27.1 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Aplikasi Pinjam Duit Online Sedang Viral Saat Ini, Apakah Aman?

Duniafintech.com – Layanan aplikasi pinjam duit online memudahkan masyarakat untuk kebutuhan mendesak. Persyaratan pengajuan yang mudah dan dana pinjaman yang bisa dicairkan dalam hitungan jam saja naik daun di kalangan masyarakat.

Meski demikian, ada sejumlah risiko yang mampu mengancam penggunanya jika tidak cermat memilih layanan. Bahkan, fakta menunjukkan jika korban pinjaman online ilegal masih terus berjatuhan setiap harinya di Indonesia. Masyarakat tentu harus mengantisipasi agar tidak menjadi korban selanjutnya.

Mungkin kita tidak mengira kalau data pribadi dan privasi dapat terganggu karena mengambil pinjaman online. Di era digital, sangat mudah terjadi kebocoran data pribadi dan hal mengkhawatirkan lainnya. Jadi, apa saja yang perlu kita perhatikan untuk memastikan pinjaman yang kita ambil, benar-benar dapat dipercaya? Berikut adalah ciri-ciri aplikasi pinjam duit online yang aman.

Pinjaman Resmi

Ada berbagai persyaratan yang perlu dipenuhi oleh aplikasi pinjam duit online untuk dapat terdaftar pada OJK. Setelah terdaftar maka perusahaan termasuk dalam perusahaan yang dipantau oleh OJK dan membuatnya resmi. Perusahaan pinjaman uang tersebut juga akan dimasukan pada daftar resmi di website AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) yang membawahi perusahaan P2P yang termasuk dalam pengawasan OJK.

Baca Juga:

Transparan

Kemajuan teknologi memungkinkan untuk mengambil pinjaman uang online melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui Playstore dan diakses melalui ponsel. Perusahaan pinjaman uang yang baik akan transparan mengenai tenor, jumlah pinjaman, cicilan, total bunga dan tidak ada biaya tersembunyi. Hal ini juga dapat dilihat dari review aplikasi pada playstore. Perhatikan bagian ini saat akan mengunduhnya.

Kebijakan Privasi

Anda akan merasa lebih aman memakai jasa pinjaman uang yang menjaga privasi penggunanya. Oleh karena itu sebaiknya perusahaan menyertakan lampiran “Syarat & Ketentuan” dan “Kebijakan Privasi” sebagai bentuk komitmen mereka. Pengguna perlu memperhatikan bagian ini untuk melindungi privasinya dan tidak menyetujui hal-hal yang dapat merugikan di masa yang akan datang.

Layanan Konsumen

OJK mengharuskan perusahaan P2P dalam pantauannya untuk mempunyai layanan pelanggan. Jadi, selain dapat memberikan pinjaman uang cepat juga memiliki layanan pelanggan yang tak kalah cepatnya. Semua nomor dapat dihubungi dan membantu untuk setiap pertanyaan yang dilontarkan. Respon cepat adalah indikasi lain yang dapat dijadikan panduan untuk memilih jasa pinjaman uang online.

Website dan Aplikasi Aman

Tahukah Anda kalau perusahaan yang sudah terdaftar di OJK diharuskan memiliki layanan yang aman atau secure. Semua pendataan perlu lolos audit dan mengantongi sertifikasi ISO teknologi informasi yang diakui. Calon peminjam dapat mengetahuinya dari website atau aplikasi yang disertai dengan logo gembok.

Hal ini jadi indikasi kalau sebuah situs atau aplikasi memiliki keamanan yang terjamin. Anda bisa lihat pada website resminya. Ikon ini memberikan garansi situs dan aplikasinya aman untuk dipakai sesuai dengan panduan yang terstandarisasi.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi Indonesia Terdaftar BEI, Ini Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tentunya dapat menjadi pilihan untuk investasi. Di samping memiliki produknya, kamu pun...

Cara Bayar Kredivo Lewat Alfamart, Ini Panduan Mudahnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Kredivo lewat Alfamart sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kredivo sendiri menjadi salah satu layanan kredit online...

Daftar Fintech Berizin OJK Jadi 102, Ini Rinciannya

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar fintech berizin kembali dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 22 April 2022 lalu. Dalam catatan OJK, total jumlah penyelenggara fintech...

Cara Investasi Emas untuk Pemula, Gampang Banget!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas untuk pemula, apakah susah? Tentu saja tidak. Bahkan, caranya gampang sekali. Seperti diketahui, emas memang bukan hanya populer sebagai...

Secara Analisis Teknikal, Penurunan Harga Bitcoin Saat Ini Masih Wajar

JAKARTA, duniafintech.com - Penurunan harga Bitcoin yang saat ini berada pada level sekitar Rp300 jutaan masih dalam batas wajar jika ditinjau dari analisis teknikal....
LANGUAGE