26.6 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Beli Rumah KPR Subsidi? ini Tips agar Tak Salah Pilih

JAKARTA, duniafintech.com – Beli rumah KPR subsidi? kenapa tidak, dan tim DuniaFintech.com punya tips agar tak salah pilih. Salah satu jenis rumah KPR adalah KPR subsidi. Apakah kamu sudah tahu tips membeli rumah KPR subsidi? Seperti yang diketahui, KPR subsidi adalah jenis kredit kepemilikan rumah yang berasal dari bantuan pemerintah. Dengan kata lain, pemerintah akan meringankan biaya terhadap suku bunga atau pun uang muka.

Banyak yang beranggapan jika rumah subsidi menjadi solusi untuk mengatasi masalah harga properti yang mengalami peningkatan setiap tahun. Wajar saja jika banyak pasangan muda yang lebih memilih rumah subsidi dibandingkan dengan rumah non subsidi.

Baca juga: Untuk Semua Kalangan, Inilah 15 Cara Membeli Rumah Terbaik

beli rumah kpr subsidi

Tips Beli Rumah KPR Subsidi

Beberapa orang melakukan kesalahan saat membeli rumah. Alhasil, rumah idaman terasa hanya wacana saja. Padahal rumah menjadi bagian aset yang sangat penting. Jika kamu ingin membeli rumah subsidi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Memperhatikan Lokasi Perumahan

Salah satu hal yang sangat penting saat mencari rumah adalah lokasi. Pastikan lokasi tersebut tidak jauh dari tempat kerja dan banyak dilalui oleh orang banyak. Jika kamu tinggal di area perkotaan, carilah lokasi yang ada di pinggiran kota dengan tepat.

Pasalnya, rumah subsidi sering kali memunculkan beberapa masalah terkait lokasi. Mulai dari tanah yang banyak timbunan, kesulitan mendapatkan air, sampai area yang sering terkena banjir. Tentunya kesalahan kecil ini bisa membuat kamu menyesal membeli rumah bersubsidi, lho.

2. Menanyakan Detail Rumah yang Akan Dibeli

Tips membeli rumah KPR subsidi bisa dilakukan dengan menanyakan detail rumah. Hal ini sangat penting untuk mengetahui seperti apa rumah idaman kamu nantinya. Beberapa orang tampak mengabaikan hal tersebut, sehingga saat terjadi masalah mereka malah bingung sendiri.

Oleh karena itu, kamu bisa menanyakan tentang fasilitas yang tersedia. Mulai dari air yang menggunakan PDAM atau tidaknya, listrik yang menggunakan pulsa token, sampai jumlah sumur yang tidak sesuai. Biasanya, keluhan tersebut sering ditemukan di rumah subsidi. Saat fasilitas yang didapatkan tidak sesuai harapan, tentunya kamu bisa melakukan komplain.

3. Mengamati Kualitas Fisik Bangunan

Salah satu kekurangan rumah subsidi terletak pada kualitas fisik bangunan. Hal inilah yang membuat kamu milenial lebih memilih rumah non subsidi ketimbang rumah subsidi. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang mementingkan kualitas terbaik dan dilihat dari fisik.

Namun, meski rumah subsidi mempunyai kekurangan, tidak menutup kemungkinan ada perumahan yang terbaik. Oleh karena itu, penting untuk melihat kualitas fisik bangunan. Karena jika ternyata kualitas fisik bangunan sudah rusak parah, tentunya kamu harus mengeluarkan banyak uang untuk merenovasinya, bukan?

Selain itu, kamu juga bisa meminta garansi bangunan pada pengembang dalam bentuk tertulis. Perkuat juga dengan materai agar lebih kuat di mata hukum. Kamu bisa mengajukan garansi bangunan selama 6 bulan ke depan. Tujuannya saat terjadi kerusakan yang bukan karena sengaja, maka pihak pengembang yang akan memperbaikinya.

4. Memeriksa Legalitas Tanah

Tips membeli rumah KPR subsidi bisa kamu lakukan dengan memeriksa legalitas tanah. Caranya dengan mencari informasi di Dinas Pertanahan setempat. Pastikan asal muasal HGB yang dipegang pihak pengembang benar adanya. Hal paling penting adalah memastikan HGB berasal dari lahan yang dikuasai oleh negara karena sifatnya aman.

5. Mencari Developer Terpercaya

Pengalaman membeli rumah subsidi terbaik bisa didapatkan dari developer terpercaya. Mengingat banyaknya properti dan harga yang terus meningkat, menjadikan bisnis ini pun laku. Nah, developer menjadi tempat bagi kamu untuk mencari perumahan yang tepat dan terbaik.

Namun, salah dalam memilih developer bisa membuat pilihan rumah terasa mengecewakan. Tentunya kamu tidak ingin salah memilih developer, bukan? Jadi, pastikan developer tersebut terpercaya, mempunyai pengalaman di bidangnya, dan tentunya tidak jahil. Karena banyak developer yang menipu konsumen sehingga konsumen harus mengeluarkan budget lebih.

Baca juga: 10 Tips Beli Rumah Pertama agar Aman

Maka kesimpulan yang bisa kita petik dalam ulasan ini, sebelum memilih rumah subsidi, ada baiknya untuk mempertimbangkan lebih dalam tentang kerugian dan kelebihannya. Jika sudah yakin, lakukan cara di atas untuk mendapatkan rumah idaman terbaik.

Sekarang kamu tidak perlu takut atau khawatir tentang tips memilih rumah KPR subsidi. Jadi, apakah kamu ingin membeli rumah dengan jenis ini?

Baca juga: Gaji UMR Bisa Beli Rumah? Begini Caranya..

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asyik dan Seru! Inilah Aplikasi Untuk Main Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi untuk main Metaverse penting untuk diketahui. Untuk bisa masuk dalam teknologi alam semesta virtual, tentunya harus menggunakan sebuah aplikasi.  Sejak metaverse...

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...
LANGUAGE