31 C
Jakarta
Kamis, 11 Agustus, 2022

Berita Fintech Indonesia: Pinjaman Online tanpa Slip Gaji

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia kali ini akan menghadirkan pinjaman online tanpa slip gaji yang bisa kamu coba sekarang juga.

Sebagaimana diketahui, slip gaji memang sejak lama menjadi salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman uang khususnya di bank konvensional. Oleh sebab itu, slip gaji menjadi hal yang penting saat kamu membutuhkan pinjaman/dana cepat.

Di samping itu, slip gaji pun menjadi penentu jumlah dan tenor pinjaman yang sesuai dengan budget peminjaman. Nah, bagi kamu yang tidak punya slip gaji, kamu masih bisa kok mengandalkan pinjaman online yang tidak mensyaratkan benda itu.

Baca juga: Rekomended! Ini Pinjaman Online Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Pasalnya, saat ini meminjam uang telah menjadi lebih mudah berkat adanya Peer-to-Peer (P2P) Lending. Bagi profesi yang tidak menerima bukti gaji saat pembayaran upah atau penghasilan nantinya tetap bisa meminjam uang di aplikasi/website pinjaman online. 

Misalnya saja para pekerja freelance, buruh harian, wiraswasta, supir ojek online, dan sebagainya. Bahkan, pencairannya tidak sampai 24 jam dan langsung cair, tanpa jaminan syarat yang memberatkan, serta cukup bermodalkan KTP.

Untuk mengetahui daftar rekomendasinya, simak ulasannya berikut ini yuk, seperti dikutip dari Qoala.

Alasan Fintech Bisa Berikan Pinjaman Online tanpa Slip Gaji—Berita Fintech Indonesia

Sejumlah P2P lending diketahui sanggup memberikan dana kredit kepada debitur tanpa harus menyertakan bukti gaji atau bahkan NPWP seperti yang berlaku di bank konvensional. Lantas, kenapa sih fintech berani melakukan hal itu? Berikut ini alasan/pertimbangan fintech.

1. Jumlah Pinjaman Relatif Kecil

P2P lending yang berani memberikan dana kredit tanpa jaminan memang cenderung lebih kecil jumlahnya, yakni mulai dari Rp500 ribu dan maksimum Rp3 juta atau lebih sedikit. Tujuannya adalah sebagai mitigasi risiko.

Pasalnya, kalau jumlah peminjam banyak dengan nilai pinjaman yang kecil, risiko kerugian cenderung minim jikalau ada nasabah yang menunggak pinjaman.

Di samping itu, P2P lending pun memiliki algoritma credit scoring yang bertujuan untuk memilih debitur potensial sehingga risiko tidak dikembalikannya dana pinjaman akan lebih kecil.

2. Penggunaan Data Ponsel HP

Adapun setiap kali menginstal aplikasi pinjaman online tanpa slip gaji, pengguna harus mengizinkan aplikasi mengakses beragam fitur yang ada di perangkat smartphone. Tujuannya adalah agar pihak fintech dapat “membaca” data-data di ponsel yang digunakan untuk mengunduh.

Nantinya, mereka dapat memperoleh mendapatkan informasi yang bisa dipakai untuk menganalisis calon debitur itu layak diberikan pinjaman dana tunai tanpa jaminan pribadi atau tidak.

Kenapa pakai data di smartphone? Hal itu karena data pribadi di sana lebih jujur dibanding saat debitur mengisinya sendiri di form pengajuan, di mana ada peluang untuk mengurangi atau memanipulasi data.

Lewat data yang ada di ponsel, fintech pun berani memberikan pinjaman tanpa slip gaji dan jaminan. Metode yang satu ini telah lebih dulu dipakai di negara-negara lain loh.

3. Algoritma Credit Scoring—Berita Fintech Indonesia

Saat memproses pengajuan pinjam uang tanpa syarat langsung cair, P2P lending akan memakai sejumlah algoritma canggih, dengan tujuan untuk membantu pengambilan keputusan kredit yang lebih objektif dan cepat.

Algoritma berupa credit scoring ini dapat membuat perusahaan fintech memutuskan pinjaman bulanan online langsung cair. Adapun algoritma ini dapat menggantikan peran slip gaji dalam mengevaluasi pengajuan kredit seseorang, apakah calon debitur layak mendapatkan pinjaman online tanpa jaminan atau tidak.

Basisnya menggunakan big data, yaitu sumber segala macam data yang menjadi acuan untuk memproses keputusan. Tentunya, hal itu berbeda dengan perbankan yang lebih menekankan proses manual dan konvensional.

Fintech akan melakukan credit score sesuai machine learning algoritma dan big data secara lebih dalam untuk memproses pinjaman pribadi non bank.

