26.1 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Berita Kripto Hari Ini: Ini Penyebab Bank Kripto Silvergate Hentikan Jaringan Pembayaran Kripto-nya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait langkah Silvergate Capital Corp yang telah mengumumkan “keputusan berbasis risiko”.

Adapun keputusan itu untuk menghentikan jaringan pembayaran kripto Silvergate Exchange Network (SEN) pada Jumat, 3 Maret 2023.

Berikut ini berita kripto hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs Menguat, Cek Daftar Harganya

Berita Kripto Hari Ini: Layanan Terkait Deposit Masih Beroperasi

Diketahui, langkah tersebut diambil dua hari usai bank yang fokus pada aset digital tersebut meragukan kelangsungan bisnisnya. 

“Dengan segera, Silvergate Bank telah membuat keputusan berbasis risiko untuk menghentikan jaringan pembayaran kripto Silvergate Exchange Network (SEN). Semua layanan terkait deposit masih beroperasi,” kata Silvergate dalam pernyataan yang diposting di situs webnya, dikutip dari Yahoo Finance.

Silvergate menunda pengajuan laporan tahunan 10-K dengan Securities and Exchange Commission AS (SEC), yang menyebabkan harga sahamnya turun 31 persen dalam perdagangan pasca-bursa pada Rabu.

Saham bank itu pada Kamis pekan lalu mencapai rekor terendah, dengan penurunan lebih dari 97 persen dari level tertinggi sepanjang masa pada November 2021.

Silvergate Exchange Network merupakan salah satu penawaran terpopuler bank, memungkinkan transfer 24 jam antara investor dan bursa kripto, tidak seperti transfer bank tradisional yang seringkali memakan waktu berhari-hari untuk diselesaikan. 

Pada Rabu lalu, Silvergate memperingatkan dalam pengajuannya sedang mengevaluasi kemampuan operasionalnya sebagai bank yang beroperasi secara normal. 

Bank itu pun mengungkapkan mereka telah menjual surat utang lebih banyak pada tahun ini dengan kerugian dan kerugian lebih lanjut dapat membuat bank tersebut “kurang terkapitalisasi”. 

Usai peringatan itu, sejumlah perusahaan kripto besar termasuk Coinbase Global Inc dan Galaxy Digital menghentikan kemitraan mereka dengan Silvergate.

Penerbit stablecoin Paxos dan Circle, bursa aset digital Cboe, dan bursa kripto Bitstamp dan Gemini juga memutuskan kemitraan mereka dengan Silvergate.

Berita Kripto Hari Ini: Silvergate Bank Hentikan Jaringan Pembayaran Kripto saat Saham Sentuh Rekor Terendah

Silvergate Bank sudah menghentikan jaringan pembayaran mata uang kriptonya. Keputusan untuk menutup Silvergate Exchange Network mengikuti penarikan hubungan perbankan oleh beberapa perusahaan cryptocurrency besar, termasuk Coinbase, Gemini, Paxos, dan Circle.

Silvergate Bank mengumumkan pada Jumat jaringan pembayaran mata uang kriptonya, Silvergate Exchange Network (SEN), telah dihentikan.  

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Sejak 2013, Kapitalisasi Pasar Kripto Melonjak 80.466 Persen

“Efektif segera Silvergate Bank telah membuat keputusan berbasis risiko untuk menghentikan Silvergate Exchange Network (SEN). Semua layanan terkait simpanan lainnya tetap beroperasi,” demikian tulis Manajemen Silvergate Bank di situs resminya.

SEN merupakan jaringan milik Silvergate yang memungkinkan investor institusi bank dan klien mata uang digital untuk mentransfer dolar AS (USD) antara akun Silvergate mereka dan akun klien Silvergate lainnya dalam 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

Kekhawatiran meningkat atas stabilitas keuangan Silvergate dan prospek masa depan setelah runtuhnya crypto exchange atau pertukaran kripto FTX.

Bank mengeklaim pada 20 September 2022, FTX mewakili kurang dari 10 persen dari total simpanan USD 11,9 miliar atau Rp 182,05 triliun (asumsi kurs Rp 15.299 per dolar AS) dari semua pelanggan aset digital.  

Namun, bank dilaporkan sedang diselidiki oleh Departemen Kehakiman AS (DOJ) atas akun yang terkait dengan salah satu pendiri FTX, Sam Bankman-Fried (SBF).

Pada Rabu, Silvergate memberi tahu SEC bahwa mereka tidak dapat mengajukan laporan tahunannya kepada regulator untuk tahun fiskal yang berakhir pada 31 Desember “dalam periode waktu yang ditentukan tanpa usaha atau biaya yang tidak masuk akal karena alasan yang dijelaskan di bawah.”

berita kripto hari ini

Saham Silvergate Anjlok

Bank yang berfokus pada kripto juga mengungkapkan bahwa mereka telah menjual sekuritas utang tambahan dengan kerugian tahun ini, yang menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan perusahaan untuk beroperasi secara berkelanjutan.   

Pengajuan lebih lanjut menyatakan bahwa kerugian bank yang berkelanjutan dapat mengakibatkan kapitalisasi kurang baik.

“Perusahaan saat ini sedang dalam proses mengevaluasi kembali bisnis dan strateginya sehubungan dengan tantangan bisnis dan peraturan yang dihadapi saat ini,” tulisnya.

Usai Silvergate mengemukakan kekhawatiran tentang bisnisnya, perusahaan yang berfokus pada crypto termasuk Coinbase Global, Galaxy Digital, Paxos, Circle, pertukaran aset digital Cboe, Bitstamp, dan Gemini menangguhkan kemitraan perbankan mereka dengan Silvergate.

Saham Silvergate (NYSE: SI) mencapai level terendah baru sepanjang masa pada Kamis, anjlok lebih dari 97 persen dari puncaknya pada November 2021. 

Bulan lalu, Silvergate menjadi saham dengan posisi short sell di AS. Bank tersebut mengalami kerugian USD 1 miliar pada kuartal IV tahun lalu.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: BUSD Terlempar dari Jajaran 10 Kripto Teratas

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE