29.5 C
Jakarta
Minggu, 29 Mei, 2022

Halofina Beberkan Tren Financial Freedom, Apa Itu?

duniafintech.com – Financial Freedom atau kebebasan finansial merupakan istilah yang tengah menjadi gaya hidup para milenial di Amerika Serikat. Meskipun IDN Times mengklaim milenial menghabiskan 50% pendapatan, serta hanya menabung sebanyak 10% namun mereka memiliki visi FIRE (Financial Independent, Retire Early).

Visi FIRE dilandasi oleh keresahan para milenial yang tidak ingin menghabiskan waktu hidupnya hanya untuk bekerja dan mencari uang saja. Berangkat dari hal tersebut, Eko P Pratomo selaku Chairman dan Co-Founder dari teknologi penasihat keuangan, Halofina menyebut bahwa Financial Freedom sebagai kondisi dimana pengeluaran seseorang lebih rendah dibanding pendapatan pasifnya.

“Istilah Financial Freedom atau Kebebasan Finansial berarti kondisi dimana nilai passive
income yang dihasilkan seseorang baik dari aset finansial atau non finansial, nilainya setara atau bahkan melebihi nilai pengeluaran rutin bulanannya”

Baca juga:

Cara Raih Financial Freedom

Sebagai pionir teknologi perencana keuangan di Indonesia, Halofina membeberkan beberapa langkah dalam meraih Financial Freedom.

  • Mempunyai Pendapatan Tetap

Pendapatan tetap merupakan kunci dalam meraih kebebasan finansial. Pendapatan tetap meliputi gaji, laba usaha yang Anda jalankan serta pendapatan yang kerap didapatkan dalam kurun waktu tertentu.

Nantinya, pendapatan ini tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan, namun juga bisa digunakan untuk membuat aset finansial/non finansial.

  • Fokus Pada Pengeluaran 

Kebanyakan orang menilai bahwa pendapatan menjadi bagian utama dalam mengatur keuangan personal. Salah satunya penghasilan pasif yang setara dengan kebutuhan bulanan. Setelah menghitung pengeluaran bulanan, Anda hanya perlu mematok nilai aset yang hendak dimiliki. Hal tersebut ditujukan untuk mendapatkan penghasilan setara dengan kebutuhan bulanan.

  • Lirik Investasi

Kenali produk yang akan Anda jadikan investasi. Hal ini penting mengingat pendapatan Anda tidak bisa dihabiskan secara konsumtif saja. Investasi membuat program Financial Freedom Anda semakin tercapai.

-Fauzan-

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pembatalan Polis Asuransi Mobil: Prosedur dan Risikonya

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, pembatalan polis asuransi mobil merupakan cara menyelesaikan polis asuransi mobil yang masih dalam masa pertanggungan. Dalam arti, belum satu...

Baik Online Maupun Offline, Begini Cara Bayar Mandiri Virtual Account

JAKARTA, duniafintech.com – Pengertian Mandiri virtual account adalah metode pembayaran dari Bank Mandiri untuk bertransaksi di e-commerce atau aplikasi belanja online dengan menggunakan nomor...

2.290 Calon Jemaah Haji Riau Siap Berangkat ke Tanah Suci Awal Juni 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Sebanyak 2.290 orang calon jemaah haji dari Provinsi Riau siap berangkat ke Tanah Suci. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau...

Investasi Bodong Minyak Goreng, Emak Asal Ponorogo ini Masuk Penjara 4 Tahun

JAKARTA, duniafintech.com - EV (30) warga Desa Munggung, Kecamatan Pulung, Ponorogo, diamankan Satreskrim Polres Ponorogo usai melakukan penipuan investasi bodong, dengan kedok jual minyak...

Indonesia Masuk Jebakan Utang dari China?, Ini Jawaban Luhut..

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait anggapan bahwa Indonesia telah terperangkap jebakan utang...
LANGUAGE