26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Tips Investasi Modal Kecil lewat Aset Kripto, Ini Panduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi modal kecil pada dasarnya juga bisa dilakukan lewat/melalui instrumen investasi aset kripto. 

Industri kripto di Indonesia kian ramai dari tahun ke tahun. Seiring dengan itu, banyak juga exchanger-exchanger kripto yang bermunculan dengan berbagai kelebihannya. 

Terbaru, jumlah investor kripto di tanah air mencapai angka 29,8 juta. Jumlah tersebut menggambarkan bahwa investasi jenis ini merupakan pilihan yang menarik. Bahkan, angka ini juga telah melebihi jumlah investor pasar modal. 

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil untuk Pemula, Perhatikan Hal Penting Ini

Berdasarkan data dari Finder Crypto Adoption Agustus 2022 yang melakukan survei ke 217,947 orang di 26 negara, disebutkan bahwa kepemilikan aset kripto orang Indonesia mencapai 29,8 juta dengan persentase tingkat kepemilikan mencapai 16 persen atau lebih tinggi dari rata-rata global 15 persen.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya berikut ini. 

tips investasi modal kecil

Tips Investasi Modal Kecil Kripto, Perhatikan Hal Ini

Melansir Qoala, inilah tips investasi modal kecil yang bisa dilakukan lewat investasi kripto. Tips ini cocok untuk pemula. Pahami yuk. 

1. Tips Investasi Modal Kecil: Pahami Konsep Cryptocurrency dengan Tepat

Ketahui istilah-istilah yang ada dalam cryptocurrency sebelum berinvestasi di bidang ini. Ketahui pula cara berbisnis dengan benar. Sebab, akan ada sebuah proses trading dan investasi dalam cryptocurrency.

2. Pilih Exchange Crypto yang Legal dan Terpercaya

Pilih media exchange yang resmi dan terdaftar di Bappebti untuk menjamin keamanan investasi. Sejauh ini, ada beragam perusahaan yang telah terdaftar di Bappebti sebagai pedagang aset kripto. Salah satunya Indodax

3. Evaluasi Variabel Terhadap Aset Kripto

Kenali dulu jenis mata uang kripto dan cara kerjanya sebelum kamu menentukan mata uang kripto yang ingin dibeli. Cara paling mudah untuk mengetahui hal yang dapat mempengaruhi nilai mata uang kripto adalah dengan melakukan evaluasi aset cryptocurrency melalui web resminya. 

Baca lite paper atau white paper untuk mengetahui informasi selengkapnya dan cari tahu pula pendiri dan komunitasnya di media sosial agar kamu lebih yakin dengan perusahaan tersebut.

4. Tips Investasi Modal Kecil dengan Lakukan Analisis Teknikal Melalui Grafik Candlestick

Demi mengetahui aksi harga aset dan mendapatkan keuntungan, kamu perlu melakukan analisis teknikal. Pasalnya, mata uang kripto tidak punya otoritas dari lembaga lain dan tergantung penuh pada penggunanya.

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil, Cocok Buat Para Pemula! 

5. Ketahui Besaran Biaya Layanan

Terdapat skema biaya pembelian dan penarikan layanan pada trader ketika melakukan transaksi mata uang kripto. Kamu perlu memperhatikan besaran biaya dan spread yang merupakan perbedaan harga order beli paling tinggi dengan harga jual paling rendah. Selisih spread ini menentukan volatilitas harga dan likuiditas di pasar.

6. Lakukan Diversifikasi Koin

Kamu perlu melakukan diversifikasi koin untuk meminimalisasi risiko kerugian yang mungkin terjadi. Jadi, saat kamu merugi di koin A, kamu bisa dengan cepat melakukan stop loss dan mencari keuntungan di aset koin B, dan sebagainya. 

Langkah ini juga bisa menjadi tindakan preventif sehingga kamu bisa terhindar dari kerugian apabila mata uang tersebut kolaps meskip posisi beberapa mata uang saat ini sedang di “atas angin” dan menggiurkan untuk mendatangkan keuntungan.

7. Tips Investasi Modal Kecil dengan Mulai Jumlah Kecil

Seperti jenis-jenis investasi lainnya, ada baiknya bagi kamu untuk memulai dengan jumlah yang kecil yang sesuai dengan kemampuanmu. Usahakan juga untuk menggunakan uang dingin atau uang yang tidak kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari.

8. Rajin Melihat Pasar Kripto

Cryptocurrency memiliki tingkat volatilitas yang sangat tinggi sehingga pergerakan nilainya dapat terjadi dengan sangat cepat. Untuk itu, sering-seringlah memantau grafik di pasar bursa sehingga kamu tahu saat yang tepat ketika harus membeli koin pada harganya turun dan menjualnya lagi ketika harganya naik.

Itulah tips investasi modal kecil melalui aset kripto. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil, Instrumen Syariah Ini Bisa Jadi Pilihan

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE