29.7 C
Jakarta
Sabtu, 4 Februari, 2023

Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru 2023 Beserta Contohnya

JAKARTA, duniafintech.com – Tips menyusun resolusi tahun baru penting diketahui sebagai salah satu rutinitas yang dilakukan oleh banyak orang.

Sebagaimana diketahui, tahun 2022 hanya tinggal menghitung hari dan tahun 2023 pun sudah menanti di depan mata.

Selama tahun ini, banyak hal tidak terduga yang membawa seseorang ke dalam situasi yang kurang baik, misalnya karena masih mewabahnya virus Corona.

Baca juga: Jelang Tahun Baru, Pemerintah Pastikan Pasokan Energi Aman di Wisata Bali

Resolusi sendiri penting dipersiapkan sebagai harapan agar tahun depan lebih baik lagi. Nah, apa saja tips dalam membuat resolusi ini?

Berikut ini ulasannya, seperti dinukil dari Top Karir.

Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru 2023

1. Mengevaluasi diri

Pertama, kamu tentu saja harus mengevaluasi diri sendiri. Dengan melakukan hal ini, kamu pun akan lebih siap menyusun resolusi tahun depan supaya kamu tahu langkah yang harus diambil dan dihindari untuk mencapai tujuan yang sudah ditargetkan.

Dalam hal ini kamu bisa melihat keberhasilan dan kegagalan yang pernah dialami pada tahun 2022 dan apa saja yang menyebabkan kamu berhasil dan gagal. Kalau sudah melakukan evaluasi diri, kamu dapat mulai memperbaiki kekuranganmu yang bisa membuatmu gagal merealisasikan resolusi di tahun depan. 

2. Buat target 2021 yang realistis & membaca situasi

Berkaca pada kondisi pandemi covid-19 di Indonesia saat ini, kamu harus merencanakan berbagai hal dengan pertimbangan keselamatan dan kesehatan diri serta anggota keluarga. 

Hal itu berpengaruh juga saat kamu hendak menyusun resolusi tahun baru. Maka dari itu, buatlah resolusi tahun baru yang bisa disesuaikan dengan kondisi saat ini dan realistis sesuai kemampuan diri untuk diwujudkan.

Sebagai contoh, kamu ingin mulai berwirausaha, rencanakan produk usaha yang saat ini sedang dibutuhkan banyak orang, misalnya produk makanan sehat, vitamin, dan yang lainnya.

3. Fokus pada satu rencana besar sebagai tips menyusun resolusi tahun baru

Tentu saja punya banyak resolusi itu bagus, tetapi hal itu bisa membuatmu tidak fokus dan kewalahan untuk menjalani semuanya.

Sebaiknya, kamu fokuskan resolusimu pada satu atau dua hal yang benar-benar ingin dikejar. Misalkan kamu ingin fasih berbahasa Inggris di tahun depan, kamu bisa mulai mencari kelas/cara yang efektif untuk membantumu belajar dari 0 hingga lancar.

Nah, sebelum resolusi itu bisa dicapai, jangan jalankan resolusi lain yang dapat membuat fokusmu terpecah, misalnya saja belajar bahasa Mandarin pada saat yang sama dengan waktu belajar bahasa Inggris tadi.

Baca juga: Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai untuk Natal dan Tahun Baru Rp117,7 Triliun

Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru

4. Buat rencana yang matang dan terjadwal sebagai tips menyusun resolusi tahun baru

Ingatlah selalu bahwa gagal merencanakan itu berarti kamu merencanakan kegagalan. Adapun perencanaan yang matang menjadi langkah yang penting untuk mewujudkan resolusimu.

Setelah menyusun hal apa saja yang mau kamu capai pada tahun 2023, cobalah untuk memikirkan cara dan periode waktu yang akan kamu gunakan sebagai sebuah strategi.

Misal kamu mau punya tubuh yang lebih sehat dan ideal, mulailah dengan membuat jadwal olahraga dan makan harian, cari tahu dan tentukan makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

5. Bangun hubungan yang positif

Berhubungan baik dan tulus dengan orang-orang di sekelilingmu akan membawa kemudahan dalam segala hal, bahkan pada waktu yang tidak terduga.

Pasalnya, mereka dapat menjadi penyemangat untukmu di perjalanan menuju resolusi yang sudah ditargetkan.

Bahkan, mereka juga bisa menjadi partner yang membuka jalan kita untuk bisa melewati segala rintangan yang ada.

Maka dari itu, bangunlah hubungan baik dengan setiap orang yang kamu temui mulai detik ini juga.

Contoh Resolusi Tahun Baru – Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru

Berikut ini beberapa contoh resolusi tahun baru sebagai referensimu saat membuatnya:

  • Membaca satu buku setiap bulan
  • Belajar skill baru
  • Menabung lebih banyak
  • Mendapat kenaikan gaji di akhir tahun
  • Menambah instrumen investasi
  • Memulai hobi baru
  • Berolahraga lebih sering
  • Tidak memiliki utang
  • Menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga
  • Belajar bahasa baru
  • Memberi pujian setidaknya sekali sehari

Sekian ulasan tentang tips menyusun resolusi tahun baru yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Pertamina Pastikan Stok BBM Aman untuk Natal dan Tahun Baru

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tutorial Investasi Crypto yang Menguntungkan, Intip di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Tutorial investasi crypto yang menguntungkan akan sangat diperlukan oleh para trader di dunia investasi kripto. Saat ini, cryptocurrency atau kripto menjadi salah...

Perkuat Kebutuhan BBM Nelayan, Kementerian Perikanan dan Kelautan Gandeng Kementerian BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) murah bagi...

Pemerintah Targetkan Penciptaan 500 Perusahaan Startup di Tahun 2024

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan di tengah upaya penguatan berbagai indikator perekonomian nasional saat ini, termasuk penciptaan 500 perusahaan...

Tutorial Investasi Bitcoin dengan Mudah, Cek Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Tutorial investasi Bitcoin dengan mudah akan sangat penting diketahui dan dipahami oleh para trader kripto. Saat ini, aset kripto, termasuk Bitcoin, memang...

Cara Trading Crypto Harian bagi Pemula, Simak Tipsnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara trading crypto harian sangat penting dipelajari oleh trader, terutama trader pemula di dunia investasi kripto. Dalam hal ini, memperhatikan exchange perdagangan...
LANGUAGE