26.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Tips Investasi Saham untuk Pemula, Tak Perlu Takut Berinvestasi

DuniaFintech.com – Kesalahan terbesar pemula saat pertama kali berinvestasi saham adalah tidak memahami esensi investasi saham. Karena terburu-buru ingin untung cepat, biasanya mengabaikan pembelajaran terkait esensi investasi saham sebenarnya. Oleh karena itu, kami merangkum tips investasi saham untuk pemula.

Tips investasi saham untuk pemula ini diharapkan dapat membantu investor pemula saat pertama kali terjun di investasi saham, mengingat masih ada diantara kita yang takut berinvestasi.

Tips Investasi Saham untuk Pemula

Sebelum melakukan investasi di pasar modal dan melakukan pendaftaraan di sekuritas terbaik, apakah Anda sudah punya persiapan?

Jika belum, Anda harus membuat perencanaan matang terlebih dahulu agar tujuan investasi Anda jelas. Ini beberapa tips investasi saham untuk pemula.

Ingat Investasi Jangka Panjang

Dorongan ingin untung cepat dan ingin segera menghasilkan return tinggi, selalu kuat di investasi saham. Hal tersebut memang manusiawi. Sebagai investor, balik lagi Anda harus memahami esensi investasi saham bahwa membeli saham artinya saya investasi di suatu bisnis. 

Sehingga dalam investasi saham ini juga butuh proses dan waktu untuk berkembang yang akhirnya nanti memberikan hasil kepada Anda. Itulah mengapa investasi saham merupakan investasi jangka panjang

Investasi di Saham Blue Chip

Bagi pemula, Anda sangat disarankan untuk investasi pada saham Blue Chip dikarenakan saham ini sudah dikenal karena memiliki fundamental yang bagus.

Perusahaan ini pun juga sudah memiliki brand yang baik di mata masyarakat. Kinerja finansial pun termasuk yang paling bagus. Namun, kekurangan saham Blue Chip terletak di harganya yang terbilang tidak murah.

Buy Low Sell High

Umumnya, perusahaan sekuritas akan menganjurkan pemula untuk memakai prinsip buy low sell high. Maksudnya, Anda bisa membeli saham di harga rendah kemudian jual di harga tinggi.

Strategi ini jauh lebih minim risiko dibanding prinsip buy high sell higher yang artinya beli di harga tinggi jual di harga lebih tinggi. Oleh karena itu, pastikan Anda mencermati prinsip ini.

Pahami juga istilah pasar crash, kesempatan ‘emas’ untuk membeli saham dengan harga murah. Namun hal tersebut juga ada syaratnya. Anda harus yakin bahwa saham yang Anda beli adalah perusahaan yang punya kinerja dan keuangan baik.

Baca juga:

Hindari Saham dengan Market Cap Kecil

Kapitalisasi pasar (market cap) adalah cerminan nilai keseluruhan saham suatu emiten. Jika ingin menguasai perusahaan tersebut secara menyeluruh, harga yang harus Anda bayar yaitu senilai market cap-nya.

Mengapa harus menghindari saham berkapitalisasi pasar kecil?

Karena harga saham emiten dengan market cap kecil cenderung volatil sehingga harga saham dapat naik turun dengan cepat. Untuk meminimalisir risiko di awal, apalagi untuk pemula, saham jenis ini sebaiknya Anda hindari.

Diversifikasi Investasi

Sebagai salah satu instrumen investasi, saham juga pasti memiliki risiko. Lalu, bagaimana mengelola resiko di investasi saham untuk pemula?

Ingatlah prinsip. “Don’t put all your eggs in one basket

Lakukan diversifikasi investasi. Jangan tempatkan semua uang Anda di saham.

Dengan diversifikasi, jika terjadi krisis di pasar saham, Anda bisa bertahan, tidak panik (ini sangat penting) karena sudah punya simpanan di instrumen lain yang aman dari krisis di saham.

Memang diversifikasi akan menurunkan potensi return karena uang ditempatkan di instrumen dengan return lebih rendah. 

Tapi, justru itulah esensi diversifikasi bahwa penempatan dana dibagi ke investasi yang return tinggi resiko tinggi serta investasi yang return rendah resiko rendah.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Fintech Indonesia: Nama Fintech Legal Dicatut, AFPI Ancam Tempuh Jalur Hukum

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru kali ini datang dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Untuk diketahui, AFPI melayangkan ancaman terhadap pihak-pihak yang...

Berita Bitcoin Hari Ini: Koreksi, BTC Dibanderol Rp 355 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini masih seputar pergerakan harga kripto yang mengalami koreksi.  Saat ini, aset kripto dengan kapitalisasi pasar tersebar Bitcoin atau...

Makin Dilirik, Sandiaga Uno Ajak Jelajahi Keindahan Indonesia Lewat Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Teknologi Metaverse kini semakin dilirik, Sandiaga Uno mengajak untuk menjelajahi keindahan Indonesia melalui Metaverse.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf ini...

OneAset, Aplikasi Investasi One Stop Solution Favorit Masa Kini

JAKARTA, duniafintech.com - Saat ini investasi sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat, salah satunya karena munculnya berbagai aplikasi yang mendukung, yakni OneAset adalah suatu...

Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga, Inilah Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan syariah untuk keluarga penting dimiliki sebagai upaya pertanggungan atas segala risiko yang akan terjadi. Tentu saja, setiap orang ingin memiliki...
LANGUAGE