33 C
Jakarta
Rabu, 8 Juli, 2020

Tips Jitu dapat Untung Berlimpah dari Bisnis Musiman

DuniaFintech.com – Mendulang untung berlimpah dari bisnis musiman itu bagaikan Pepatah mengatakan, sukses adalah ketika persiapan dan peluang bertemu. Begitu juga dalam dunia bisnis, orang-orang yang pintar memanfaatkan peluang dan penuh persiapan, cenderung akan lebih sukses dalam praktik bisnisnya. Banyak orang yang memanfaatkan peluang di sekitarnya dengan memulai bisnisnya. Seperti di Indonesia yang memiliki berbagai fenomena pada waktu-waktu tertentu atau yang sering dikenal dengan musiman.

Bisnis musiman merupakan suatu bisnis yang dijalankan di kurun waktu tertentu ataupun bisnis yang hanya dilakukan di bulan-bulan tertentu. Meskipun sebentar, karena momennya sangat tepat, potensi keuntungan tetap menjanjikan. Keuntungan ini didapatkan karena banyak orang memerlukan barang guna merayakan momen spesial. Sebagai contoh, Anda bisa menjalankan bisnis cokelat saat momen Valentine, bisnis pakaian muslim menjelang hari raya Idul Fitri, ataupun bisnis jual pohon natal menjelang hari raya Natal.

Memang, walaupun tidak berkelanjutan dan waktunya cenderung singkat, namun melakukan bisnis musiman menawarkan Anda kesempatan besar untuk bisa raup banyak untung. Maka dari itu, Anda dapat manfaatkan peluang bisnis tersebut. Namun, sebelum mulai ikuti dulu tips dapat untung berlimpah dari bisnis musiman.

1. Pahami Target Pasar

Hal pertama agar dapat untung berlimpah dari bisnis musiman adalah dengan mengenali target pasar. Mereka adalah konsumen-konsumen potensial yang akan membeli produk Anda. Cobalah untuk menganalisis apa yang mereka inginkan, dan pahami kebutuhan mereka agar Anda bisa menyiapkan strategi tepat untuk menjangkaunya.

Sebagai contoh, saat ini bisnis kopi sedang naik daun, dan biasanya target pasarnya adalah pekerja kantoran yang memang memerlukan kopi saat bekerja. Maka dari itu, melakukan penjualan melalui online bisa jadi strategi tepat, karena dengan begitu target market bisa lebih mudah dapatkan produk Anda.

Baca Juga:

2. Buat Produk yang Diminati

Sebagai penjual bisnis musiman, Anda harus tahu apa saja produk yang sedang populer atau hits di masyarakat. Sebagai contoh lagi, saat ini minuman bubble atau boba sedang menjadi tren, banyak orang yang ikut menjual minuman tersebut. Tak masalah jika Anda ingin ikut tren, karena kesempatan tidak datang dua kali. Namun, Anda harus tau kalau saingannya juga akan banyak nantinya. Maka dari itu, cobalah untuk berinovasi dalam membuat produknya, agar bisa lebih menonjol dari yang lainnya.

3. Harga dapat Bersaing

Jangan hanya karena bisnis musiman Anda sedang banyak dicari orang, jadi membuat Anda serakah. Ikutilah harga pasaran yang ada, karena tentunya konsumen akan lebih selektif. Anda boleh menentukan harga yang lebih mahal dari pasaran, asalkan produk yang ditawarkan juga memiliki kualitas dan inovasi berbeda dari lainnya. Tapi, jika Anda ingin menentukan harga yang lebih murah, pastikan hal tersebut tidak membebani Anda nantinya. Selain itu, jangan sampai karena harganya murah Anda jadi tidak memerhatikan kualitas.

4. Utamakan Kualitas

Berhubungan dengan poin sebelumnya, seorang yang memulai bisnis musiman tentunya akan menjual produk serupa bahkan sama dengan pesaingnya. Kualitas produk adalah hal utama yang wajib Anda terapkan, hal itu tak hanya mampu membuat pelanggan memilih produk Anda tapi juga membuatnya menjadi loyal.

5. Lakukan Promosi

Setelah semua cara agar bisnis musiman Anda untung, satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu kegiatan promosi. Anda harus gencar melakukan promosi, secara offline, online atau word of mouth, bahwa Anda juga menjual produk yang konsumen cari. Cobalah memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan pemasaran bisnis Anda.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Permudah Transaksi, Paper.id Sediakan Pembayaran via Tokopedia

DuniaFintech.com - Permudah pelaku usaha, Paper.id jadi software invoice pertama yang menyediakan pembayaran via Tokopedia. Dengan mengusung komitmen untuk membantu kemajuan para...

Naik 27% Selama 2020, Bitcoin Kalahkan Emas dan Perak

DuniaFintech.com – Di tengah pandemi yang sedang berlangsung, bitcoin kalahkan emas dan perak dengan berhasil naik 27% selama 2020. Perhatian investor di berbagai...

Pemerintah Afghanistan Manfaatkan Blockchain Deteksi Obat Palsu

DuniaFintech.com - Kementerian Kesehatan Afghanistan mengajak beberapa perusahaan farmasi lokal menggunakan blockchain untuk memerangi peredaran obat-obatan palsu. Pengembang blockchain yang terlibat dalam proyek...

Sejumlah Perusahaan Pinjaman Online Tetap Jaga TKB90 Meski Pandemi

DuniaFintech.com - Ketua Bidang Humas dan Kelembagaan AFPI, Tumbur Pardede mengatakan, bahwa mayoritas perusahaan pinjaman online tetap jaga TKB90. Tidak dapat dipungkiri, pandemic...

Raup Untung Besar Investasi di P2P Lending, Return Profit Hingga 20%

DuniaFintech.com - Peer-to-Peer Lending atau P2P Lending muncul sebagai alternatif pendanaan online yang menjadi keunggulan saat ini. Tentunya, kemunculannya bukanlah tanpa alasan. Manfaat yang ditawarkan...
LANGUAGE