30.9 C
Jakarta
Rabu, 27 Oktober, 2021

Cara Efektif Kelola Dana Pinjaman Online Tenor Panjang Untuk Modal Usaha

Modal usaha merupakan salah satu instrument penting untuk menentukan besar atau kecilnya suatu bisnis. Bahkan membangun bisnis online pun harus menggunakan modal, namun nominalnya tergantung konsep yang telah dibuat. Lalu apakah menggunakan pinjaman online tenor panjang efektif untuk membangun sebuah bisnis?

Salah satu pakar finansial mengatakan strategi baik untuk mendapatkan modal adalah dengan cara berutang. Apalagi seiring berkembangnya teknologi, fintech memudahkan kita untuk mendapatkan modal usaha dengan cara meminjam. Mengajukan pinjaman modal usaha merupakan cara efektif, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengelola pinjaman online tenor panjang.

Membuat Rencana Finansial

Sebelum mengajukan pinjaman, yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat rencana fianansial untuk bisnis Anda. Hal ini akan memudahkan ketika Anda membuat anggaran bisnis dan mencatat kemana dana akan mengalir. Selain itu, rencana finansial memungkinkan Anda mencatat keuntungan bersih dan kotor yang diperoleh.

Konsisten dalam Mengatur Keuangan

Jika perhitungan sudah dibuat sebelumnya, tetap konsisten pada rencana awal. Hal inilah yang membuat bisnis akan stabil dalam waktu yang lama. Jika Anda mengingkarinya sedikit saja, kemungkinan rencana keuangan yang sudah dibuat sebelumnya akan berantakan. Hal ini adalah kunci agar utang bisnis Anda bisa lunas tepat waktu.

Baca Juga:

Memilih Pinjaman yang Sesuai

Sebelum mengajukan pinjaman online tenor panjang, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan produk pinjaman mana yang sesuai dengan kebutuhan. Kenali manfaat dan resiko yang diterima dari setiap produk yang disediakan oleh platform pinjaman. Sesuaikan pinjaman dengan kemampuan finansial Anda. Pastikan memilih platform pinjaman online yang terdaftar dan berizin di OJK.

Sesuaikan Rasio Pinjaman dengan Penghasilan

Dalam mengelola keuangan saat berbisnis, hal terpenting yang harus dilakukan adalah dengan menyesuaikan rasio pinjaman dengan penghasilan yang didapat. Idealnya, besar rasio cicilan pinjaman tidak boleh melebihi 30% dari keuntungan. Jangan mudah tergoda untuk meminjam uang dengan nominal yang besar. Hal ini akan berpotensi bisnis stuck atau susah mengalami perkembangan.

Membayar Cicilan Tepat Waktu

Pastikan membayar cicilan tepat waktu dan jangan pernah menunda untuk membayar sebelum tenor habis. Hal ini akan berpengaruh terhadap skor kredit Anda, sehingga dapat menyulitkan Anda untuk mengajukan pinjaman di kemudian hari.

Mengajukan pinjaman modal usaha sebenarnya hal yang wajar untuk dilakukan. Hanya saja Anda harus cermat dalam mengelola dana dari pinjaman tersebut agar bisnis dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

5 Sektor Saham Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang

Sektor saham adalah hal penting untuk dipahami ketika memutuskan saham apa saja yang ingin dikoleksi untuk jangka panjang saat dihadapkan dengan ratusan saham untuk...

Apa Itu Premi, dan Tujuan Membayar Premi Asuransi

Mengapa premi tertera pada perjanjian asuransi? Dan apa yang dimaksud dengan premi asuransi? Berikut penjelasan pengertian premi asuransi. Setelah Anda mengetahui pengertian asuransi dan risiko,...

Ketahui Syarat dan Cara Mendapatkan Pinjaman UMKM agar Cepat Cair

Pinjaman UMKM cepat cair adalah solusi dalam berwirausaha yang seringkali terkendala pada modal awal untuk memulai usaha. Padahal, usaha tanpa modal sebenarnya sudah bisa...

Aplikasi GoTrade, Solusi Mudah Beli Saham Listing di Luar Negeri

GoTrade adalah sebuah merek dagang yang bernama TR8 Securities Inc., sebuah perusahaan berlisensi untuk menjalankan bisnis oleh lembaga pengatur dan pengawas dari Pemerintah Malaysia....

Perusahaan Asuransi yang Mengantongi Izin OJK

Sebelum membeli jaminan asuransi, di bawah ini telah dirangkum daftar perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).  Kendati telah memiliki sederet list mengenai...
LANGUAGE