33.6 C
Jakarta
Selasa, 28 September, 2021

Tunda Peluncuran 5G, Pemerintah Masih Fokuskan Jaringan 4G Hingga 2022

Duniafintech.com – Saat ini Pemerintah RI tengah gencar melakukan percepatan pengembangan teknologi, komunikasi, dan informasi, yang menjangkau bagian hulu hingga hilir. Hal ini guna mengoptimalkan ekonomi dari sektor kelautan. Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemeterian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Widodo Muktiyo mengungkapkan hingga tahun 2022, prioritas pemerintah masih menyelesaikan pemasangan infrastruktur untuk fokuskan jaringan 4G hingga 2022 di seluruh wilayah Indonesia.

Hingga saat ini, masih ada 12.548 desa yang belum terjangkau layanan 4G. Termasuk, membangun infrastruktur telekomunikasi di wilayah 3T, membangun BTS, menyediakan 7.634 titik lokasi internet gratis bagi UMKM untuk mendorong transformasi transaksi dari konvensional menjadi daring, serta menyediakan aplikasi daring khusus pelaku UMKM. Maka dari itu, Indonesia masih fokuskan jaringan 4G hingga 2022. 

Widodo menjelaskan, “meski fokuskan jaringan 4G hingga 2022, Indonesia tetap mempersiapkan infrastruktur 5G,” saat mengisi gelar wicara bertajuk ‘Indonesia Telecommunications Industry Update: 5G, Mobile Economy, Digital Transformation’ yang diselenggarakan oleh Forest Interactive.

Kesungguhan menghadirkan jaringan 5G itu, menurut Widodo, tak bisa dibantah karena sudah bagian dari tuntutan peradaban. Komitmen pemerintah ini dibuktikan dengan melakukan lima langkah percepatan transformasi digital.

Baca Juga:

Kebut Pembangunan Internet di Tengah Pandemi

Kendati demikian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuka seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz pada rentang 2360 – 2390 MHz untuk operator seluler dan mendorong 5G. Bagi operator telekomunikasi, penambahan pita frekuensi bisa meningkatkan layanan data yang mereka miliki.

Beberapa operator seluler sudah mengajukan izin ke Kominfo untuk membawa ponsel 5G ke Indonesia. Namun suara keluhan dari opsel masih terdengar soal pemerintah yang belum siap menerapkan 5G.

Tahun ini, Kemenkominfo juga telah membentuk Gugus Tugas 5G (5G Task Force). Kabar terakhir, ada tiga operator yang lolos seleksi penggunaan pita frekuensi radio 2,3 Ghz rentang 2.360 – 2.390 Mhz. Mereka adalah PT Smart Telecom Tbk (Smartfren), kedua adalah PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri).

Badan Regulasi Telekomunikasi dan Informatika berpendapat bahwa definisi teknologi baru adalah teknologi yang belum pernah diimplementasikan di Tanah Air secara komersial dan masif. Generasi kelima atau 5G, termasuk dalam kategori teknologi baru, sebab hingga saat ini teknologi tersebut belum dikomersialkan.

Meski demikian, definisi dari teknologi baru hingga saat ini masih belum diputuskan. Peraturan turunan akan mengatur mengenai hal tersebut.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Kucurkan Kredit Rp2,24 triliun, Modal Rakyat Berhasil Jaga NPL 0,03%

Platform digital berbasis pinjaman, Modal Rakyat, berhasil menjaga tingkat kredit macet atau non performing loan (NPL) di level yang sangat rendah yaitu sebesar 0,03%. CEO...

Trade Expo Indonesia : Mendag Target Transaksi Rp21,4 triliun 

Kementerian Perdagangan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 dengan tema ‘Reviving Global Trade'. Pameran ini digelar secara digital dan melibatkan aktor global. Menteri Perdagangan Muhammad...

Daftar Aplikasi Menambang Bitcoin di Android

Bitcoin saat ini semakin dikenal di tanah air. Adapun harganya yang melambung tinggi dengan cepat, diketahui telah menarik perhatian para investor untuk mulai terjun...

OJK dan Industri Jasa Keuangan Dukung Pengembangan UMKM

Komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan, industri keuangan non bank, pasar modal dan fintech, yaitu akan meningkatkan pengembangan Usaha Menengah Kecil dan...

Modal Rakyat Beri Pinjaman untuk Usaha dengan Bunga Kompetitif

Modal Rakyat merupakan layanan pinjaman uang berbasis digital yang menjadi wadah pertemuan antara peminjam, yaitu usaha kecil dan menengah (UKM) dan pendana, yaitu individu...
LANGUAGE