31.9 C
Jakarta
Selasa, 30 April, 2024

Aplikasi TikTok Paling Banyak Diunduh Warga Indonesia Saat Pandemi

Duniafintech.com – Pada periode Agustus 2020, aplikasi selain non-game, TikTok paling banyak diunduh warga Indonesia. Data yang dirilis Sensor Tower menunjukkan jumlah unduhan aplikasi TikTok dari Indonesia mencakup 11% dari total download dunia pada Agustus. Setelah Indonesia ada Brazil dengan 9% unduhan. Selama Agustus total unduhan TikTok mencapai 63,3 juta, atau naik 1,6% ketimbang periode yang sama pada 2019 lalu.

Sementara, aplikasi konferensi video Zoom menjadi aplikasi non-game kedua yang paling banyak diinstal di seluruh dunia pada bulan lalu dengan lebih dari 52,2 juta unduhan. Angka tersebut merupakan 22,2 kali kelipatan jumlah unduhan dibandingkan pada periode yang sama di tahun lalu.

Negara dengan jumlah unduhan Zoom terbesar adalah India dengan yakni sebanyak 25%, diikuti oleh Amerika Serikat dengan 19,5%. Facebook, Instagram dan WhatsApp melengkapi lima besar aplikasi non-game yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada periode Agustu 2020. Data tersebut mencakup unduhan untuk App Store dan Google Play di seluruh dunia antara 1 Agustus 2019 dan 31 Agustus 2020.

Pada awal pekan ini, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, mengatakan bahwa pemerintah Trump sedang mempertimbangkan pelarangan aplikasi TikTok, meskipun tidak sepenuhnya jelas bagaimana pelarangan semacam itu akan bekerja dalam praktiknya.

Baca Juga:

Perusahaan perbankan asal Amerika Serikat, Wells Fargo, telah menginstruksikan karyawan yang menginstal TikTok pada perangkat perusahaan untuk menghapus aplikasi tersebut menyusul kekhawatiran soal privasi.

Sebelumnya Instagram Reels resmi dirilis. Menurut keterangan resmi perusahaan, Instagram Reels memungkinkan pengguna untuk membuat video berdurasi 15 detik dengan tambahan efek audio dan visual, yang dapat dibagikan di Instagram. Bisa dibilang, kehadiran Instagram Reels membuat aplikasi TikTok mempunyai kompetitor baru karena kemiripannya.

Pengguna dapat membuat Reels di bagian bawah kamera Instagram. Di sana pengguna akan mendapati beberapa menu untuk menambah efek audio, efek AR, timer, kecepatan video, dan lain-lain. Mereka yang merupakan pengguna TikTok pasti familiar dengan menu-menu tersebut. Untuk efek audio, Instagram menyediakan perpustakaan musik. Namun pengguna juga dapat memakai audio sendiri dengan merekamnya.

(DuniaFintech/Drean M.Ikhsan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE