26.1 C
Jakarta
Minggu, 25 Juli, 2021

Cara Efektif Kelola Dana Pinjaman Online Tenor Panjang Untuk Modal Usaha

Duniafintech.com – Modal usaha merupakan salah satu instrument penting untuk menentukan besar atau kecilnya suatu bisnis. Bahkan membangun bisnis online pun harus menggunakan modal, namun nominalnya tergantung konsep yang telah dibuat. Lalu apakah menggunakan pinjaman online tenor panjang efektif untuk membangun sebuah bisnis?

Salah satu pakar finansial mengatakan strategi baik untuk mendapatkan modal adalah dengan cara berutang. Apalagi seiring berkembangnya teknologi, fintech memudahkan kita untuk mendapatkan modal usaha dengan cara meminjam. Mengajukan pinjaman modal usaha merupakan cara efektif, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengelola pinjaman online tenor panjang.

Membuat Rencana Finansial

Sebelum mengajukan pinjaman, yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat rencana fianansial untuk bisnis Anda. Hal ini akan memudahkan ketika Anda membuat anggaran bisnis dan mencatat kemana dana akan mengalir. Selain itu, rencana finansial memungkinkan Anda mencatat keuntungan bersih dan kotor yang diperoleh.

Konsisten dalam Mengatur Keuangan

Jika perhitungan sudah dibuat sebelumnya, tetap konsisten pada rencana awal. Hal inilah yang membuat bisnis akan stabil dalam waktu yang lama. Jika Anda mengingkarinya sedikit saja, kemungkinan rencana keuangan yang sudah dibuat sebelumnya akan berantakan. Hal ini adalah kunci agar utang bisnis Anda bisa lunas tepat waktu.

Baca Juga:

Memilih Pinjaman yang Sesuai

Sebelum mengajukan pinjaman online tenor panjang, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan produk pinjaman mana yang sesuai dengan kebutuhan. Kenali manfaat dan resiko yang diterima dari setiap produk yang disediakan oleh platform pinjaman. Sesuaikan pinjaman dengan kemampuan finansial Anda. Pastikan memilih platform pinjaman online yang terdaftar dan berizin di OJK.

Sesuaikan Rasio Pinjaman dengan Penghasilan

Dalam mengelola keuangan saat berbisnis, hal terpenting yang harus dilakukan adalah dengan menyesuaikan rasio pinjaman dengan penghasilan yang didapat. Idealnya, besar rasio cicilan pinjaman tidak boleh melebihi 30% dari keuntungan. Jangan mudah tergoda untuk meminjam uang dengan nominal yang besar. Hal ini akan berpotensi bisnis stuck atau susah mengalami perkembangan.

Membayar Cicilan Tepat Waktu

Pastikan membayar cicilan tepat waktu dan jangan pernah menunda untuk membayar sebelum tenor habis. Hal ini akan berpengaruh terhadap skor kredit Anda, sehingga dapat menyulitkan Anda untuk mengajukan pinjaman di kemudian hari.

Mengajukan pinjaman modal usaha sebenarnya hal yang wajar untuk dilakukan. Hanya saja Anda harus cermat dalam mengelola dana dari pinjaman tersebut agar bisnis dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Qoala Insurtech Ungkap Strategi Digital Marketing Tahun 2021

DuniaFintech.com - Pandemi Covid-19 memberikan banyak perubahan di berbagai aspek bisnis, termasuk gaya pemasaran di setiap industri. Namun, pandemi justru memberi peluang bagi perusahaan...

Fintech Santara, Investasi di Bisnis UMKM dengan Sistem Equity Crowdfunding

DuniaFintech.com - Fintech Santara merupakan platform equity crowdfunding yang berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Equity crowdfunding itu sendiri adalah istilah untuk layanan urun...

Jenis-jenis Produk Pinjaman Bank Syariah Indonesia

Sebagaimana bank-bank lainnya, Bank Syariah Indonesia atau BSI juga memiliki produk pinjaman bagi nasabahnya. Apa saja jenis pinjaman bank syariah? Perlu diketahui, Bank Syariah...

PasarPolis, Perusahaan Asuransi dengan User Experience Terbaik

PasarPolis merupakan perusahaan asuransi yang telah hadir sejak tahun 2015 untuk merevolusi industri asuransi yang selama ini cenderung sulit. Dengan memanfaatkan teknologi terbaru, PasarPolis...

Bareksa, Marketplace Investasi Digital Pertama di Indonesia

Bareksa merupakan marketplace investasi reksadana digital terintegrasi pertama di Indonesia. Startup financial technology (fintech) ini milik PT Bareksa Portal Investasi yang berdiri pada 17...
LANGUAGE