26 C
Jakarta
Rabu, 29 Juni, 2022

Apa Itu Additional Insured? Simak di Sini Beserta Contohnya

JAKARTA, duniafintech.com – Secara umum, additional insured merupakan istilah dalam asuransi yang secara harfiah berarti “tertanggung tambahan”.

Istilah yang satu ini terkait dengan polis asuransi sebab ada penambahan pertanggungan lain yang tidak disebutkan dalam polis. Nah, sebelum membeli polis asuransi, sebaiknya kamu terlebih dahulu memahami istilah-istilah di dalamnya, mislanya seperti “tertanggung tambahan” ini.

Terlebih lagi, kalau khususnya kamu ingin menambahkan anggota keluarga sebagai salah satu tertanggung dalam satu polis asuransi. Pasalnya, tidak semua jenis asuransi menyediakan status ini.

Jika ingin paham lebih jauh lagi soal istilah yang satu ini, berikut ini penjelasan selengkapnya beserta contohnya.

Tentang Apa Itu Additional Insured

Istilah tertanggung tambahan ini pada dasarnya merujuk kepada orang lain selain pemegang polis atau tertanggung yang juga dijamin oleh polis asuransi yang sama. Di beberapa jenis asuransi, tertanggung tambahan ini bisa hanya ditambahkan dalam periode tertentu atau selama masa pertanggungan asuransi.

Walaupun statusnya sebagai tertanggung tambahan, tetapi orang itu tidak akan mendapatkan jaminan atau manfaat pertanggungan yang sama dengan pemegang polis yang utama. Umumnya, tertanggung tambahan ini akan memperoleh manfaat yang lebih terbatas.

Baca juga: 8 Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Menghasilkan Cuan Berlimpah

Di samping itu, semua manfaat yang bisa diperoleh juga telah tertulis jelas pada polis. Secara umum, status ini hanya bisa digunakan untuk orang yang memiliki ikatan darah dengan tertanggung, misalnya suami, istri, atau juga anak.

Pentingnya Additional Insured

Jika kamu sudah berkeluarga maka sebaiknya kamu mempertimbangkan status tertanggung tambahan dari anggota keluargamu. Hal itu karena, apabila anggota keluargamu ada yang mengalami risiko yang dijamin oleh polis asuransi yang kamu punya, saat berstatus tertanggung tambahan, maka yang bersangkutan juga dapat menerima manfaat sesuai yang diatur dalam polis setelah mengajukan klaim.

Kehadiran anggota tambahan yang diasuransikan ini juga tentunya sangat membantu, khusunya untuk kondisi finansial. Pasalnya, kamu akan tidak terbebani biaya jika timbul kerugian pada anggota keluarga yang tidak di-cover oleh asuransi.

Apalagi, biaya menambah tertanggung ini tergolong rendah ketimbang biaya premi utamanya. Oleh sebab itu, kamu juga bisa mempertimbangkan status tambahan ini di luar produk asuransi keluarga. Di samping keluarga, tambahan status ini pun sangat penting sekiranya kamu punya usaha atau bisnis maupun proyek pembangunan tertentu.

Dengan demikian, kamu dapat memperoleh jaminan tanggung gugat yang lebih luas kalau terjadi risiko terkait dengan usaha atau bisnis yang dijalankan. Penting diingat juga, tertanggung tambahan ini tidak selalu mendapatkan hak atau pertanggungan yang sama dengan tertanggung utama.

Pastikan juga bahwa Anda memahami polis dengan baik sebelum kemudian mendaftarkan manfaat ini. Selain tertanggung tambahan, dalam asuransi pun ada rider atau manfaat tambahan yang bisa ditambahkan dalam polis yang dibeli. Nah, sama halnya dengan tertanggung tambahan ini, rider pun akan menambahkan harga premi yang dibayarkan untuk suatu polis.

Baca jugaApa Sih Perbedaan Asuransi dan Garansi Mobil? Berikut Ini Ulasannya

Tentu saja, dengan adanya manfaat tambahan ini, kamu bisa memastikan bahwa dirimu akan memperoleh manfaat yang memang benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Contoh Tertanggung Tambahan

Ketika kamu menambahkan seseorang sebagai additional insured, itu artinya kamu memperluas pertanggungan kepada mereka. Berikut ini beberapa contohnya.

  1. Contoh tertanggung tambahan asuransi jiwa

Adapun salah satu polis asuransi yang memberikan manfaat tertanggung tambahan, yakni asuransi PRUHospital Advantage dari Prudential. Ini adalah produk asuransi jiwa yang juga memberikan perlindungan kesehatan yang mengizinkan kamu untuk menambah tertanggung tambahan.

Baca juga: Kenali 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis Ini sebelum Meraih Kesuksesan

Untuk syarat yang bisa menjadi tertanggung tambahan, yaitu suami atau istri dan anak yang sah secara hukum dari tertanggung utama. Sebagai informasi, pertanggungan asuransi PRUHospital Advantage untuk tertanggung tambahan ini akan berakhir jika:

  • Tertanggung tambahan meninggal dunia.
  • Pertanggungan atas tertanggung tambahan diakhiri sesuai syarat dan ketentuan polis.
  • Pertanggungan atas tertanggung utama sudah berakhir atau tidak berlaku lagi.
  1. Contoh tertanggung tambahan asuransi properti

Untuk contoh lainnya dari polis asuransi dengan tertanggung tambahan, yakni pada asuransi properti. Sebagai contoh, saat ada pemilik gedung menyewakan propertinya, si pemilik gedung bisa meminta didaftarkan sebagai tertanggung tambahan bagi penyewa atau sebaliknya.

Contoh kasusnya adalah saat kamu memiliki gedung perkantoran dan kamu bekerja sama dengan perusahaan jasa kebersihan gedung. Perusahaan itu dalam hal ini bisa meminta kamu untuk menambahkan mereka sebagai tertanggung tambahan dari asuransi properti yang kamu daftarkan.

Dengan demikian, jika ada pengunjung gedung terpeleset dan menuntut perusahaan jasa kebersihan tersebut maka polis asuransimu bisa melindungi.

Demikianlah penjelasan mengenai additional insured yang penting kamu pahami. Salah satu istilah dalam dunia asuransi ini tentunya perlu dipahami.

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mengenali P2P Lending Syariah, Halal Tanpa Riba

JAKARTA, duniafintech.com – Mengenali P2P Lending Syariah nampaknya menjadi salah satu hal yang penting saat ini. Kemajuan teknologi membuat peer to peer (P2P) lending...

Kelebihan dalam P2P Lending Syariah, Halal Pastinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kelebihan dalam P2P lending syariah akan jadi pembahasan tim DuniaFintech.com kali ini. Untuk lebih mengenal apa itu P2P lending syariah, simak...

Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, Simak ini Guys!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, seperti apa? Kini anda bisa dengan bebas berinvestasi dan mengajukan pembiayaan syariah melalui fintech P2P...

Bengkel Spesialis Mercy, Ini Daftar Lengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Bengkel spesialis Mercy terdekat adalah tempat yang paling dicari oleh pengguna mobil keluaran Jerman ini. Di samping lantaran membutuhkan perawatan khusus, di...

Tahapan Investasi P2P Lending Syariah, Jadi Solusi Keuangan

JAKARTA, duniafintech.com – Tahapan investasi P2P lending syariah kali ini bisa dijadikan solusi, jika Anda mencari investasi yang terpercaya dan menawarkan imbal hasil yang...
LANGUAGE