26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Belajar Usaha Ekspor Modal Kecil, Bisa Dimulai dari Produk Ini!

JAKARTA, duniafintech.com – Usaha modal kecil untuk diekspor juga ada lho. Jika ingin terjun ke bisnis ini, kamu perlu tahu lebih dulu produk yang berpotensi cuan.

Untuk diketahui, masih jarang pelaku usaha Indonesia yang melirik bisnis ekspor, sehingga pelakunya terbilang sangat sedikit.

Maka dari itu, peluang usaha modal kecil yang satu ini sangat menjanjikan, apabila anda sudah tau jenis hingga trik dari bisnis yang satu ini. 

Baca juga: Usaha Modal Kecil Untung Besar? Cobalah 7 Bisnis Terbaik Ini

Dalam berbisnis ekspor ini, pastikan terlebih dahulu market pasar Anda di sana. Yang pasti, bangun jejaring luas terlebih dahulu dan memastikan kebutuhan mereka. Berikut ini, ulasan tentang produk yang bisa jadi usaha ekspor Anda dengan modal kecil. 

Usaha Ekspor dengan Modal Kecil, Patut Dicoba

Berikut ini, ada beberapa contoh bisnis atau usaha ekspor modal kecil yang menjanjikan dan patut untuk dicoba:

1. Usaha Modal Kecil Untuk Diekspor Dimulai dari Benda-benda Bernilai Seni

Contoh bisnis ekspor modal kecil yang pertama adalah menjual benda-benda seni, potensi penjualannya cukup mantap. Benda-benda yang dimaksud meliputi produk langka dan asli yang memiliki nilai seni sangat tinggi.

Benda-benda seni dapat dipasarkan lewat pasar seni atau dengan cara membuka galeri. Selain itu, ada pula yang memasarkan produknya melalui acara lelang atau melalui situs online. Sejumlah benda yang kerap diperjualbelikan sebut saja lukisan, alat musik tradisional, dan lain sebagainya.

2. Kerajinan Tangan

Handicraft atau kerajinan tangan jadi salah satu bisnis kreatif yang sangat populer di kalangan masyarakat. Biasanya, produk kerajinan ini dikerjakan oleh pelaku UKM atau pengrajin, dengan bahan baku yang mudah didapat.

Kerajinan tangan yang bisa jadi contoh bisnis ekspor modal kecil dapat dibuat dari bahan tidak terpakai atau daur ulang. Bahan tersebut seperti kayu, bambu, kulit hewan, rotan, dan lain sebagainya.

3. Usaha Modal Kecil untuk Diekspor bisa Berupa Kuliner

Bisnis kuliner punya kaitan erat dengan sektor pertanian dan perikanan, hanya saja karakternya lebih spesifik. Contoh bisnis kuliner yang bisa dicoba meliputi keripik singkong, rendang Padang, rambak, gudeg Jogja, sambal, kentang, dan lain-lain.

Bisnis kuliner termasuk industri kreatif yang sudah mampu bersaing ketat dengan produk sejenis di luar negeri. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya produk kuliner Indonesia yang sudah beredar luas di berbagai supermarket mancanegara.

Baca juga: Ide Usaha Modal Kecil Untuk Karyawan, Cocok Buat Sampingan!

4. Usaha Modal Kecil untuk Diekspor dengan Produk Pertanian

Pertanian jadi salah satu sektor bisnis yang hasil produksinya sudah bisa tembus pasar internasional. Hal ini tak lepas dari kondisi lahan di Indonesia yang sangat bagus, dimana hampir semua jenis tanaman bisa tumbuh subur secara alami.

Buah dan sayur mayur merupakan produk dari sektor pertanian yang berpotensi tinggi menjadi komoditas ekspor, terutama di pasar Asia. Hal ini karena letak geografisnya yang lebih dekat. Sekadar informasi, produk pertanian bisa diekspor dalam keadaan segar atau diawetkan, hingga dikemas rapi dalam bentuk kaleng.

usaha modal kecil

5. Perikanan

Sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan, sehingga peluang untuk menjadi eksportir produk-produk perikanan sangat terbuka lebar. Fakta di lapangan menyebutkan, produk perikanan yang dikemas dalam bentuk kaleng atau diawetkan telah sukses menembus pasar internasional.

Kunci kesuksesan dari ekspor produk perikanan adalah inovasi pengolahan, sehingga rasa dan mutu produk yang dipasarkan bisa cocok dengan lidah masyarakat internasional. Oh ya, agar tidak mendapat penolakan dari negara pengimpor, maka standar kesehatan makanan juga perlu dijaga.

6. Fashion

Contoh bisnis ekspor modal kecil yang terakhir adalah bisnis fashion. Industri ini telah menunjukkan taringnya dengan sukses menembus pasar internasional, termasuk di kawasan Asia.

Banyak importir yang tertarik dengan produk-produk fashion asal Indonesia, karena kualitas dan desainnya yang sangat bagus. Namun, fashion tak hanya sekadar busana, melainkan juga menyangkut produk lain yang masih berkaitan, seperti ikat pinggang, sepatu, tas, dan masih banyak lagi.

Itulah contoh produk usaha modal kecil yang bisa kamu ekspor ke luar negeri. Yang pasti, dalam berbisnis ekspor ini Anda harus memiliki jaringan terlebih dahulu, kemudian tekun, dan semoga berhasil. 

Baca juga: Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar, Dijamin Auto Cuan!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE