31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Cara Menutup Asuransi BNI Life, Simak Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, cara menutup asuransi BNI Life yang benar mesti dilakukan dengan prosedur resmi.

Dalam hal ini, kamu perlu bantuan call center atau staf BNI Life. Pasalnya, hanya dengan cara itu kamu dapat terhindar dari pengenaan denda.

Seperti perusahaan asuransi jiwa lainnya, BNI Life pun memberikan kemudahan pembayaran premi secara autodebet. Itulah pentingnya untuk melalui prosedur yang benar, yakni agar uangmu tidak terpotong secara otomatis terus-menerus setelah kamu mengajukan penutupan polis.

Nah, jika kamu ingin tahu cara berhenti menjadi nasabah atau menutup asuransi BNI Life selengkapnya maka simak ulasannya berikut ini.

Dokumen yang Diperlukan untuk Menutup Asuransi

Adapun sebelum melakukan penutupan polis, tanyakan pada diri kamu, apakah dengan melakukan penutupan polis, artinya kamu akan kehilangan proteksi finansial dan apakah itu sebuah keputusan yang tepat?

Kalau jawabannya memang kamu sudah siap maka kamu bisa memulai proses penutupan dengan menyiapkan formulir terkait, yang harus diisi sebagai syarat untuk mengajukan pemberhentian asuransi.

Untuk diketahui, formulir tersebut mesti diisi oleh pemegang polis dan dibubuhi tanda tangan resmi dari pemegang polis. Di samping itu, juga ada beberapa dokumen penunjang yang juga mesti disiapkan, yang sejatinya sangat penting dan tidak boleh disepelekan. 

Hal itu karena kunci cepatnya polis diberhentikan terletak pada kelengkapan dokumen kamut tersebut. Dokumen penting yang harus dilengkapi untuk menutup asuransi adalah sebagai berikut:

1. Fotokopi KTP (WNI)/Passport & KITAS (untuk WNA) dari Pemegang Polis yang masih berlaku.

2. Fotokopi Buku tabungan jika rekening yang digunakan berbeda dengan rekening pendebetan. 

Penting diingat, kalau rekening yang digunakan bukan atas nama Pemegang Polis maka harus melampirkan dokumen pendukung yang menunjukan hubungan pemilik rekening dengan Pemegang Polis. Contohnya adalah fotokopi akta kelahiran atau fotokopi kartu keluarga kalau rekening awal bukan atas nama pemegang polis.

Cara Menghentikan Pembelian Polis Asuransi

Sebenarnya, memberhentikan polis asuransi, termasuk cara menutup Asuransi BNI Life, bukanlah hal yang sulit. Selayaknya saat membelinya dengan cukup mudah dan ringkas, prinsip memberhentikan polis asuransi pun sangat gampang.

Namun, penting diingat bahwa kamu harus sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Ditambah juga kamu bersedia menjawab beberapa pertanyaan dari perusahaan asuransi.

Baca jugaMengulik BNI eForm, dari Cara Buka Rekening hingga Keuntungannya

Berikut ini panduan menutup polis asuransi yang perlu diketahui.

1. Hubungi agen asuransi

Ketika kamu membeli produk asuransi lewat agen, tentunya agen asuransi itu menjadi perantara kamu dengan perusahaan asuransi. Sang agen akan memberikan informasi kepadamu secara utuh terkait produk, ketentuan asuransi, dan mengedukasi kamu juga soal asuransi.

Fungsinya sebagai perantara nasabah dengan perusahaan asuransi sehingga tugasnya adalah menyampaikan pesan antara kedua pihak. Salah satu tugas agen asuransi, jika kamu memintanya untuk memberhentikan polis asuransi maka ia akan memprosesnya hingga mendapat persetujuan dari perusahaan asuransi.

Nah, dalam hal ini, kamu bisa membantunya dengan menyiapkan dokumen yang harus diisi supaya bisa disampaikan kepada perusahaan asuransi.

2. Datang ke kantor cabang

Kalau kamu ingin memperoleh penjelasan secara resmi dan komprehensif terkait pembatalan asuransi maka pilihan datang ke kantor cabang bisa dilakukan. Kamu nantinya bisa menemui bagian dari produk atau costumer service untuk melakukan permintaan pembatalan polis asuransi.

Adapun kelebihan dengan datang ke kantor cabang adalah kamu bisa mengetahui secara jelas tanpa terjadi salah paham atas rencana pemberhentian produk asuransi sekaligus mendapatkan penjelasan komprehensif soal produk asuransi baru.

3. Ajukan permohonan pemberhentian polis asuransi dengan mengirim surel

Di zaman serba digital ini, semua urusan kian dipermudah lewat cara online. Nah, kamu pun hanya perlu membuka halaman website perusahaan asuransi, lalu mencari menu klaim dan mencari formulir pengajuan penarikan dana dan pembatalan polis.

Isilah formulir dan lengkapi juga dokumen-dokumen yang diperlukan. Jika sudah merasa yakin formulir telah terisi lengkap dan dokumen sudah siap maka selanjutnya kamu hanya perlu mengirimkannya via email atau submit di kanal yang memang tersedia.

4. Hubungi costumer service (CS) dari perusahaan

Cara lainnya adalah dengan menghubungi CS dan menjelaskan rencana pemberhentian asuransi kamu. Nantinya, CS bakal memberikan panduan kepadamu soal cara menghentikan polis asuransi. Umumnya, CS bakal mengirimkan dokumen dan formulir untuk diisi dan mengembalikannya lewat email atau lewat pos.

Ketentuan Pengembalian Premi saat Menutup Asuransi BNI Life

Bisakah premi diminta kembali saat kamu membatalkan polis? Sejatinya, premi bisa kembali diterima asalkan pembatalan polis dilakukan selama masa mempelajari polis.

Kemudian, jika dilakukan pembatalan maka pemegang polis bakal memperoleh nilai tunai untuk produk asuransi jiwa yang memiliki nilai tunai.

Akan tetapi, tidak semua produk memberikan fasilitas tersebut sehingga kamu perlu membaca kembali aturan produk. Pasalnya, setiap asuransi mempunyai ciri khas dan karakteristik sendiri dalam menghadapi situasi seperti itu.

Perhatikan Beberapa Hal Ini saat Ingin Berhenti Asuransi

1. Pilih produk yang sesuai kebutuhan

2. Agen yang profesional

3. Pastikan perusahaan asuransi sehat

4. Mengisi data secara lengkap

5. Pastikan manfaat yang diberikan

6. Ketahui periode pembayaran premi

7. Baca polis dengan teliti

8. Perhatikan free look period (jangka waktu bebas lihat yang tercantum pada polis)

Baca jugaIngin Jadi Nasabah BCA Prioritas? Ketahui Syarat dan Keuntungannya di Sini

cara menutup asuransi bni life

Cara Menutup Asuransi BNI Life

Ada beberapa tahapan untuk menutup asuransi BNI Life, yakni:

a. Tutup asuransi BNI di website

b. Hubungi tenaga pemasar asuransi BNI Life

c. Datang ke Kantor Cabang BNI Life

d. Menghubungi Pusat Informasi BNI Life

e. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Cara Berhenti Asuransi BNI Life Online melalui Website

a. Pertama, masuk ke website BNI Life di tautan www.bni-life.co.id

b. Selanjutnya, pilih menu kontak-hubungi kami.

c. Nantinya, keluar data yang harus diisi customer secara lengkap meliputi nama, email, nomor telepon, alamat, kategori, subjek, dan pesan kamu.

d. Terakhir, kamu tinggal submit. 

e. Tunggu balasan pesanmu lewat email

f. Berikutnya, ikuti langkah dan petunjuk yang diarahkan admin untuk menutup asuransi BNI Life milikmu

Sebagai tambahan, kamu juga bisa menghubungi lewat email di [email protected]

2. Cara Menutup Asuransi BNI Life via Offline

Jika melakukan penutupan asuransi ini secara offline maka kamu dapat meminta bantuan dari tenaga pemasar atau agen asuransi. Jelaskanlah kepada tenaga pemasar itu alasan kamu menutup asuransi ini. 

Sekiranya kamu membeli produk asuransi BNI Life lewat tenaga pemasar atau agen, kamu hanya perlu menghubungi tenaga pemasar itu untuk melakukan penutupan asuransi BNI Life. 

Nama tenaga pemasar BNI Life itu biasanya tertera di website perusahaan asuransi. Kamu dapat memeriksa nama tenaga pemasar secara resmi di website BNI Life yang lengkap dengan nomor telepon yang bisa dihubungi.  

3. Cara Menutup Polis Asuransi BNI Life di Kantor Cabang

Perlu diketahui, BNI Life memiliki kantor cabang yang tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia dan mencari kantor cabang BNI Life tidak sulit. Dalam hal ini, kamu bisa mencari alamatnya di website BNI Life yang juga tertera nomor telepon yang bisa dihubungi.

Kalau ingin datang langsung ke pusat informasi BNI Life maka kamu bisa langsung datang ke Kantor Pusat BNI Life di Centennial Tower, Lantai 9, Jl. Gatot Subroto Kav 24—25, Jakarta 12930, Indonesia. 

Lantaran kamu datang langsung ke kantor, pastikan bahwa kamu sudah membawa sejumlah dokumen arsip asuransi dengan tanda pengenalnya yang lengkap sehingga tidak perlu bolak-balik untuk melengkapi dokumen pengajuan penutupan asuransi BNI Life. 

4. Cara Menutup Asuransi lewat BNI Life Call Center

Nomor telepon yang bisa kamu hubungi dan langsung berbicara dengan customer service BNI Life adalah 1-500-045. Melalui panggilan di nomor telepon itu, kamu bisa langsung mengutarakan keinginan dan rencana untuk menutup asuransi BNI Life. 

Adapun layanan call center ini bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk melakukan penutupan polis, tetapi juga sebagai cara klaim BNI Life. Jangan lupa juga nomor identitas asuransi dan data penting lain yang mesti disampaikan ke customer service untuk membantu kamu menutup asuransi BNI Life. 

Nah, sebelum memilih cara menutup asuransi BNI Life, kamu juga perlu melengkapi sejumlah data pribadi, misalnya data identitas pribadi dan dokumen yang menunjukkan kepemilikan kamu terhadap asuransi. Tujuannya supaya proses penutupan asuransi BNI Life ini menjadi lebih cepat.

Baca jugaLengkap! Inilah 7 Cara Menutup Asuransi BCA Life

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...
LANGUAGE