29.4 C
Jakarta
Selasa, 25 Januari, 2022

Aplikasi ini Bantu Konsultasi Corona Saat Karantina di Rumah

duniafintech.com – Sudah lebih dari dua pekan wabah corona virus merebak di Indonesia dan jumlah pasien positif pun yang terkena virus corona kian meningkat. Dengan kemudahan teknologi saat ini, banyak cara untuk mendapatkan informasi seputar corona. Sudah banyak penyedia layanan yang dapat digunakan masyarakat tanpa harus keluar rumah, termasuk untuk konsultasi corona saat di karantina.

Pemerintah terus menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu melakukan pembatasan sosial (social distancing) sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona di tanah air. Salah satu caranya adalah menghindar dari keramaian dan beraktivitas di rumah sehingga konsultasi corona dengan pakar kesehatan pun hanya dapat dilakukan dari rumah.

Aplikasi dan situs-situs pemerintah sudah banyak dibuat untuk memudahkan mencari informasi. Seperti halnya Kominfo telah menetapkan Nomor Pelayanan Darurat 117 bebas pulsa yang secara ekslusif digunakan oleh BNPB. Lalu ada Kemenkes memiliki situs pantau corona bernama infeksiemerging.kemkes.go.id. Situs ini memberikan informasi penyebaran virus corona di Indonesia.

BNPB juga memiliki situs pantau virus corona bernama covid19.go.id. Situs ini dikembangkan Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan COVID-19 yang terdiri dari pemerintah, Badan PBB (UNICEF, WHO, dll), mitra pembangunan internasional, organisasi masyarakat sipil dan dunia usaha.

Baca Juga:

Selain situs pemerintahan, beberapa aplikasi ini juga dapat membatu Anda konsultasi corona dengan praktisi kesehatan saat sedang karantina di rumah. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis melalui Google Playstore.

  1. Alodokter

Melalui aplikasi Alodokter, kamu bisa mendapatkan berbagai kemudahan seperti bisa menyampaikan keluhan-keluhanmu kepada dokter umum/spesialis terpercaya, chat langsung dengan dokter, mendapat informasi kesehatan yang berguna serta ada fitur pencarian rumah sakit sehingga kamu bisa menemukan rumah sakit terdekat di sekitarmu.

  1. Klikdokter

Aplikasi kesehatan berikutnya adalah klikdokter. Aplikasi ini berfokus untuk memberikan layanan chat 24 jam kepada pengguna dengan dokter-dokter ahli di bidangnya. Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mulai dari gizi, kesehatan kulit, gigi dan mulut dan masih banyak lagi.

  1. Go-Dok

hampir sama seperti dua aplikasi sebelumnya, aplikasi Go-Dok ini Anda akan difasilitasi untuk berkonsultasi secara online dengan dokter. Menariknya, kamu bisa memilih dokter favorit, namun dengan menggunakan sistem poin. Jadi, di sistem poin ini kamu diharuskan untuk berbagi informasi kesehatan yang disajikan oleh Go-Dok baik dalam bentuk video maupun artikel kesehatan.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Senilai Rp114 Triliun, Foxconn Akan Kembangkan Mobil Listrik di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Investasi / Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan  Perusahaan Hon Hai...

Bank Enggan Turunkan Bunga Kredit, Ekspansi Industri Dikhawatirkan Stagnan

JAKARTA, duniafintech.com - Kebijakan Bank Indonesia (BI) untuk menahan tingkat suku bunga acuan di level 3,50% ternyata tak cukup mampu mendorong perbankan untuk menurunkan...

OJK Larang Bank Fasilitas Kripto, Ini Tanggapan ABI

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta agar Lembaga Jasa Keuangan (LJK) memperketat pengawasan terhadap penggunaan rekening bank agar tidak digunakan untuk memfasilitasi...

Hindari Skema Ponzi, OJK Minta Lembaga Keuangan Perketat Fungsi Rekening

JAKARTA, duniafintech.com  - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta agar Lembaga Jasa Keuangan (LJK) memperketat pengawasan terhadap penggunaan rekening bank agar tidak dimanfaatkan sebagai modus...

Bitcoin dan Ethereum Sudah Diborong, Waktunya Beli? 

JAKARTA, duniafintech.com – Kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) mengalami kenaikan drastis pada volume perdagangan hari ini.  Menurut data coinmarketcap.com pukul...
LANGUAGE