26.9 C
Jakarta
Selasa, 18 Januari, 2022

Melalui Jaringan Agen, BNI Digitalkan UMKM dan Koperasi

JAKARTA, duniafintech.com – Langkah digitalisasi sistem koperasi dan UMKM yang gencar dilakukan beberapa waktu belakangan ini mendapat dukungan penuh dari BNI atau PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Diketahui, upaya ini juga sesuai dengan program Digitalisasi Koperasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), yakni dalam rangka menuju tubuh koperasi yang kian online, realtime, transparan, dan memudahkan administrasi serta monitoring.

Dilangsir dari Detikcom, Minggu (28/11), kerja sama itu ditandai dengan adanya Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BNI dan Kemenkop UKM melalui Direktur Layanan dan Jaringan BNI Ronny Venir dan Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop UKM Ahmad Zabadi di Desa Sirnajaya, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Selasa (23/11) lalu.

Kegiatan penandatanganan itu juga disaksikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Isi dari Nota Kesepahaman ini adalah tentang Sinergi Dukungan Ekosistem Keuangan Koperasi dengan ruang lingkup, antara lain, pengembangan kapasitas SDM koperasi dalam rangka peningkatan literasi keuangan, melakukan publikasi dan sosialisasi program kerja, pertukaran data dan informasi, mendorong digitalisasi dan pengembangan usaha koperasi melalui bisnis branchless banking BNI Agen46, serta dukungan alternatif pembiayaan bagi anggota koperasi.

BNI dalam hal ini menyediakan 3 layanan keuangan digital untuk pengembangan koperasi, di antaranya melalui Branchless Banking (BNI Agen46), Cash Management, dan EDC/QRIS. Melalui organisasi bisnis yang menjadi semakin digital, koperasi bakal memperoleh banyak keuntungan dengan layanan digital BNI.

“Koperasi akan memperoleh keuntungan (fee) atas setiap transaksi yang digunakan,” kata Ronny dalam keterangan tertulis.

Di samping itu, koperasi pun bakal punya bisnis yang berbeda dari bisnis koperasi saat ini (koperasi naik kelas). Kemudian, imbuhnya, koperasi tentu saja akan dapat melayani tidak hanya sebatas pada anggotanya, tetapi juga masyarakat luas lainnya atau suatu saat, dapat menjadi anggota baru koperasi lewat branchless banking seperti Agen46.

“Juga bisa ikut membantu program pemerintah terkait dengan inklusi dan literasi keuangan bagi masyarakat kami,” sebutnya.

Lebih jauh, BNI pun ikut mendukung momentum pemulihan ekonomi Indonesia, antara lain, dengan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dirasakan langsung oleh para UMKM. Pelaku usaha merasakan betul manfaat KUR BNI lewat suku bunganya yang rendah, hanya 6% per tahun, kemudian jangka waktu panjang hingga 5 tahun, dan nominal maksimal mencapai Rp500 juta.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ingin Mendapatkan Kartu GPN di Berbagai Bank? Simak Caranya Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu GPN adalah salah satu jenis kartu debit atau yang biasa dikenal dengan kartu ATM. Sebagaimana diketahui, kartu ATM akan memberikan...

Ulasan Lengkap soal e-Money Mandiri: Cara Buat hingga Panduan Top Up

JAKARTA, duniafintech.com – E-money Mandiri adalah uang elektronik yang banyak digunakan oleh orang-orang lantaran kemudahan dalam penggunaannya. Diterbitkan oleh Bank Mandiri, uang elektronik yang...

Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat dan Biaya Pendidikannya

JAKARTA, duniafintech.com - Gaji tukang parkir pesawat atau marshaller dengan tanggung jawabnya memarkirkan pesawat terbang yang berukuran besar ternyata memiliki gaji yang menjanjikan.  Mungkin saja...

Mau Side Job? Ini 7 Situs Penghasil Uang Terpercaya 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Situs penghasil uang terpercaya 2022 sekarang ini sudah banyak beredar di internet yang bisa diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Akan...

Alasan Penting Menyimpan Slip Gaji bagi Karyawan

JAKARTA, duniafintech.com - Alasan menyimpan slip gaji bagi semua karyawan di perusahaan manapun tentu saja sangat penting. Menerima gaji adalah sebuah tujuan utama bagi...
LANGUAGE