30.1 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Asuransi Mobil Bintang, Apa Saja Keunggulannya?

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi mobil bintang adalah salah satu produk asuransi mobil terbaik yang melindungi nasabahnya dari risiko di masa depan.

Seperti diketahui, perlindungan akan aset yang dimiliki memang menjadi sesuatu yang harus harus diberikan agar tidak akan merugi di masa mendatang.

Mobil sendiri adalah aset yang sering diasuransikan sebab risikonya lumayan cukup tinggi. Nah, berikut ini adalah ulasan tentang Asuransi Bintang selengkapnya.

Profil Asuransi Mobil Bintang

Mengutip Qoala, Asuransi Bintang Tbk merupakan asuransi yang telah beroperasi sejak bulan Maret 1955. Perusahaan ini punya kantor pusat di Jalan RS Fatmawati Nomor 32 Jakarta, dengan 9 kantor cabang, satu cabang bisnis syariah, dan 14 kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Asuransi Mobil Online, Inilah Jenis-jenis dan Produknya

Adapun PT Srihana Utama, PT Ngrumat Bondo Utomo dan PT Warisan Kasih Bunda menjadi pemegang saham yang terdapat di perusahaan ini. Perusahaan ini punya ruang lingkup untuk menjalankan usaha di bidang asuransi dan kerugian dengan prinsip konvensional maupun syariah.

Ada produk asuransi umum, konvensional, dan syariah yang yang tercakup dalam berbagai jenis asuransi, di antaranya asuransi kendaraan bermotor, asuransi kebakaran, asuransi rekayasa, asuransi pengangkutan, asuransi terorisme dan sabotase, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri, asuransi rumah dan asuransi syariah.

Perusahaan ini sudah memperoleh izin usaha sebagai perusahaan asuransi kerugian pada tanggal 13 Oktober 1986. Pada 19 Februari 2007, perusahaan ini pun telah mengantongi izin untuk membuka kantor cabang dengan prinsip syariah dari Menteri Keuangan.

Jenis-jenis Asuransi Mobil Bintang

Ada dua jenis asuransi mobil di perusahaan ini untuk menjaga mobilmu dari berbagai risiko yang ada di jalanan, yaitu:

1. Asuransi mobil all risk bintang yang akan memberikan proteksi asuransi secara komprehensif terhadap semua risiko kerusakan yang bisa terjadi terhadap mobil.

2. Asuransi mobil TLO bintang yang bisa melindungi mobil dari kerugian total atas kerusakan dengan jumlah kerusakan minimal 75% dari nilai mobil atau mobil hilang karena pencurian.

Sebagai informasi, harga untuk kedua jenis asuransi ini tentunya akan berbeda dan biasanya asuransi all risk akan punya harga yang lebih mahal ketimbang asuransi TLO.

asuransi mobil bintang

Daftar Produk dan Polis Asuransi Mobil Bintang

Untuk diketahui, Asuransi Bintang memiliki sejumlah produk dan polis asuransi yang dapat kamu pertimbangkan. Berikut ini daftarnya.

1. Asuransi mobil all risk: asuransi yang akan melindungi mobil secara menyeluruh terhadap semua risiko berkendara, baik itu untuk kendaraan, pengendara, penumpang dan pihak ketiga.

– Kerugian yang ditanggung adalah kerugian akibat kerusuhan, terorisme, huru-hara, sabotase, tsunami, gempa bumi, letusan gunung berapi, badai, angin topan, banjir, tanah longsor, dan hujan es.

– Tanggung jawab hukum untuk pihak ketiga juga akan diberikan sebesar maksimal 10 juta rupiah serta asuransi kecelakaan untuk 5 orang sekaligus dengan masing-masing orang sebesar 5 juta rupiah.

– Pengobatan untuk 5 orang itu juga diberikan sebesar Rp500.000 serta santunan tunai sebesar Rp500.000 per kejadian. Biaya kendaraan terkait derek karena adanya kecelakaan akan diganti dengan jumlah maksimal 0,5% dari nilai pertanggungan.

2. Asuransi mobil TLO: jenis ini bisa menanggung semua kerusakan mobil yang jumlahnya lebih dari 75% atau hilang akibat pencurian, serta ada juga perluasan jaminan. Asuransi ini akan menanggung kerugian total karena kerusuhan, terorisme, huru-hara, sabotase, tsunami, gempa bumi, letusan gunung berapi, badai, angin topan, banjir, tanah longsor, dan hujan es.

– Tanggung jawab hukum untuk pihak ketiga juga akan diberikan sebesar maksimal 10 juta rupiah serta asuransi kecelakaan untuk 5 orang sekaligus dengan masing-masing orang sebesar 5 juta rupiah. Pengobatan untuk 5 orang itu juga diberikan sebesar Rp500.000.

Baca juga: Biaya Klaim Asuransi Mobil, Begini Ketentuannya

3. Asuransi kendaraan bermotor komprehensif bisnis merupakan asuransi yang bisa memberikan manfaat yang sama seperti asuransi all risk, tetapi memiliki perluasan jaminan. Asuransi ini akan menanggung tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga serta kecelakaan diri untuk penumpang maupun pengemudi. Hal-hal yang ditanggung adalah kerusakan karena kerusuhan, terorisme, huru-hara, sabotase, tsunami, gempa bumi, letusan gunung berapi, badai, angin topan, banjir, tanah longsor, dan hujan es.

4. Asuransi kendaraan bermotor TLO bisnis: asuransi yang menanggung kerugian atau kerusakan dengan jumlah lebih dari 75% atau kehilangan karena adanya tindakan kriminal. Uang yang diganti akan sesuai dengan harga pasar mobil yang rusak atau hilang. Hal-hal yang ditanggung adalah kecelakaan yang terjadi akibat terperosok, tergelincir, tabrakan, terbalik, dan benturan keras yang membuat mobil rusak sampai lebih dari 75%. Adanya pencurian, kebakaran dan perbuatan jahat orang lain, juga akan ditanggung oleh asuransi ini.

Syarat Mengajukan

Inilah beberapa dokumen yang harus dipersiapkan untuk mendaftar sebagai nasabah dari Asuransi Mobil Bintang:

1. Fotokopi KTP atau SIM atau kitas

2. Fotokopi STNK

3. Dokumen lain sesuai dengan jenis perlindungan yang sudah dipilih

Jika semua persyaratan di atas telah disetujui maka nasabah akan membayar premi asuransi kepada perusahaan asuransi mobil untuk memperoleh proteksi sesuai dengan perlindungan yang ada pada polis.

Cara Beli

Terkait cara belinya, pihak telemarketing Asuransi Bintang akan langsung menghubungi pemegang Maybank kartu kredit agar dapat mengetahui penawaran asuransi atau nasabah bisa langsung menghubungi Maybank Customer Care di nomor 1500611.

Kamu juga bisa membeli asuransi otomotif ini secara online dan tidak harus datang ke kantor cabang terdekat untuk mengetahui harga premi yang perlu dibayar. Hal itu dapat dilakukan saat nasabah mengisi formulir yang sudah ada di situs resmi perusahaan.

Setelah itu, nasabah akan langsung dihubungi oleh telemarketing atau bagian sales pada Asuransi Bintang.

Cara Bayar Premi

Mengenai cara bayar preminya, nasabah dapat menggunakan sejumlah metode pembayaran yang paling nyaman digunakan, misalnya transfer bank, autodebet pada rekening atau kredit, dan melalui rekanan perusahaan asuransi.

Cara pembayaran ini mesti disepakati saat menandatangani polis, tetapi kebanyakan perusahaan asuransi bakal memberikan masa perlindungan selama 1 tahun. Sejatinya, cara pembayaran yang harus dilakukan akan sama seperti semua asuransi, yakni kamu harus tahu nomor polis yang mau kamu bayar.

Kemudian, kamu hanya perlu memasukkan nomor polis Asuransi Mobil Bintang dan melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang tertera. Kamu pun mesti menyimpan bukti pembayaran agar kamu punya bukti saat diperlukan.

Baca juga: Asuransi Mobil Zurich Review: Keunggulan hingga Premi

Di samping itu, biasanya kamu akan memperoleh notifikasi lewat SMS atau email saat pembayaran kamu telah berhasil.

Cara Cek Polis

Cek polis Asuransi Bintang bisa dilakukan dengan beberapa langkah, yakni sebagai berikut:

1. Ketuk ikon cek polis dan terpanjang pada halaman situs perusahaan

2. Masukkan nomor polis asuransi yang kamu miliki

3. Kamu akan melihat keterangan mengenai polis asuransi yang kamu miliki di layar

4. Kamu bisa mengklik “perpanjang polis saya” ketika kamu ingin memperpanjang polis asuransi

5. Pilihlah “unduh formulir”

Panduan Cara Klaim

Sebagai informasi, kamu dapat mengajukan klaim asuransi saat terjadi suatu hal yang menyebabkan mobil rusak dan batas waktu maksimal untuk mengajukan klaim adalah 72 jam setelah kejadian. Klaim kamu akan ditolak jika kamu melakukannya lebih dari batas waktu itu. Kamu dapat langsung menghubungi pihak asuransi bintang lewat nomor telepon kantor pusat, kantor cabang, atau kantor perwakilan.

1. Pastikan bahwa kamu melaporkan kejadian ini maksimal 5 x 24 jam setelah kejadian lewat email atau telepon.

2. Lengkapilah dan serahkan formulir klaim serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan kepada pihak asuransi.

3. Verifikasi atas data serta dokumen yang kamu serahkan akan dilakukan.

4. Pihak asuransi mungkin akan mengirimkan tim survei untuk mengecek kondisi mobil.

5. Dokumen dan data yang sudah lengkap akan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu analisis klaim. Kamu akan memperoleh notifikasi dari pihak asuransi kalau kamu harus melengkapi data atau dokumen.

6. Maksimal dalam waktu 30 hari kamu akan mendapatkan informasi mengenai diterimanya atau ditolaknya klaim yang kamu lakukan.

7. Jika klaim kamu diterima maka mobil kamu akan langsung diarahkan untuk dibawa ke bengkel atau diberikan uang pertanggungan sesuai dengan harga pasar mobil.

Manfaat Asuransi Mobil Bintang

1. Asuransi mobil all risk akan melindungi mobil secara menyeluruh terhadap risiko kerusakan pada mobil dengan kerusakan sebagian maupun total.

2. Asuransi mobil total loss only akan melindungi mobil dari kerusakan yang lebih dari 75% atau hilang karena adanya pencurian.

3. Asuransi mobil all risk bisnis akan melindungi mobil dari kerugian atau kerusakan sebagian dan total ketika kendaraan tersebut digunakan di perusahaan atau kebutuhan komersial lainnya.

4. Asuransi mobil total loss only bisnis akan melindungi mobil dari kerusakan lebih dari 75% atau hilang karena dicuri selama kendaraan tersebut digunakan di perusahaan atau kebutuhan komersial lainnya.

Keunggulan Asuransi Mobil Bintang

1. Kamu bisa mendapatkan jenis perlindungan yang sangat lengkap dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. Asuransi bintang memiliki ganti rugi komprehensif sehingga ketika kendaraan kamu mengalami kehilangan, kerusakan atau pencurian maka asuransi ini akan memberikan ganti rugi dengan jumlah yang besar yang sesuai dengan jumlah pembayaran premi pada polis asuransi sehingga kerugian yang dialami oleh tertanggung bisa dikurangi.

3. Asuransi ini juga bisa membuat kendaraan kamu menjadi lebih terawat dari kerusakan kerusakan yang mungkin terjadi dan kalau dijual kembali maka harganya akan lebih tinggi karena mobil kamu dirawat dan memiliki asuransi yang melindunginya.

Baca juga: Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

Itulah ulasan tentang Asuransi Mobil Bintang yang perlu kamu ketahui. Tertarik untuk membeli produk ini sekarang juga?

 

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE