26 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Cryptocurrency Hari Ini: Reli Bitcoin Sukses Pulihkan Kerugian sejak FTX Bangkrut

JAKARTA, duniafintech.com – Cryptocurrency hari ini terkait reli Bitcoin (BTC) yang sukses memulihkan kerugian sejak bursa FTX bangkrut.

Diketahui, Bitcoin sudah bertahan stabil di atas USD 21.000 atau setara Rp 318,7 juta (asumsi kurs Rp 15.176 per dolar AS) selama dua hari terakhir.

Berikut ini ulasan tentang cryptocurrency hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: 5 Hal yang Diduga Jadi Penyebab Bangkrutnya FTX

Cryptocurrency Hari Ini: Bitcoin Bertahan Stabil

Melangsir CNBC, sejak Senin lalu, Bitcoin bertahan stabil di atas USD 21.000, jauh di atas harga yang diraih pada 2 November 2022 di kisaran USD 20.283 atau setara Rp 307,8 juta. 

Adapun harganya melonjak lebih dari 22 persen dalam tujuh hari terakhir, menurut data dari Coinmarketcap.

Diketahui, bitcoin turun dengan jumlah yang sama dalam waktu kurang dari sehari, antara 7 November dan 8 November 2022, lantaran investor berjuang untuk menilai dampak dari potensi keruntuhan FTX.

Sepanjang periode tersebut, mata uang kripto yang paling menonjol dan dikapitalisasi dengan baik ini pun menjadi wadah perhatian investor. 

Harganya kemudian melonjak sepanjang 2023 saat industri kripto diterpa masalah baru.

Pada Kamis, 12 Januari 2023 lalu, Securities and Exchange Commission AS (SEC) menuduh dua perusahaan kripto, Genesis Trading dan Gemini, menawarkan dan menjual sekuritas yang tidak terdaftar.

Badai PHK Masih Melanda Pertukaran Kripto

Sementara itu, badai PHK diketahui masih melanda pertukaran kripto, termasuk Coinbase dan Crypto.com yang baru-baru ini mengungkapkan rencana untuk mengurangi jumlah pegawai. 

Bitcoin sendiri sudah menikmati reli yang melampaui keuntungan yang dibuat oleh cryptocurrency lainnya, menurut data dari Coinmarketcap.

Sepanjang 7 hari belakangan, koin terbesar kedua, Eter sudah memperoleh keuntungan lebih dari 18 persen. 

Adapun harga token pertukaran Binance, BNB, serta ripple juga masing-masing sudah meningkat 10 persen dan lebih dari 11 persen.

Akan tetapi, Solana sudah melihat harganya naik lebih dari 44 persen dalam 7 hari terakhir, sebagian didorong oleh pencetakan NFT bernama Bonk Inu, di blockchain Solana.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Aset Likuid Rp 77,1 T Berhasil Dipulihkan FTX

Cryptocurrency Hari Ini

Cryptocurrency Hari Ini: Kinerja Kripto AAVE Coin yang Menguat 36 Persen dalam Sepekan

Aave merupakan protokol keuangan terdesentralisasi yang memungkinkan orang untuk meminjamkan dan meminjam kripto.

Pemberi pinjaman mendapatkan bunga dengan mendepositokan aset digital ke dalam kumpulan likuiditas yang dibuat khusus. 

Peminjam lantas bisa menggunakan kripto mereka sebagai jaminan untuk mengambil pinjaman kilat menggunakan likuiditas ini.

Melangsir Coinmarketcap, Aave yang berarti “hantu” dalam bahasa Finlandia awalnya dikenal sebagai ETHLend ketika diluncurkan pada November 2017, tetapi rebranding menjadi Aave pada September 2018. 

AAVE Coin token kripto asli jaringan Aave memberikan kepada pemegangnya potongan biaya di platform, dan juga berfungsi sebagai token tata kelola memberi pemilik hak suara dalam pengembangan protokol di masa depan.

Adapun AAVE menjadi salah satu kripto dengan kinerja terbaik dalam sepekan terakhir. Menurut data Coinmarketcap, Rabu (18/1/2023), harga AAVE adalah Rp 1.288.733 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 3,8 triliun.

AAVE pun berhasil menguat 3,19 persen dalam 24 jam terakhir dan 36,74 persen sepekan.

Untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 40 dengan kapitalisasi pasar Rp 18,1 triliun.

Hingga kini, sudah terjadi peredaran suplai sebanyak 14 juta AAVE, dari maksimal suplai 16 juta AAVE.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Para Korban Penipuan Mantan CEO FTX Diminta Melapor

Sekian ulasan tentang cryptocurrency hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE