33.1 C
Jakarta
Minggu, 24 Oktober, 2021

Harga Melesat, Bitcoin Kokohkan Posisi Sebagai Emas Digital

DuniaFintech.com – Bitcoin kini dianggap sebagai emas digital, benarkah? Bitcoin mengalami rally pertamanya pada tahun 2017. Saat itu, kripto aset terbesar di dunia itu berhasil memecahkan rekornya selama 3 tahun terakhir dengan harga mencapai $20.000 per koinnya.

Hal ini terjadi karena semakin banyaknya investor yang berburu Bitcoin untuk dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi. Pasca kenaikan hebat tersebut Bitcoin kembali terjun bebas dan tidak mencatatkan prestasi yang mengejutkan sampai tahun 2021 ini.

Saat artikel ini ditulis, Bitcoin kembali menorehkan prestasi baru dengan harga jual mencapai $34.764. Jika dirupiahkan, nilai ini setara dengan Rp484juta. Sebuah pencapaian yang luar biasa menilik tahun 2021 ini baru berjalan beberapa hari saja.

Baca Juga:

Emas Digital: Bitcoin akan Menjadi “The Next Gold”

Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa aset safe haven adalah emas. Namun JPMorgan, raksasa perbankan Amerika Serikat menyebut bahwa kenaikan harga Bitcoin terus menerus akan membuatnya mampu menjadi pengganti emas.

“Persaingan emas dengan Bitcoin sudah pernah kami prediksi sebelumnya,” komentar seorang analis dari JPMorgan, Selasa (5/1) kemarin. JPMorgan menargetkan harga Bitcoin akan mencapai $146.000 dalam beberapa tahun ke depan.

Baca juga:

Analis pasar Australia, Kyle Rodda mengatakan kepada news.com.au bahwa target harga ini adalah salah satu yang akan terpenuhi dalam jangka panjang (selama beberapa tahun ke depan) namun tidak akan terjadi di tahun ini juga.

Salah satu faktornya adalah semakin banyaknya kalangan milenial yang menunjukkan ketertarikan kepada Bitcoin ketimbang emas. Hal ini tampak dari laporan dari Citi di bulan Desember 2020 yang menyebut Bitcoin sebagai “Emas Abad ke-21″.

“Saya pikir kedua aset tersebut (emas dan Bitcoin –red) memiliki dorongan yang kuat untuk tren kenaikan harga yang lebih tinggi di masa depan. Hal ini jugalah yang memicu reli kedua aset pada tahun 2020. Jika dinamika ini terus ada, maka kenaikan harga emas dan Bitcoin akan terus berlanjut,” ujar Rodda.

Kenaikan harga Bitcoin memang telah diprediksi banyak pakar keuangan. Sejak awal tahun 2020, market value-nya telah naik sebanyak 4 kali lipat dengan nilai total saat ini mencapai $600 miliar.

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Panduan Sukuk Terlengkap untuk Investasi Obligasi Syariah

Investasi obligasi belakangan ini kian diminati sehingga panduan sukuk terlengkap sangat penting untuk diketahui. Istilah sukuk yang menjadi lini investasi ini prospeknya dilirik oleh...

Bunga Bank: Hukum, Faktor yang Mempengaruhi, dan Jenisnya

Bunga bank atau bank interest adalah salah satu istilah perbankan terpopuler, yang meski seringkali didengar, tetapi masih banyak orang yang belum begitu dekat dengan...

Kenali 12 Prinsip Asuransi Syariah sesuai Syariat Islam

Sebagaimana diketahui, prinsip asuransi syariah harus sesuai dengan syariat Islam sebab jenis pertanggungan yang satu ini mendasarkan kriterianya sesuai dengan ajaran Islam. Saat ini,...

Keuntungan dan Cara Menjadikan Perusahaan Go Public

Perusahaan go public berarti perusahaan tersebut telah menawarkan sahamnya kepada masyarakat umum sesuai tata cara yang telah diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan...

Pinjaman AwanTunai, Layanan Cicilan Online tanpa Kartu Kredit

Awantunai adalah pinjaman online tanpa kartu kredit sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi cicilan tanpa kartu kredit dan...
LANGUAGE