26 C
Jakarta
Kamis, 8 Desember, 2022

Bank Jago vs TMRW, Inilah Kelebihan & Kekurangannya

JAKARTA, duniafintech.com – Bank Jago vs TMRW, mana yang paling layak untuk kamu coba? Pada ulasan berikut ini, kamu akan mengetahuinya.

Sejatinya, TMRW UOB dan Jago Bank menjadi dua aplikasi mobile banking yang paling populer saat ini. Namun, masih banyak ternyata orang yang belum bisa menentukan pilihan di antara kedua layanan terbaik ini.

Untuk mengetahuinya, simak yuk ulasan berikut ini, seperti dinukil dari Duwitmu.

Baca juga: Fitur Bank Jago Terlengkap, dari Kantong sampai Arisan

Bank Jago vs TMRW: Sekilas tentang TMRW UOB dan Bank Jago

TMRW merupakan solusi banking dari Bank UOB dengan basis mobile bagi generasi digital saat ini. Adapun Rekening, Kartu Debit, dan Kartu Kredit TMRW akan memberi solusi finansial agar nasabah lebih maju. Di TMRW pun semua urusan banking dapat dilakukan cukup dari mobile app smartphone. 

Untuk diketahui, TMRW memang dirancang untuk memberi kemudahan pada aktivitas banking. Kamu pun tidak perlu lagi ke kantor cabang dan mengisi formulir sebab buka rekening TMRW di aplikasi bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit.

Sementara itu, Jago adalah aplikasi mobile banking besutan Bank Jago, yang menjadi salah satu pionir bank digital di Indonesia. Lain dari bank-bank konvensional, nasabah bank ini tidak perlu ke kantor cabang untuk membuka rekening tabungan. 

Pasalnya, Jago memang menjanjikan proses pembukaan rekening bank yang 100% online—hanya via aplikasi di ponsel. Nasabah pun hanya tinggal mengunduh aplikasi Jago di Google Play Store, mengisi data, kemudian mengupload dokumen yang diminta. Selanjutnya, untuk mengaktifkan, nasabah hanya perlu menghubungi pihak Jago via video call.

bank jago vs tmrw

Kelebihan

Sejumlah keunggulan TMRW adalah sebagai berikut:

  1. Bebas Biaya Admin

Ketentuan soal biaya admin dan biaya transfer di TMRW adalah seperti berikut ini:

  • Biaya admin, Transfer ke bank lain: Jumlah
  • Biaya Administrasi per Bulan: Gratis 
  • Biaya Minimum Saldo: Gratis 
  • Biaya Rekening Dormant: Gratis 
  • Penutupan Rekening: Gratis 
  • Transfer Dana Rekening RTOL: Gratis 
  • RTGS: Gratis 
  • BI-FAST: Gratis
  1. Bunga Menarik

Adapun bunga 0,50% per tahun di TMRW Everyday Account kamu. Mohon diperhatikan bahwa keuntungan ini bisa berubah dalam jangka waktu tertentu. Bahkan, dengan TMRW Savings Account, pengguna dapat menikmati bunga lebih tinggi, yakni 3,5% per tahun. Di samping tabungan, TMRW punya deposito online, TMRW Power Saver, dengan bunga 3,88% per tahun dan minimal depo Rp8 juta.

  1. Pengelolaan Keuangan

Sebagai informasi, Smart Insights dari TMRW akan membantu melacak pemasukan, pengeluaran, dan memberikan saran berdasarkan pola transaksi agar kamu bisa mengatur keuangan lebih baik lagi. Sistem AI (artificial Intelligence) yang dimanfaatkan TRWM UOB ini akan memberikan saran yang lebih tepat bagi konsumen berdasarkan perilaku konsumen dalam menggunakan rekening.

  1. Bundle Rekening dengan Kartu Kredit TMRW

Di samping itu, konsumen TRWM pun dapat langsung mengajukan kartu kredit saat membuka rekening. Adapun kartu kredit TMRW memberikan cashback 1% untuk kategori restoran, supermarket & minimarket, dan transportasi, serta cashback 0,2% untuk pengeluaran di kategori lainnya. Dengan demikian, konsumen dapat mendaftar Rekening dan Kartu Kredit TMRW secara bersamaan, dengan menambahkan dokumen yang diminta.

  1. Buka Rekening 100% Online

Untuk diketahui juga, proses pembukaan rekening di TMRW dilakukan 100% online. Dalam arti, nasabah tidak perlu ke cabang, cukup melakukan proses buka rekening dari ponsel yang sudah mengunduh aplikasi TMRW. Nantinya, video Verifikasi akan dilakukan dalam proses buka rekening TMRW, yakni konfirmasi data diri melalui live chat dengan TMRW Agent, lalu verifikasi diri dengan menunjukkan e-KTP dan wajah saat video verifikasi. Video verifikasi wajib ini dan kamu booking jadwal lain jika ingin melakukannya di lain waktu. Nantinya, kartu ATM TMRW dikirim ke rumah atau alamat langsung sehingga tidak harus diambil di bank.

  1. Gratis Biaya Top Up E-Money

Adapun gratis biaya top up e-money dari TMRW UOB berlaku untuk:

  • GoPay
  • OVO
  • i.Saku
  • LinkAja

Fitur ini menjadi unggulan sebab tidak banyak aplikasi mobile banking yang memberikan gratis top-up. Nah, bagi kamu yang sering melakukan top up emoney, seperti ke GoPay atau ShopeePay, fasilitas gratis top up di TMRW ini akan sangat membantu.

  1. Limit Transfer ke Bank Lain

TMRW juga telah menentukan limit transfer ke bank lain sebesar Rp25 juta per transfer dan sehari maksimum bisa transfer ke bank lain Rp50 juta. Untuk rekening reguler, jumlah transfer ini tampak biasa, tetapi bagi sebuah rekening digital seperti TMRW, limit transfer ke bank lain sebesar ini cukup tinggi.

Baca juga: Bank Jago vs Blu by BCA, Intip Yuk 4 Perbandingannya

Sementara itu, kelebihan Bank Jago adalah sebagai berikut.

  1. Murah, Tidak Ada Biaya Admin

Berikut ini adalah daftar biaya dan saldo di Bank Jago:

  • Biaya administrasi bulanan: Gratis
  • Saldo awal saat buka rekening: Nol (Rp0).
  • Biaya akun dorman (tidak ada transaksi di bawah 6 bulan): Nol.
  • Tidak ketentuan ada saldo minimum.

Untuk diketahui, no cost di Jago tepat sekali untuk milenial atau first time jobber yang keuangannya terbatas, tetapi ingin punya  kartu debit untuk mengelola keuangan. Adapun di bank lainnya, hampir tidak ada yang tidak membebankan biaya admin. Kalaupun ada maka free admin fee, syaratnya banyak, dengan contoh yang paling sering, yakni mesti punya minimum saldo tabungan yang besar.

  1. Gratis Biaya Transfer, Gratis Top-Up E-Money

Jago pun memberikan fasilitas gratis biaya transfer dan biaya top-up e money. Biaya gratis ini dibatasi dalam sebulan. Berikut ini rinciannya:

  • Gratis: 25x Transfer dan Top up e-Wallet/Bulan
  • Setelah kuota habis: Rp3.000/transaksi
  1. Gratis Top Up GoPay

Kabar gembiranya adalah gratis biaya top up Go Pay dari Jago tidak ada batasan dan nasabahnya bisa selalu menikmati gratis biaya top up Go Pay ini tanpa dibatasi maksimum berapa kali dalam sebulan. GoJek sendiri memang menjadi salah satu pemilik Bank Jago sehingga fasilitas gratis biaya top up Go Pay dapat dinikmati oleh nasabah Jago. Adapun saat ini, biaya top up Go Pay di bank lainnya sekitar Rp3 ribu—Rp6 ribu. Jumlah itu cukup lumayan, terutama buat pasar milenial yang sering menggunakan Go Pay untuk berbagai transaksi.

  1. Buka Rekening 100% Online

Adapun pengalaman membuka rekening untuk pertama kali di Bank Jago, menunjukkan perbedaan mendasar antara bank digital dengan bank konvensional. Berikut ini penjelasannya:

  • Tidak perlu datang ke kantor cabang. Cukup semua proses lewat aplikasi.
  • Tidak perlu tanda tangan basah. Verifikasi dan teknologi bank digital memungkinan pengecekan via video call.
  • Proses pembukaan rekening selesai dalam waktu 1 jam-an. Jauh lebih singkat ketimbang di bank konvensional.
  • Harus punya e-KTP dan smartphone.
  1. Tabungan Bunga 4% Setahun

Jago punya tabungan “Kantong Nabung” yang memberikan bunga  4% p.a. dan membayar bunga setiap bulan. Uang di ‘kantong nabung” ini harus mengendap paling singkat selama 14 hari. Pada masa jatuh tempo 14 hari tersebut, nasabah tidak bisa menarik uangnya dan jika ditarik sebelum itu bunga akan hangus dan ada biaya tambahan. Bunga 4% di Jago ini menarik lantaran:

  • Bunga lebih tinggi dari bunga deposito, yang berkisar di 3%-an
  • Tenor simpanan yang pendek, minimum 14 hari, lebih cepat ketimbang deposito yang paling tidak harus mengendap 1 bulan.
  1. Budgeting via ‘Kantong’

Di aplikasi Jago, kamu bisa membuat berbagai ‘kantong’ secara online selayaknya amplop-amplop di rumah tangga. Dengan punya kantong yang berbeda-beda di satu rekening bank, kamu bisa mengelola budget dengan lebih baik. Misalnya, kamu bisa bikin kantong untuk belanja, jajan, travelling, dan yang lainnya. Di setiap kantong, kamu menetapkan budget berdasarkan penghasilan bulanan. Secara rutin, kamu bisa monitor, apakah pengeluaran masih dalam budget atau tidak. Dengan cara itu, kamu bisa tahu apakah pengeluaran bulanan sesuai rencana atau tidak. Seandainya pengeluaran over budget, yang menyebabkan tidak bisa menabung, kamu pun bisa langsung tahu apa penyebabnya hanya dengan melihat kantong mana yang pengeluarannya tidak sesuai rencana.

  1. Kartu Debit Online

Aplikasi Jago diketahui memberikan kartu debit untuk nasabah. Namun, bedanya dengan bank konvensional, yakni kartu debit Jago dapat dipilih oleh nasabah, apakah kartu online atau kartu fisik. Kartu debit online punya fitur yang sama dengan kartu debit umumnya, kecuali tidak ada fisik kartunya. Kartu debit online ini dapat digunakan, utamanya untuk transaksi online. Banyak merchant dan e-commerce yang menerima pembayaran dengan kartu debit online. Permintaan kartu debit di Jago cukup dengan nasabah membuat di aplikasi dan tidak perlu harus pergi kantor cabang. Proses aktivasinya pun dilakukan via aplikasi. Ada proses di aplikasi untuk membuat PIN ATM Kartu debit.

Ringkasan Bank Jago vs TMRW

  1. Jago Bank
  • Buka Rekening: Online, 100%
  • Kartu Kredit: Tidak Ada
  • Biaya Admin: Gratis
  • Biaya Transfer: Gratis
  • Biaya Tarik Tunai ATM: Gratis
  • Minimum saldo: Nol (Rp0)
  • Pengelolaan Keuangan: Ada
  • Otoritas Pengawas: OJK
  1. TMRW
  • Buka Rekening: Online, 100%
  • Kartu Kredit: Ada
  • Biaya Admin: Gratis
  • Biaya Transfer: Gratis
  • Biaya Tarik Tunai ATM: Ada
  • Minimum saldo: Rp1 juta
  • Pengelolaan Keuangan: Ada
  • Otoritas Pengawas: OJK

Sebagai kesimpulan, TMRW  unggul sebagai aplikasi mobile banking dengan fitur lengkap, sedangkan Jago Bank unggul dengan biaya gratis dan tidak ada ketentuan minimum saldo untuk dapat menikmati biaya yang gratis itu. TMRW dan Jago, aman dan kredibel karena terdaftar dan diawasi OJK.

Sekian ulasan tentang Bank Jago Vs TMRW yang perlu kamu ketahui. Sudah menentukan pilihan?

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Bank Jago, Cair dalam Hitungan Jam!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE