34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Asuransi Property All Risk: Jenis Hingga Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi property all risk merupakan salah satu layanan pelengkap dari layananan asuransi properti. 

Asuransi properti mungkin tidak sepopuler asuransi kesehatan maupun asuransi kendaraan ya. Tapi, sebenarnya asuransi properti memiliki manfaat yang tidak kalah penting juga lho. 

Asuransi properti merupakan jenis perlindungan terhadap aset properti seperti rumah, apartemen, hingga perkantoran. Asuransi ini bertujuan untuk mengantisipasi kerugian finansial akibat kejadian tak terduga yang menimpa properti yang Anda miliki tersebut. 

Asuransi property all risk misalnya, ini bisa menjadi proteksi dari kejadian tidak terduga ini dapat berupa bencana, hal-hal akibat kelalaian manusia seperti kebakaran, ledakan, serta kerusuhan. Berikut ini ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Finansialku.

Jenis-jenis Asuransi Properti

Secara umum, ada dua jenis asuransi properti, yakni asuransi properti untuk rumah tinggal dan asuransi bisnis. Asuransi bisnis ini kemudian dibagi lagi menjadi gudang, toko/ruko, dan kantor/rukan.

1. Asuransi Properti Rumah

Asuransi properti rumah adalah proteksi finansial apabila terjadi resiko kerugian atau kerusakan pada objek rumah tinggal, apartemen, rumah susun, atau beserta isinya.

Berdasarkan situs resmi OJK, asuransi kepemilikan rumah dan properti ini pun terbagi lagi menjadi dua kategori, yaitu:

  • Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Polis ini hanya menjamin risiko kebakaran yang tercantum dalam polis untuk rumah, apartemen/rumah susun, dan/atau beserta isinya.  

  • Polis Asuransi Properti All Risk

Polis ini hanya menjamin risiko kebakaran, pencurian, hingga bencana alam, dan lainnya yang tercantum dalam polis untuk rumah, apartemen/rumah susun, dan/atau beserta isinya.

2. Asuransi Properti Bisnis

Sedangkan asuransi properti bisnis dikhususkan untuk objek asuransi yang bersifat sebagai kantor, rumah sakit, sekolah, hingga pabrik.

Jenis asuransi bisnis ini pun terbagi menjadi dua kategori, yaitu:

  • Asuransi Properti Non Industri (bukan industri besar)

Polis yang biasa digunakan untuk bisnis non industri adalah sektor jasa. Jenis polis ini merupakan all risk yang biasanya memberikan jaminan ganti rugi untuk bangunan seperti perkantoran, sekolah, hingga rumah sakit.

  • Asuransi Properti Industri (industri besar)

Polis asuransi yang biasa digunakan bisnis skala industri adalah produsen makanan hingga perabotan. Pertanggungan yang diberikan biasanya termasuk kerugian bisnis ketika terjadi musibah.

Asuransi Property All Risk

Rekomendasi Perusahaan Asuransi yang Melayani Jenis Property All Risk

Nah, setelah mengenal sekilas tentang asuransi properti, Anda dapat mencari tahu lebih dekat tentang asuransi ini dengan mengenali produk-produknya. Umumnya, perusahaan ini juga melayani jenis asuransi property all risk. 

Baca jugaAsuransi Kesehatan selain BPJS: Rekomendasi & Kelebihannya

Berikut rangkuman asuransi terbaik untuk properti dari perusahaan terbaik di Indonesia, baik dari properti individu maupun untuk bisnis. 

1. Asuransi Properti Allianz

Asuransi untuk properti yang pertama adalah Allianz. Selain menawarkan produk asuransi pada bidang lain, Allianz juga menawarkan produk asuransi property ya. Allianz menawarkan asuransi properti konvensional dan syariat sesuai kebutuhan para nasabah.

Salah satu contohnya adalah produk Polis bernama RumahKu Plus, di mana Anda dapat memperoleh polis tersebut langsung di kantor pusat atau cabang, melalui agen, atau pun broker.

Setiap produk asuransi properti tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Allianz memiliki keunggulan dengan adanya ganti rugi yang mencapai Rp 20 miliar untuk setiap risiko. Sementara, premi yang harus dibayarkan hanya berkisar 0,0294 hingga 0,244 persen saja.

2. Asuransi Property All Risk Adira Insurance

Adira Insurance juga dapat menjadi pilihan brand asuransi property buati Anda. Adira merupakan salah satu nama besar dalam asuransi umum. Untuk produk asuransi propertinya sendiri, Adira juga menyediakan pilihan konvensional dan syariah.

Apabila Anda hanya memiliki budget tipis, tersedia pula asuransi mikro dengan jaminan ganti rugi terbatas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

Selain itu, Adira juga menyediakan program AIRA Ramadan, yaitu polis asuransi properti untuk nasabah yang melakukan perjalanan mudik dan meninggalkan asetnya sementara. Bahkan, asuransi Adira juga menawarkan produk asuransi tempat usaha alias asuransi properti bisnis.

3. Asuransi Property All Risk dari Sinar Mas

Dikenal dengan perusahaan yang berdiri pada bidang building, Sinar Mas juga memiliki perusahaan di bidang finansial dan asuransi juga. 

Perusahaan Sinar Mas pun termasuk dalam rekomendasi produk asuransi terbaik untuk jenis properti.

Baca jugaCara Cek Saldo Asuransi Tugu Mandiri dengan Mudah dan Efektif

Kategori asuransi properti di Sinar Mas di antaranya adalah Fire and Allied Perils. Pada produk ini Sinar Mas menyediakan tujuh polis asuransi terkait properti yaitu Homeowners Simas Rumah Hemat ++, Simas Ruko, Property All Risk, Industrial All Risks, Business Interruption, Growing Trees Insurance, Asuransi Kerusuhan dan Huru-hara, serta Asuransi Terorisme dan Sabotase.

4. Asuransi Properti ACA

Pilihan asuransi terbaik untuk properti yang selanjutnya adalah perusahaan Asuransi ACA. Produk asuransi properti ini merupakan salah satu yang terbaik dalam kelompok asuransiumum.

ACA menyediakan prduk bervariasi yang menawarkan asuransi kendaraan bermotor serta asuransi properti.

Untuk asuransi properti, ACA menyediakan lima pilihan polis di antaranya adalah Asuransi Kebakaran (PSAKI), Asuransi Pencurian & Pembongkaran, Asuransi Rumah Idaman (ASRI), Asuransi Semua Risiko Property atau industri (All Risk), dan Asuransi Gempa Bumi Indonesia.

5. Asuransi Properti BRINS

BRINS merupakan perusahaan asuransi yang berfokus pada penyedia jasa jaminan finansial melalui produk asuransi umum.

Bermula dari perlindungan untuk nasabah Bank BRI, produk BRINS telah meluas hingga mencakup masyarakat umum.

Proteksi asuransi kerugian BRINS terbilang cukup lengkap, salah satunya mencakup asuransi properti.

Asuransi properti BRI Insurance dikenal juga dengan nama ASRI. Terdapat tiga pilihan plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu Silver, Gold, dan Premium. Ketiganya memiliki besaran premi dan uang pertanggungan yang berbeda.

Asuransi Properti BRINS memberikan jaminan menyeluruh bagi bangunan dan isi rumah termasuk perlindungan untuk penghuni sekaligus tanggung jawab pihak ketiga yang dirugikan.

Itulah informasi seputar asuransi property all risk. Semoga bermanfaat ya.

Baca jugaAsuransi Raksa: Daftar Produk, Polis, hingga Cara Klaimnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...

Kinerja Positif Kementerian BUMN Tercapai di Tahun 2021

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan pencapaian kinerja berada dalam posisi positif ditengah situasi pandemi global di tahun 2021. Hal...
LANGUAGE