34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Tips Investasi Modal Kecil: 6 Instrumen buat Investor Pemula

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi modal kecil berikut ini sangat penting untuk diketahui, khususnya bagi para investor pemula dan baru.

Lazimnya, kebanyakan dari investor pemula punya modal minim sehingga tidak yakin untuk melakukan investasi. Akan tetapi, sebenarnya ada sejumlah produk yang memudahkanmu untuk berinvestasi dengan modal kecil.

Apa saja sih daftar rekomendasi instrumen investasinya? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Tips Investasi Modal Kecil: Apa Itu investasi?

Pada dasarnya, investasi adalah sebuah faktor strategis dalam kegiatan perekonomian yang juga lazim disebut sebagai penanaman modal.

Investasi adalah sebuah aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) dengan tujuan memperoleh profit (keuntungan). Pihak/orang yang melakukan investasi disebut sebagai investor.

Perlu juga diketahui, investor juga digolongkan menjadi dua, yakni investor individual dan investor institusional—biasanya terdiri dari badan, perusahaan, atau juga lembaga.

Tips Investasi Modal Kecil

Tips Investasi Modal Kecil: Rekomendasi bagi Pemula

Berikut merupakan 6 investasi modal kecil yang cocok bagi investor pemula.

1. Reksadana

Reksadana menjadi instrumen investasi untuk mewadahi modal bagi sekumpulan investor supaya bisa melakukan penanaman modal di pasar modal dengan investasi modal kecil. 

Produk yang satu ini sangat pas buat investasi modal kecil. Dengan modal sepuluh ribu rupiah (Rp10.000) saja, misalnya, kamu sudah bisa berinvestasi di produk ini.

Di samping itu, keuntungan sebagai pemula lainnya adalah bahwa kamu tidak perlu memantau perkembangan aset. Pasalnya, ada Manajer Investasi (MI) untuk mengelola dana yang disimpan di produk reksadana ini.

Di lain sisi, reksadana pun tidak memerlukan modal yang besar. Nah, untuk melakukan investasi bagi pemula, produk ini jelas sangat cocok. Reksadana pun sangat pas buat pemula yang baru pertama kali terjun ke dunia investasi.

2. Emas sebagai Tips Investasi Modal Kecil

Adapun salah satu produk tanpa perlu banyak analisis lainnya dengan modal kecil, yakni emas. Produk yang satu ini jelas sangat cocok buat kamu untuk memulai investasi modal kecil.

Baca jugaTips Investasi Modal Kecil Buat Mahasiswa, Simak Poin Penting Ini

Aset logam ini sangat pas untuk digunakan dalam jangka waktu panjang. Emas pun menjadi salah satu produk andalan bagi investor yang telah berpengalaman maupun pemula. Produk ini juga menjadi salah satu produk penjaga nilai, utamanya ketika terjadi krisis ekonomi, yakni saat harga-harga aset lainnya mengalami penurunan.

3. P2P Lending

Ini adalah instrumen investasi yang menjadi penyedia jasa pinjaman untuk menghubungkan debitur/pihak peminjam secara langsung dengan pemilik dana pinjaman atau kreditur.

Peer to peer lending pun bisa menjadi salah satu pilihan cocok untuk investor dengan modal kecil. Di sini, kamu bisa mulai investasi dengan modal seratus ribu rupiah (Rp100.00.

Di samping itu, produk yang difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini pun bisa menganalisis risiko dari para calon peminjamnya.  

4. Obligasi Pemerintah

Banyak investor pemula yang meminati obligasi terbitan pemerintah Surat Berharga Negara (SBN). Adapun untuk patokan biaya SBN mulai dari satu juta rupiah (Rp1.000.000) hingga dengan dua miliar rupiah (Rp2.000.0000.000).

Baca jugaTips Investasi Modal Kecil lewat Aset Kripto, Ini Panduannya

Saat kamu berinvestasi dengan produk ini tidak secara langsung akan mendapatkan imbal hasil, tetapi mesti menunggu hingga jatuh tempo sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. 

Kamu pun bisa menggunakan beberapa produk obligasi pemerintah, di antaranya Sukuk Ritel, Obligasi Negara Ritel, Sukuk Tabungan, dan Saving Bond Ritel (SBR).

5. Saham Juga Menjadi Tips Investasi Modal Kecil

Jika menggunakan instrumen yang satu ini maka kamu bisa punya kepemilikan dari suatu perusahaan terbuka lewat pembelian saham. Harga saham pun memiliki banyak variasi. 

Nah, sebagai investor pemula, kamu disarankan untuk menggunakan produk reksadana saham sebab Manajer Investasi (MI) akan memilih saham sesuai dengan kapasitas finansialmu.

Di lain sisi, kalau memakai produk investasi saham maka kamu bisa mempunyai kemungkinan untuk mengalami kerugian sebab kamu adalah investor pemula yang belum memiliki pengalaman dalam menganalisis naik turunnya harga saham.

6. Equity Crowdfunding

Sebagai informasi, equity crowdfunding menggunakan investasi dana kecil sebab menggunakan skema patungan untuk pendanaan suatu bisnis.

Di sini, investor akan memiliki kepemilikan saham dalam bisnis tersebut. Kelebihannya adalah jenis investasi ini akan menguntungkan bagi investor jika bisnis itu menguntungkan. Sebaliknya, risiko yang ada pun setimpal sekiranya bisnis itu merugi.

Sekian ulasan tentang tips investasi modal kecil lengkap dengan 6 instrumen investasi bagi para investor pemula. Selamat berinvestasi!

Baca jugaTips Investasi Modal Kecil yang Dijamin Akan Menguntungkan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...

Kinerja Positif Kementerian BUMN Tercapai di Tahun 2021

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan pencapaian kinerja berada dalam posisi positif ditengah situasi pandemi global di tahun 2021. Hal...

UU Perlindungan Data Pribadi Lahir, Hacker Bjorka Lenyap?

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) telah resmi disetujui oleh DPR dan Presiden pada 20 September lalu. Peraturan ini dipandang...
LANGUAGE