26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Bank Jago vs Line Bank, Siapa yang Lebih Unggul?

JAKARTA, duniafintech.com – Bank Jago vs Line Bank, siapa ya yang lebih unggul? Mari simak komparasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Saat ini, bank digital telah menjadi salah satu layanan keuangan yang punya potensi pasar cukup besar. Pasalnya, berdasarkan banyak riset, ditemukan bahwa sebagian besar masyarakat sudah enggan untuk menggunakan produk keuangan konvensional, apalagi yang mengharuskan mereka datang ke kantor cabank untuk pembukaan rekening atau beragam hal keuangan lain.

Saat ini, sebagian besar masyarakat lebih tertarik untuk memakai aplikasi keuangan digital. Kini, aplikasi digital banking pun mulai banyak tersedia, dengan beberapa di antaranya adalah Bank Jago dan Line Bank.

Keduanya adalah produk bank digital (digital banking) yang belum lama ini rilis. Bank jago lebih dulu rilis ketimbang dengan Line bank. Di dalam fitur dan fasilitasnya, keduanya juga punya beberapa kemiripan dan kesamaan.

Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari makeduit.

Baca juga: Bank Jago vs TMRW, Inilah Kelebihan & Kekurangannya

Bank Jago vs Line Bank: Profil Masing-masing

  1. Bank Jago

Bank Jago adalah salah satu bank lama yang lantas diakuisisi dan diubah menjadi bank baru dengan konsep digital. Sebelumnya, bank ini bernama PT Bank Artos Indonesia Tbk (Bank Artos) yang didirikan di Bandung pada tahun 90-an.

Namun, pada tahun 2019 lalu, para pemegang saham baru memutuskan untuk melakukan inovasi. Lantas, muncullah aplikasi Jago sebagai salah satu digital banking yang menyayangi beberapa bank yang sudah ada sebelumnya, misalnya Jenius BTPN.

  1. Line Bank

Line Bank merupakan salah satu aplikasi bank digital baru di Asia, termasuk di Indonesia. Bank ini lahir sebagai hasil kerja sama antara PT Bank KEB Hana Indonesia dan juga Line Corp melalui anak usahanya Line Financial.

Aplikasi bank online yang satu ini menawarkan beragam fitur perbankan, mulai dari deposito, tabungan, digital payment, hingga transaksi lainnya.

bank jago vs line bank

Bank Jago vs Line Bank: Review & Komparasi

1. Wilayah operasional — Bank Jago vs Line Bank

Terkait wilayah operasional, Bank jago terbatas untuk para pengguna di Indonesia, sedangkan produk bank digital Line bank berlaku di wilayah Asia.

Bahkan, produk aplikasi keuangan digital Line Bank ini pun telah beroperasi di beberapa wilayah Asia, di antaranya Thailand, tetapi punya versi aplikasi yang berbeda sesuai dengan negaranya.

2. Kompatibilitas perangkat

Line Bank dan Bank Jago memang bisa digunakan dengan perangkat smartphone mobile. Terdapat 2 jenis smartphone yang kemudian bisa digunakan, yakni yang berbasis Android dan iOS.

3. Proses dan prosedur buka rekening

Untuk pendaftaran akun/buka rekening dari kedua bank ini memang bisa disebut cukup mudah dan cepat. Keduanya memakai prosedur pendaftaran rekening secara online.

Syarat yang harus disiapkan pun sama, yaitu e-KTP saja. Kamu akan diminta untuk mengisi formulir lewat aplikasi itu. Setelah itu, akan dilakukan video call untuk melakukan verifikasi dan aktivasi.

4. Fitur tabungan/saving

Kedua produk ini menawarkan fitur tabungan, tetapi ada beberapa perbedaan. Di samping itu, Line Bank dan Bank Jago memungkinkan para pengguna membuat beberapa pilihan tabungan sekaligus.

Line Bank memberikan kemudahan penggunaannya untuk membuat tabungan dengan beragam pilihan warna background, sedangkan Bank Jago memudahkan para pengguna untuk membuat banyak pilihan kantong sesuai dengan kebutuhan.

5. Fitur transaksi — Bank Jago vs Line Bank

Berbicara soal transaksi, keduanya punya persamaan, yakni sama-sama bisa digunakan untuk 3 kebutuhan: transaksi sesama aplikasi, transaksi ke rekening bank, dan juga transaksi digital payment atau bayar dan beli.

Namun, yang membedakannya, Line Bank belum punya fitur transaksi untuk top up e-money atau wallet dompet digital, seperti ke GoPay, DANA, OVO, dan lainnya, sementara Bank jago sudah memilikinya.

Baca juga: Fitur Bank Jago Terlengkap, dari Kantong sampai Arisan

6. Automatic payment

Kesamaan lainnya yang dimiliki oleh kedua bank ini, yaitu adanya fitur pembayaran otomatis. Baik Bank Jago maupun Line Bank punya pilihan fitur ini sehingga dapat digunakan untuk pembayaran secara berkala.

Hal itu tersedia di fitur Line bank dengan nama transfer terjadwal. Demikian halnya di Bank Jago, yang juga tersedia fitur ini untuk memudahkan kita menghindari lupa transfer.

7. Kartu debit

Kedua bank ini juga masih menggunakan kartu untuk kebutuhan transaksi para penggunanya. Namun, yang membedakan adalah di Bank Jago ada 2 kategori/jenis kartu, yaitu kartu digital dan fisik.

Sementara itu, di Line Bank itu masih terbatas untuk kartu, tetapi bisa membuat beberapa pilihan sekaligus.

8. Reward, Bonus, dan Promosi

Selanjutnya, terkait bonus dan promosi (reward). Di Line bank, kamu bisa mendapatkan bonus reward sebesar Rp150.000 sebagai nasabah baru. Syaratnya, yakni kamu harus memiliki saldo minimum harian Rp500.000 dan melakukan transaksi digital payment.

Sementara itu, di Bank Jago bonus diberikan kepada para pengguna dalam bentuk gratis tarik tunai dan bebas biaya administrasi transfer.

9. Tarik tunai — Bank Jago vs Line Bank

Sekalipun memiliki kartu ATM yang bisa digunakan, tapi ada fitur tarik tunai tanpa kartu di Line Bank. Sementara itu, untuk proses tarik tunai untuk Bank Jago hanya bisa dengan kartu ATM.

Sekian ulasan tentang Bank Jago vs Line Bank yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Bank Jago vs Blu by BCA, Intip Yuk 4 Perbandingannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE