasi di atas. Semoga sukses ya!

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil lewat Aset Kripto, Ini Panduannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE