28.2 C
Jakarta
Jumat, 9 Desember, 2022

Cara Belanja di Alfamart Pakai Akulaku dan Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara belanja di Alfamart pakai Akulaku tentu saja sangat penting untuk diketahui oleh para pengguna layanan satu ini.

Untuk diketahui, kerja sama Alfamart dengan Akulaku memang terkenal sangat erat sehingga pengguna Akulaku pun bisa bertransaksi dengan mudah di toko ritel yang satu ini dengan menggunakan Akulaku.

Dengan kemudahan dan kepraktisan caranya, tidak heran jika kemudian banyak orang yang memilih Akulaku. Menjadi salah satu platform transaksi yang punya popularitas tinggi, Akulaku memiliki fitur Belanja di Alfamart menggunakan limit yang tersedia.

Baca jugaDana Cicil Akulaku tidak Bisa Digunakan? Begini Mengatasinya

Fitur tersebut tentunya berperan penting saat dompet kosong dan di kala yang sama kebutuhan sehari-hari, seperti beras, minyak, dan lain sebagainya, juga habis. Yang penting digarisbawahi adalah dalam penggunaan fitur ini nantinya akan berlaku beberapa ketentuan, di antaranya terkait tenor cicilan.

Nah, kalau kamu sudah pernah menggunakan limit Akulaku untuk belanja online pasti kamu akan diminta untuk memilih tenor cicilan yang tersedia. Sementara itu, untuk belanja offline di Alfamart, kamu tidak akan menjumpai pilihan itu.

Selain itu,juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara menggunakan fitur ini. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Cara Belanja di Alfamart Pakai Akulaku

Syarat Terkait Cara Belanja di Alfamart Pakai Akulaku

Bukan hanya bisa digunakan untuk kredit HP dan belanja barang lainnya secara online, pada dasarnya limit kredit Akulaku pun dapat dipakai untuk belanja di Alfamart. Kamu bisa membeli barang kebutuhan sehari-hari dengan sistem bayar nanti atau bayar pakai limit Akulaku.

Akan tetapi, sebelum masuk ke cara menggunakan fitur itu, simak terlebih dahulu syarat dan ketentuannya di bawah ini.

Limit Akulaku Mencukupi

Pastikan bahwa limit atau saldo Akulaku kamu mencukupi untuk belanja di Alfamart. Pasalnya, kalau limit kurang dari nominal pembelian maka transaksi tidak bisa diproses. Sebelum itu, kamu pun bisa mengembalikan limit Akulaku terlebih dahulu dengan cara bayar cicilan yang dimiliki.

Gerai Alfamart Mendukung Pembayaran Pakai Akulaku

Berikutnya, pastikan bahwa gerai Alfamart yang digunakan nantinya sudah mendukung transaksi dengan menggunakan limit Akulaku. Pasalnya, ada beberapa gerai Alfamart, utamanya di wilayah terpencil, yang belum menyediakan fasilitas tersebut.

Cara Belanja di Alfamart Pakai Akulaku

Kerja sama antara Alfamart dan Akulaku membuat para pengguna Akulaku bisa berbelanja di minimarket ini saat keuangan sedang menipis. Berikut ini panduannya.

1. Kunjungi Gerai Alfamart

Kamu bisa datang ke gerai Alfamart terdekat dan pastikan bahwa outlet tersebut sudah mendukung sistem pembayaran pakai Akulaku.

2. Mulailah Berbelanja

Selanjutnya, silakan mengambil barang belanjaan sesuai kebutuhan dan sisa saldo Akulaku kamu.

3. Lakukan Pembayaran

Kalau sudah maka sudah saatnya melakukan pembayaran, dengan cara:

  • Buka Aplikasi Akulaku
  • Tap Menu Servis
  • Scroll kebawah dan pilih Pembayaran QR
  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan kode QR Akulaku
  • Terakhir, berikan tampilan halaman ke Kasir Alfamart untuk dilakukan Scan Barcode

4. Selesai

Sampai di tahap ini, kamu sudah berhasil belanja di Alfamart dengan menggunakan saldo Akulaku.

Baca jugaCara Mengubah Tenor Cicilan Akulaku dan Persyaratannya

Lantas, pakah ada batasan nominal belanja di Alfamart pakai saldo Akulaku? Terkait hal tersebut, Akulaku telah memberlakukan limit/batasan transaksi sesuai dengan saldo Akulaku yang kamu punya.

Sebagai contoh, apabila kamu memiliki saldo Akulaku sebesar Rp3.500.000 maka kamu dapat berbelanja di Alfamart dengan menggunakan saldo itu hingga nominal Rp3.000.000.

Tenor Cicilan Belanja Pakai Akulaku

Di lain sisi, terkait pilihan cicilan yang tersedia, kamu hanya punya 1 pilihan tenor, yakni selama 1 bulan. Nah, sebagai tips, sebaiknya kamu belanja pakai Akulaku setelah tanggal cetak tagihan supaya tenor pembayaran dapat mencapai 45 hari.

Adapun cara melakukannya juga mudah, yakni anggaplah kamu menggunakan cetak tagihan setiap tanggal 11 dan batas waktu pembayaran di tanggal 25, dengan demikian silakan berbelanja di Alfamart pada tanggal 12 pada bulan itu. Nantinya, kamu bisa punya batas waktu pembayaran pada tanggal 25 di bulan depan.

Perhatikan Hal-hal ini saat Belanja di Alfamart Pakai Akulaku

  • Limit saldo Akulaku masih tersedia: silakan kamu pastikan terlebih dahulu apakah limit saldo lebih besar dari nilai transaksi yang akan dilakukan. Pasalnya, kalau saldo tidak mencukupi maka secara otomatis proses transaksi akan gagal.
  • Lakukan konfirmasi ke kasir: sebelum mengambil segala kebutuhanmu di Alfamart, cobalah untuk melakukan konfirmasi ke kasir terkait bisa atau tidaknya melakukan pembayaran menggunakan Akulaku. Jangan sampai setelah kamu memilih barang belanjaan yang dibutuhkan, malah Alfamart yang dikunjungi itu mengalami kendala teknis.
  • Semua Alfamart mendukung pembayaran menggunakan Akulaku: sejatinya, pembayaran menggunakan Akulaku bisa kamu lakukan di mana saja dan di Alfamart mana saja. Akan tetapi, kalau memang Alfamart yang kamu kunjungi itu tidak bisa maka artinya kamu mesti mencari cabang Alfamart terdekat yang tidak mengalami kendala teknis.
  • Tunggu proses pembayaran hingga selesai: kasir akan melakukan scan QR yang bertujuan untuk membayarkan transaksi belanja kamu. Kalau belum ada notifikasi berhasil maka silakan tunggu beberapa menit hingga proses pembayaran selesai.
  • Tanpa batasan belanja: dengan menggunakan Akulaku, kamu tidak akan merasakan kesedihan berupa pembatasan belanja. Sekalipun begitu, kamu mesti tetap menjaga nilai pengeluaran sebab yang menjadi batas adalah limit saldo yang kamu punya.

Kelebihan Menggunakan Akulaku

  • Saldo kosong tidak menghalangi transaksi
  • Bunganya rendah
  • Caranya sangat praktis

Sekian ulasan tentang cara belanja di Alfamart pakai Akulaku yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga sukses ya!

Baca jugaTanda Tangan Akulaku Gagal? Begini Cara Mengatasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

 

 

Penulis: Boy Riza Utama

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tips Hadapi Resesi Ekonomi Global Bagi Para Pelaku Usaha ala Rey Insurtech

JAKARTA, duniafintech.com - Resesi ekonomi global diperkirakan akan memengaruhi banyak sektor dan kinerja bisnis sehingga pelaku usaha perlu tips hadapi. Salah satu tips hadapi resesi...

Tips Cek Kesehatan Kendaraan Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

JAKARTA, duniafintech.com - Tips cek kesehatan kendaraan menjadi salah satu hal penting dipelajari mengingat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sudah di depan...

Perusahaan PHK Karyawan Kembali Terjadi, Kali Ini PepsiCo

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan PHK karyawan hingga saat ini masih saja terjadi di dunia ketenagakerjaan, termasuk perusahaan startup. Hal itu berlangsung di tengah ketidakpastian ekonomi...

Tips Investasi Untuk Persiapan Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com - Saham merupakan instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup tinggi jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, sebagai investor, kita harus cukup cerdas...

Dollar ke Rupiah Hari Ini Terlengkap, Cek sebelum Tukar Valas

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke Rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.637 di perdagangan pasar spot Rabu (7/12). Diketahui, rupiah melemah 0,05%...
LANGUAGE