26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Berita Kripto Hari Ini: Bursa Kripto Ditargetkan Meluncur Tahun Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini kembali mengulas tentang bursa kripto di Indonesia. 

Bursa kripto tersebut, sebelumnya sudah sempat menjadi pembahasan hangat. Bahkan dikabarkan akan segera meluncur, namun lagi-lagi ditunda. 

Hal ini diakui pemerintah lantaran pematangan persiapan dalam peluncuran bursa kripto tersebut. Kini, Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga kembali menargetkan bahwa tahun ini terobosan itu bakal rampung. Simak ulasan berita kripto hari ini. 

2022 Ini, Bursa Kripto Indonesia Ditargetkan Meluncur– Berita Kripto Hari Ini

Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga menyatakan bahwa Indonesia akan memiliki bursa kripto yang ditargetkan bisa terbentuk pada tahun ini.

Bursa ini sebagai salah satu upaya pemerintah menyikapi perkembangan perdagangan aset kripto di tanah air. 

“Keberadaan bursa ini sangat penting karena ada banyak hal yang bisa diantisipasi, misalnya pencucian uang, pendanaan yang tidak baik seperti untuk narkoba dan terorisme, dan perdagangan akan semakin tertib,” kata Jerry Sambuaga di sela acara Block Community Conference 2022 di Yogyakarta, Sabtu kemarin. 

Baca jugaKoin Kripto yang Diprediksi Akan Naik, Peluangnya Menjanjikan Lho

Jika bursa kripto di Indonesia tersebut bisa diwujudkan, menurutnya, maka akan menjadi bursa kripto pertama di dunia.

“Beberapa negara pun berminat membentuk bursa yang sama seperti Korea Selatan karena mereka juga melihat potensi, kesempatan dan peluang yang bisa dilakukan dengan keberadaan bursa tersebut,” kata dia. 

berita kripto hari ini

Bursa Kripto Sebagai Perlindungan Konsumen

Selain untuk mengantisipasi berbagai tindakan perdagangan atau pendanaan yang berimplikasi negatif, Jerry juga menyebutkan tujuan utama dari pembentukan bursa adalah memberikan perlindungan kepada konsumen.

“Yang paling prioritas adalah perlindungan kepada konsumen. Bursa adalah instrumen untuk memberikan proteksi kepada konsumen,” kata Jerry. 

Pada tahun 2021, total nilai transaksi aset kripto menyentuh angka Rp 859,4 triliun atau tumbuh 1.224 persen dibanding 2020 dengan nilai transaksi 64,9 triliun. 

Sedangkan hingga Juli tahun 2022 ini, nilai transaksi aset kripto tercatat Rp 232,45 triliun atau turun 51,43 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Untuk jumlah pelanggan terdaftar hingga Juli 2022 mencapai 15,6 juta pelanggan dengan rata-rata kenaikan jumlah pelanggan terdaftar sebanyak 690.000 pelanggan per bulan. Jumlah pelanggan tersebut meningkat pesat dibanding 2020 yang berkisar dua juta pelanggan.

Oleh karenanya, ia memastikan proses pembentukan bursa kripto dilakukan secara hati-hati, tidak terburu-buru, dan memastikan seluruh tahapan dilalui dengan baik.

“Ada banyak persyaratan, prosedur, dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk membentuk bursa kripto. Pemerintah memastikan seluruh tahapan itu dijalankan dengan baik sehingga nantinya bursa pun berjalan dengan baik sesuai tujuan yang diharapkan,” katanya.

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Nike Raup Pendapatan Tinggi dari NFT

Jerry kembali menegaskan bahwa di Indonesia, kripto bukan alat pembayaran tetapi masuk dalam kategori komoditas sehingga kewenangannya berada di bawah Kementerian Perdagangan. 

Jumlah Aset Kripto Legal di Indonesia 383 Jenis– Berita Kripto Hari Ini

Di sisi lain, berdasarkan data dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka komoditi atau Bappebti, saat ini terdapat 383 jenis aset kripto yang diperdagangkan dengan 10 jenis aset di antaranya adalah aset lokal dari Indonesia.

“Meskipun jumlahnya masih sedikit, tetapi ini berpotensi untuk terus berkembang dan bisa mendukung neraca perdagangan Indonesia dari produk digital,” katanya.

Hingga saat ini, Indonesia masih mengandalkan lima produk utama untuk neraca perdagangan yaitu dari CPO, batu bara, nikel, elektronik, dan kayu serta turunannya.

Sepanjang 2021, neraca perdagangan Indonesia mencapai 35,4 miliar dolar AS atau tertinggi sejak 2011, dan hingga pertengahan 2022 sudah mencapai 24,89 miliar dolar AS dan diperkirakan tumbuh baik hingga akhir tahun sehingga nilainya bisa melebihi tahun sebelumnya.

Itulah ulasan seputar berita kripto hari ini. Semoga informasi mengenai wacana pembentukan bursa kripto ini dapat segera terealisasi, sehingga tentunya perlindungan investor jadi lebih terjamin. 

Baca jugaCatat! Investasi Kripto Terpercaya Hanya di 25 Exchanger Ini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE