Belajar dari Kasus Gisel, Ini Cara Amankan Data di Smartphone yang Hilang

0
854
Belajar dari kasus Gisel

DuniaFintech.com – Kasus video syur mirip artis Gisella Anastasia akhirnya terungkap. Mantan istri Gading Marten tersebut mengaku sempat kehilangan ponselnya 3 tahun lalu. Kira-kira belajar dari kasus Gisel ini, adakah pelajaran yang dapat kita petik?

Belajar dari kasus Gisel tentunya salah satu hal yang bisa kita soroti adalah keamanan data dari ponsel. Lalu bagaimana cara mengamankan data ponsel kita? Simak beberapa cara berikut.

Baca juga :

Cara Amankan Data di Smartphone yang Hilang

Pastikan Enkripsi Penyimpanan Data Diaktifkan

Periksa teknologi enkripsi penyimpanan data, yang biasanya sudah diterapkan di berbagai tipe ponsel, baik itu iOS maupun Android Anda.

Enkripsi penyimpanan data penting untuk melindungi data yang ada dalam ponsel, karena pihak penyedia biasanya akan menyimpan data yang pengguna miliki ke penyimpanan Cloud.

Sebagai pemilik ponsel, kita harus melakukan pemeriksaan ulang password atau pin yang digunakan.

Disarankan untuk membuat password yang rumit dengan kombinasi angka yang lebih dari empat, dan membuat pin yang tidak mudah ditebak oleh oknum yang hendak mencuri ponsel kita.

Tidak lupa juga mengaktifkan fungsi biometrik yang ada, sebagai penunjang pengamanan. Biometrik bisa diaplikasikan dalam bentuk perekaman sidik jari maupun dalam bentuk perekaman retina.

Konfigurasi Aplikasi

Melakukan konfigurasi aplikasi juga menjadi hal penting untuk mengamankan akun yang aktif di ponsel Anda agar pencuri tidak dapat mengakses file yang berada di dropbox atau memposting sesuatu di akun media sosial Anda.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mengaktifkan Two Step Authentication. Dengan mengaktifkan Two Step Authentication mencegah pencuri ponsel untuk masuk ke dalam aplikasi atau akun yang dinilai berisiko merugikan, seperti iCloud, Google Drive, Dropbox, Facebook, hingga aplikasi Mobile Banking.

Aktifkan ‘Find my phone’

Dengan menggunakan aplikasi ‘Find my phone’, Anda dapat mengamankan data ponsel Anda dengan beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut, diantaranya Play Sound, Lock dan Erase.

Fungsi Play Sound sendiri untuk menyalakan suara android yang hilang dari jarak jauh dengan tingkat volume tertinggi meski ponsel Anda dalam mode silent atau membisu.

Sedangkan Lock untuk mengunci android dari jarak jauh. Nantinya di dalam opsi Lock Anda bisa mengisi password untuk membuka ponsel jika ponsel Anda berhasil ditemukan.

Selain itu fitur Erase, fitur ini digunakan untuk menghapus data ponsel dari jarak jauh, semua data seperti aplikasi dan galeri akan terhapus semua dengan satu kali klik.

Namun, perlu diketahui bahwa aplikasi ini dapat Anda gunakan jika ponsel Anda terhubung ke sambungan data.

Ubah kata sandi

Jika ponsel sudah dipastikan tidak ditemukan dan hal diatas tidak Anda lakukan, belajar dari kasus Gisel, hal yang dapat Anda lakukan terhadap ponsel Anda salah satunya adalah mengubah seluruh kata sandi yang terpasang pada ponsel pintar Anda.

Anda harus mengganti seluruh password akun yang terdapat dalam ponsel Anda. Selain akun sosial media, beberapa akun penting utama yang harus diganti kata sandinya adalah akun keuangan, akun kartu kredit, dan akun belanja online yang terhubung dengan kartu kredit Anda.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here