4. Mengandalkan Data KTP

Jika disimak lagi maka pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat langsung cair minimal ini nantinya juga harus menyertakan foto dan data KTP. Adapun data dari KTP bisa digunakan sebagai alat analisis dari pengajuan kredit.

Di samping itu, hampir semua pinjaman online menyertakan verifikasi wajah sebagai bagian dari proses mitigasi risiko. Sekalipun pelayanan P2P lending tidak ribet dan dana bisa cair dalam hitungan jam bahkan menit, semuanya telah diperhitungkan sedemikian rupa, salah satunya adalah harus menyertakan foto KTP dan verifikasi wajah.

berita fintech indonesia

Berita Fintech Indonesia: Pinjaman Online tanpa Slip Gaji

1. Tunaiku

Tunaiku yang menawarkan pinjaman mudah tanpa jaminan dan tidak perlu kartu kredit. Pinjaman yang bisa diajukan di sini mencapai Rp20 juta, dengan tenor mulai 6 bulan hingga 20 bulan. Suku bunganya ditetapkan 3% hingga 4% per bulan, sedangkan bunga maksimum per tahun (APR) 36% hingga 48%.

Persyaratan:

– Warga negara Indonesia

– Berusia 21 sampai 55 tahun

– Punya rekening bank

– Bekerja atau berpenghasilan (Pekerja swasta dan PNS)

– Tinggal atau bekerja di area layanan Tunaiku (Medan, Palembang , Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Pekanbaru, Denpasar dan Makassar).

2. Dana Rupiah

Sudah terdaftar di OJK, Dana Rupiah pun bisa kamu andalkan sebab keamanannya telah terjamin. Di sini, kamu bisa meminjam uang mulai dari Rp400.000 hingga Rp8.000.000, dengan suku bunga 0,8% per hari dan tenor pinjaman lebih dari 91 hari.

Persyaratan:

– Warga Negara Indonesia (WNI)

– Usia di atas 18 tahun

– Memiliki KTP

3. Kredit Pintar

Pinjaman mulai dari Rp2,3 juta hingga Rp10 juta dengan tenor angsuran mulai dari 91 sampai 360 hari tersedia di Kredit Pintar. Suku bunga tahunannya maksimum 11% dan biaya keterlambatan 1%/hari.

Persyaratan:

– Usia minimal 21 tahun

– Punya KTP

4. Dana Bijak

Dana Bijak melayani pinjaman mikro kepada masyarakat di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Proses peminjamannya pun gampang, dengan plafon yang tersedia mulai dari Rp350 ribu hingga Rp3 juta. Bunga pinjamannya per bulan sekitar 8%, sedangkan jangka waktu pinjaman tersedia hingga 30 hari.

Syarat pinjaman:

– Warga Negara Indonesia (WNI)

– Usia 21—55 Tahun

– Punya penghasilan minimum Rp2.500.000

– Punya rekening atas nama pribadi

5. Tunai Kita

Tunai Kita memiliki 2 produk kredit, yaitu kredit dengan pelunasan sekaligus dan kredit dengan sistem pembayaran cicilan. Produk pinjaman dengan pembayaran sekaligus ditujukan untuk pelanggan berusia 20 tahun ke atas dan plafon pinjaman Rp400 ribu—Rp4 juta. 

Sementara itu, pinjaman cicilan mempunyai tenor 3—6 bulan dan limitnya berkisar Rp5 juta—Rp20 juta. Adapun persentase bunga di Tunai Kita per hari adalah 0,69%.

Syarat pinjaman:

– Warga Negara Indonesia

– Berusia 21—55 tahun

– Punya KTP

– Punya rekening bank BCA, Danamon, BNI, Mandiri, BRI, Permata, atau Mega atas nama pribadi

– Berdomisili di area layanan

Baca juga: Kriteria Pinjaman Online yang Kredibel, Inilah Ulasannya

6. KTA Kilat (PT Pendanaan Teknologi Nusa)

Di KTA Kilat, kamu bisa meminjam uang hingga Rp8 juta, dengan tenor pinjaman 91—120 hari. Adapun suku bunganya berkisar antara 0,67% hingga 0,8% per hari dan suku bunga tahunan maksimal sebesar 201%.

Persyaratan:

– Berusia 18—50 tahun

– Punya pekerjaan tetap

– Punya nomor ponsel aktif

7. AwanTunai

AwanTunai juga menyediakan pinjaman online langsung cair tanpa ribet untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) (usaha mikro kecil menengah) maupun perseorangan. Kamu bisa meminjam dana sebesar Rp5 juta hingga Rp200 juta dan biaya suku bunga 2% hingga 4%. Tenor pinjaman yang tersedia mulai dari 3 bulan sampai 9 bulan.

Kamu bisa mengunduh download aplikasi AwanTunai di Google Playstore dan melakukan pengajuan kredit. Syarat yang ditujukan pinjaman online langsung cair ini juga hanya KTP. Fintech ini sudah terdaftar di OJK sehingga tak perlu diragukan legalitasnya.

Syarat AwanTunai:

– Warga negara Indonesia

– Punya e-KTP atau KTP dan kartu keluarga

– Punya pekerjaan tetap

– Berdomisili di daerah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, dan Depok.

8. PinjamanGo

PinjamanGo akan membuat kamu bisa mengajukan kredit sebesar Rp1,2 juta—Rp5 juta, dengan dua tenor, yakni 14 hari dan 21 hari dan bunga pinjaman sebesar 0,8% per hari.

Persyaratan:

– Memiliki KTP/passport

– Punya rekening Bank Sinarmas

– Punya NPWP

9. PinjamWinWin

PinjamWinWin menyediakan dana kredit sebesar Rp500 ribu—Rp5 juta dengan tenor 30 hari. Adapun suku bunga hariannya adalah 0,99% dan dihitung secara akumulatif dari total.

Syarat pinjaman:

– Usia 21—50 tahun

– Menyertakan foto KTP dan foto selfie

– Berpenghasilan minimum Rp3.000.000

– Punya rekening tabungan pribadi atas nama sendiri

– Berdomisili Jabodetabek, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Mojokerto, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan.

10. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat menyediakan limit kredit mulai Rp600 ribu hingga Rp5 juta dengan tenor 21 sampai dengan 365 hari (1 tahun). Adapun suku bunga kreditnya berkisar 0,54% hingga 0,39% per hari, bergantung masa pinjaman.

Syarat pinjaman:

– Warga Negara Indonesia (WNI)

– Usia minimal 18 Tahun

– Punya pendapatan tetap

– Berdomisili di Indonesia

– Memiliki e-KTP

11. CashWagon

CashWagon pun dapat diandalkan ketika kamu perlu pinjaman cepat atau dana darurat. Plafon pinjamannya mulai Rp500.000 hingga Rp2.000.000 untuk pinjaman pertama. Kamu dapat mengajukan kredit Rp5.000.000 untuk pengajuan kedua atau pengajuan selanjutnya. Adapun tenor pinjaman yang tersedia mulai dari 10, 20, hingga 30 hari.

Persyaratan:

– Berusia usia 22—60 tahun

– Punya penghasilan tetap

– Memiliki rekening bank atas nama pribadi

– Berdomisili di area layanan Cashwagon

12. Akulaku

Akulaku mempunyai produk KTA Kilat yang menawarkan dana kredit maksimum hingga 2 juta untuk tenor 40 hari. Sekalipun jumlah dana kreditnya kecil, KTA Kilat Akulaku ini sangat pas untuk kamu yang memerlukan dana emergensi dalam waktu cepat dan syarat mudah.

Syarat pinjaman:

– Karyawan mencantumkan informasi data pekerjaan

– Wiraswasta menyertakan foto NPWP, toko, kantor, situs usaha dan foto SIUP, TDP, rekening koran, kuitansi penjualan

– Pengemudi transportasi online menyertakan screenshot profil Lengkap & trip History yang ada di aplikasi transportasi online tempat bekerja

Sekian berita fintech Indonesia hari ini tentang daftar website/aplikasi pinjaman online tanpa slip gaji yang dapat kamu pertimbangkan. Selamat mencoba!

Baca juga: Pinjaman Online Dengan Bunga Ringan, Inilah Rekomendasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perbedaan Bitcoin dan Ethereum, Dua Crypto Pemegang Tahta! 

JAKARTA, duniafintech.com - Perbedaan Bitcoin dan Ethereum ternyata masih jarang diketahui. Dua aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini memiliki perbedaan yang mencolok.  Dari segi...

Berita Fintech Indonesia: Pinjaman Fintech tanpa Jaminan

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia kali ini akan membahas tentang daftar pinjaman uang Rp20 juta tanpa jaminan yang perlu diketahui. Seperti diketahui, melalui aplikasi...

Gak Seribet yang Dikira, Begini Cara Deposit Indodax Melalui ATM! 

JAKARTA, duniafintech.com - Cara deposit Indodax melalui ATM atau rekening bank yang seribet yang Anda pikirkan. Cara tersebut termasuk salah satu cara yang simpel...

Siap-siap! Aturan Pembatasan Beli Pertalite Bakal Terbit Pekan Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Siap-siap, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memberikan sinyal aturan pembatasan pembelian pertalite terbit pekan ini. Menteri ESDM Arifin...

Berita Kripto Hari Ini: Aturan Baru Perdagangan Kripto, Simak! 

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Kripto hari ini mengulas seputar peraturan baru yang mengatur soal perdagangan aset kripto di Indonesia. Kementerian Perdagangan atau Kemendag melalui Badan...
LANGUAGE