31.6 C
Jakarta
Senin, 20 Mei, 2024

Dollar ke Rupiah Hari Ini: Rupiah Lesu ke Rp14.954 di Akhir Pekan

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini bertengger di Rp 14.954 per dolar AS pada Jumat (16/9/2022) malam atau akhir pekan ini. 

Mata uang Garuda ini melemah 57 poin atau 0,38 persen dari perdagangan sebelumnya. Sementara, kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah ke posisi Rp14.939 per dolar AS pada perdagangan hari ini.

Mata uang di kawasan Asia terpantau bergerak bervariasi. Yen Jepang menguat 0,15 persen, Thailand melemah 0,28 persen, dan dolar Singapura melemah 0,09 persen, serta yuan China melemah 0,37 persen.

Melansir CNN Indonesia, lalu, dolar Hong Kong melemah 0,01 persen, won Korea Selatan menguat 0,32 persen, dan peso Filipina melemah 0,44 persen.

Sementara mata uang negara maju kompak berada di zona merah. Poundsterling Inggris melemah 0,82 persen, euro Eropa melemah 0,37 persen, dolar Australia melemah 0,39 persen, dan dolar Kanada melemah 0,44 persen.

Senior Analis DCFX Lukman Leong mengatakan pelemahan rupiah cukup dalam pada sore ini karena imbal hasil obligasi AS 2 Tahun tembus 3,9 persen. Tak hanya rupiah, kondisi ini membuat mata uang negara lain pun ikut tiarap di hadapan dolar AS.

Misalnya saja poundsterling Inggris yang mencapai level terendah baru dalam 37 tahun dan yuan China yang melewati 7 terhadap dolar AS.

“Semua mata uang utama dunia ikut melemah tajam terhadap dolar AS,” ujarnya. 

Baca juga: Call Center BCA 24 Jam: Kemudahan Dalam Layanan Perbankan

Selain itu, penguatan rupiah juga ditopang oleh kuatnya proyeksi pasar bahwa The Fed bakal tetap agresif dalam kebijakan bulan ini. Hal ini lantaran inflasi AS masih tetap di atas 8 persen pada Agustus 2022.

“Menjelang FOMC meeting pelaku pasar juga mengantisipasi kenaikan suku bunga 75 bps oleh The Fed, dengan kemungkinan 25 persen untuk kenaikan (suku bunga) 100 bps,” jelasnya.

Dollar ke Rupiah Hari Ini

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA

Melalui situs resmi Bank BCA, beberapa kurs dollar ke rupiah yang berlaku yakni TT counter, e-rate, maupun bank notes yang bisa didapatkan oleh para nasabah. 

Baca jugaIntip Kurs Dolar ke Rupiah Hari Ini, Cek Sebelum Tukar Valas

Simak kurs dolar ke rupiah yang dicatat dari laman Bank BCA (Diperbarui hari ini pada pukul 08.02 WIB per Selasa 16 September 2022) atau pada akhir pekan ini, nilah ulasannya:

Kurs dollar rupiah e-rate:

  • Kurs beli Rp 14.934,00 per dollar AS
  • Kurs jual Rp 14.954,00 per dollar AS

Kurs dollar rupiah TT counter:

  • Kurs beli Rp 14.794,00 per dollar AS
  • Kurs jual Rp 15.094,00 per dollar AS

Kurs dollar rupiah bank notes:

  • Kurs beli Rp 14.754,00 per dollar AS
  • Kurs jual Rp 15.054,00 per dollar AS

Hal yang Perlu Anda Pahami

Sebagai informasi buat Anda, ada perbedaan tingkat dollar rupiah yang pada kurs TT counter, kurs e rate, dan kurs bank notes.

Penggunaan kurs dollar rupiah TT counter hanya berlaku ketika nasabah melakukan setoran atau transfer melalui counter bank. 

Kurs dollar rupiah e-rate merupakan kurs yang berlaku jika nasabah melakukan transaksi dengan nilai nominal equivalent diatas 25.000 dollar AS. 

Bank BCA menghimbau para nasabah untuk menghubungi cabang terdekat terlebih dahulu. Sementara untuk kurs dollar rupiah bank notes berlaku saat nasabah menukarkan uangnya melalui kantor bank secara langsung. 

Adapun kurs ini hanya berlaku pada sudut pandang bank saja. Kurs beli dipakai ketika bank membeli dollar dari nasabah, sedangkan kurs jual dipakai ketika bank menjual dollar ke nasabah.

Itulah ulasan tentang dollar ke rupiah hari ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.

Baca jugaBerita Bitcoin Hari Ini: BTC-ETH Merosot, Simak Pergerakan Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU